6 Smartphone  Berukuran Kecil Performa Besar, Pas di Genggaman

Smartphone ukuran besar bikin ribet membawanya.

Banyak smartphnone saat ini, terutama flagship yang menawarkan display berukuran setidaknya 5,5 inci. Hal itu lantaran smartphone besar memiliki masalah yang sama. Ponsel itu tidak mudah digunakan dengan satu tangan dan lebih sulit untuk dibawa-bawa.

Beberapa konsumen sebenarnya masih lebih suka ponsel Android kecil yang memiliki layar 5 inci atau kurang.

Tetapi masih adakah smartphone Android yang memiliki ukuran lebih kecil dari 5 inci?Tentuya ada dong, berikut ini ulasannya.

1. Google Pixel 2

6 Smartphone  Berukuran Kecil Performa Besar, Pas di Genggaman.pocket-lint.com

Pixel 2 memiliki layar OLED 1080p 5-inci dengan kerapatan piksel 441ppi. Tidak memiliki layar rasio aspek 18: 9 yang mewah atau desain bezel-less, tetapi memiliki speaker yang menghadap ke depan di atas dan di bawah layar. Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835, bersama dengan 4GB LPDDR4x RAM. Penyimpanan internal 64 GB atau 128 GB, tetapi tidak ada kartu microSD untuk menambah penyimpanan dan tidak memiliki jack headphone.

Jika kamu suka mengambil foto dengan ponsel, kamu akan sangat senang dengan kamera 12.2MP pada Pixel 2. Tidak hanya dinamai sebagai kamera smartphone terbaik tahun 2017 oleh DxOMark, tetapi juga bisa menghasilkan foto yang sangat baik bahkan dalam keadaan low light. Bahkan ada mode potret di kamera depan dan belakang, meskipun ponsel ini tidak memiliki setup dual kamera.

2. Sony Xperia XZ2 Compact

6 Smartphone  Berukuran Kecil Performa Besar, Pas di Genggamanandroidcentral.com

Xperia XZ2 Compact hanya memiliki layar 5 inci, tetapi Xperia XZ2 Compact masih memiliki chip yang sangat kuat dengan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 845. Dipadukan dengan 4GB RAM, penyimpanan internal 64GB dan baterai 2.870 mAh. Selain itu, XZ2 Compact memiliki rating IP68 yang berarti tahan debu dan air serta kamera belakang 19MP dengan teknologi Sony Eye Motion.

Bisa merekam video slow motion pada 960fps dengan resolusi 1080p dan sudah mendukung perekaman video HDR untuk video yang lebih kaya akan warna dan lebih detail. Aplikasi 3D Creator yang diimplementasikan Sony tahun lalu untuk membuat pemindaian model 3D juga telah ditingkatkan untuk mendukung kamera depan 5MP.

3. Unihertz Jelly

6 Smartphone  Berukuran Kecil Performa Besar, Pas di Genggamanandroidauthority.net

Mencari smartphone yang sangat kecil? Unihertz Jelly adalah smartphone mungil hanya dengan layar 2,45 inci beresolsui 240 × 432. Ini adalah smartphone yang dapat dibawa ke mana saja, tanpa harus kesulitan dengan layar besar. Smartphone ini memiliki prosesor quad-core 1,1 GHz, 1 hingga 2GB RAM, penyimpanan 8 hingga 16GB, kamera belakang 8MP, kamera depan 2MP, dukungan dual-SIM dan baterai 950mAh. Menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat.

4. Nokia 1

6 Smartphone  Berukuran Kecil Performa Besar, Pas di Genggamanunbox.ph

HMD Global merilis kembali merek Nokia pada tahun 2017. Saat ini, smartphone terkecil dari Nokia adalah Nokia 1, dengan layar 4,5-inci beresolusi 480 x 854. Ditenagai oleh prosesor MediaTek MT6737M 1,1 GHz, dengan 1GB RAM, 8GB penyimpanan internal, kamera belakang 5MP dan kamera depan 2MP. Nokia 1 dilengkapi dengan baterai 2.150 mAh dan menjalankan Android Go edisi Android 8.1 Oreo.

Baca Juga: 4 Smartphone Nokia Berlensa Carl Zeiss Optics, Cocok Buat Fotografi

5. Unihertz Atom

6 Smartphone  Berukuran Kecil Performa Besar, Pas di Genggamanpcmag.com

Jika kamu menyukai ponsel bertekstur kasar dengan ukuran yang sangat kecil, maka Unihertz Atom adalah jawabannya. Sebagai tindak lanjut dari Unihertz Jelly, Atom dirancang dengan desain yang lebih tebal dan lebih kasar. Hanya memiliki layar 2,45 inci, tetapi Atom telah diberi rating IP68 untuk tahan air dan debu. Kamu bahkan bisa memakainya dengan nyaman di lengan saat sedang berlari. 

Ponsel ini menggunakan prosesor 2GHz octa-core yang tidak disebutkan namanya dan Atom masih menggunakan 4GB RAM dan 64GB penyimpanan internal. Ponsel ini juga memiliki kamera belakang 16MP, kamera depan 8MP dan baterai 2.000mAh. Dlenagkapi dengan port USB Type-C, jack headphone dan pemindai sidik jari.

6. Palm

6 Smartphone  Berukuran Kecil Performa Besar, Pas di Genggamanandroidauthority.net

Ponsel Palm ini memiliki layar kecil 3,3 inci, dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 435, RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB yang tidak dapat diperluas, bersama dengan baterai super-kecil  800mAh. Ponsel mungil ini mempunyai  kamera belakang 12MP, kamera depan 5MP dan rating IP68. Dengan OS Android 8.1 Oreo.

Itulah 6 smartphone Android yang hadir dengan ukuran kurang dari 5 inci. Jadi tak perlu ribet bawa ponsel ini ke mana-mana.

Baca Juga: 5 Smartphone Xiaomi dengan Resolusi Layar 1080p, Cocok Buat YouTuber

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You