Comscore Tracker

Vivo V17 Pro vs Oppo Reno2 F: Duel Smartphone Rp 5 Jutaan

Mana yang smartphone yang kamu pilih? 

Sejak beberapa tahun lalu, industri smartphone di Indonesia terus dimasuki oleh produsen smartphone asal China. Sebut saja Xiaomi, Oppo dan juga Vivo. Dua nama terakhir yakni Vivo dan Oppo selalu bersaing untuk mendapatkan hati konsumen dengan menonjolkan aspek fotografi.

Smartphone terbaru andalan mereka yakni Vivo V17 Pro dan Oppo Reno2 F bersaing secara ketat sebagai smartphone terbaik pada rentang harga Rp5 jutaan. Menarik untuk disimak apa saja sih perbandingan dua smartphone ini. Cek selengkapnya di bawah ini.

1. Layar lega pas buat main game ataupun nonton video

Vivo V17 Pro vs Oppo Reno2 F: Duel Smartphone Rp 5 Jutaanyugatech.com

Layar pada V17 Pro berukuran 6,44 inchi sedangkan Reno2 F berukuran lebih besar yakni 6,5 inchi. V17 Pro menggunakan panel Super AMOLED dan Reno2 F menggunakan panel AMOLED. Layar keduanya sudah dilindungi oleh corning Gorilla Glass, pada V17 Pro yakni Gorilla Glass 6 dan Reno2 F menggunakan Gorilla Glass 5. Kedua smartphone ini memiliki resolusi layar yang sama yakni Full HD+.

Dengan layar yang luas, resolusi yang tajam serta panel yang berkualitas, kedua smartphone ini sangat pas untuk dibawa main game ataupun untuk konten multimedia.

2. SoC Snapdragon VS Mediatek

Vivo V17 Pro vs Oppo Reno2 F: Duel Smartphone Rp 5 Jutaanhttps://www.youtube.com/watch?v=CPSJuI5mumY

Vivo V17 Pro ditenagai dengan SoC Qualcomm Snapdragon 675 yang dikombinasikan dengan storage 128GB serta 8GB RAM. Tidak ada slot kartu MicroSD untuk meperluas penyimpanan. Sedangkan Oppo Reno2 F ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P70 yang dipadukan dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB yang bisa diperluas dengan MicroSD hingga 256GB.

Keduanya sudah menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie. V17 Pro hadir dengan Funtouch 9.1 UI sedangkan Reno2 F menggunakan kustomisasi ColorOS 6.1. Untuk urusan grafis, Reno2 F menggunakan GPU Mali-G72 MP3 sedangkan pada V17 Pro terdapat GPU Adreno 612.

3. Empat kamera belakang

Vivo V17 Pro vs Oppo Reno2 F: Duel Smartphone Rp 5 Jutaansoyacincau.com

V17 Pro dan Reno2 F sama-sama hadir dengan setup empat kamera dibagian belakang. V17 Pro menggunakan kamera belakang dengan resolusi 48 MP lensa wide+8 MP lensa ultrawide+13 MP lensa telephoto serta 2 MP depth sensor. Oppo Reno2 F menggunakan kamera dengan resolusi masing-masing 48 MP lensa wide+8 MP lensa ultrawide+2 MP sensor monomkrom dan 2 MP depth sensor. 

Keduanya juga menggunakan sistem Motorized pop-up untuk kamera selfienya. V17 Pro mempunyai dua kamera depan dengan resolusi 32MP+8MP lensa ultrawide. Pada Oppo Reno2 F hanya ada satu kamera depan dengan resolusi 16MP.

Baca Juga: Bisa Diandalkan, 5 Smartphone Gahar Pesaing Xiaomi Mi Note 10

4. Kapasitas baterai dan fitur pendukung lainnya

Vivo V17 Pro vs Oppo Reno2 F: Duel Smartphone Rp 5 Jutaandigitaltrends.com

4100 mAh adalah kapasitas baterai dari Vivo V17 Pro dengan Fast battery charging 18W. Fitur pendukung lainnya seperti headphone jack 3,5mm, NFC, Fingerprint dalam layar, accelerometer, gyro, proximity dan kompas.

Sedangkan Reno2 F ditenagai dengan baterai berkapasitas 4000mAh dengan VOOC Flash Charge 3.0. Selain itu, Reno2 F juga didukung dengan berbagai fitur seperti headphone jack 3,5mm, Dolby Atmos sound, Fingerprint dalam layar, accelerometer, gyro, proximity dan kompas.

5. Harga yang sangat bersaing

Vivo V17 Pro vs Oppo Reno2 F: Duel Smartphone Rp 5 Jutaandigitaltrends.com

Vivo V17 Pro memiliki tiga varian yaitu Crystal Black, Crystal Sky dan Midnight Ocean. Sedangkan Oppo Reno2F dijual dengan dua varian warna saja yakni Sky White dan Lake Green. Vivo V17 Pro sekarang dijual dengan harga Rp5,1 juta dan Rp5,2 juta adalah banderol harga untuk Oppo Reno2 F.

Nah itulah perbadingan dari Oppo Reno2 F dan Vivo V17 Pro. Jika kamu hendak membeli smartphone baru pada kisaran harga Rp5 jutaan, kamu lebih pilih V17 Pro atau Reno2 F?

Baca Juga: Gak Takut Retak, 5 Smartphone Realme dengan Corning Gorilla Glass

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You