Comscore Tracker

5 Perbedaan Xiaomi 8A Pro vs Oppo A1k, Adu Kualitas Layar!

Smartphone murah, desain mewah

Pada awal bulan April, perusahaan Xiaomi resmi merilis produk smartphone terbarunya yakni Xiaomi Redmi 8A Pro. Dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, smartphone ini menawarkan fitur unggulan di sektor layar dan kapasitas baterai yang besar. Namun direntang harga yang sama, Xiaomi Redmi 8A Pro akan bersaing untuk menguasai pasar smartphone murah dengan produk dari Oppo yang lebih dulu diluncurkan yaitu Oppo A1k.

Sama-sama menawarkan layar dengan resolusi HD+ serta telah diproteksi Corning Gorilla Glass. Inilah perbedaan spesifikasi di antara Xiaomi Redmi 8A Pro dan Oppo A1k, sebagai berikut :

1. Spesifikasi layar Xiaomi Redmi 8A Pro lebih tinggi

5 Perbedaan Xiaomi 8A Pro vs Oppo A1k, Adu Kualitas Layar!indiatoday.in

Di sektor performa layar, Xiaomi Redmi 8A Pro memiliki ukuran layar yang lebih besar ketimbang Oppo A1K serta telah diproteksi Corning Gorilla Glass tipe premium. Xiaomi Redmi 8A Pro mengusung layar tipe IPS LCD berukuran 6.22 inchi dengan resolusi HD+ 720 x 1560 pixels dan telah dibekali Corning Gorilla Glass 5 yang dikenal memiliki ketahanan yang lebih kuat dalam melindungi permukaan layar smartphone dari goresan dan benturan.

Sementara itu, Oppo A1k hanya menggunakan layar tipe IPS LCD berukuran lebih kecil yakni  6.1 inchi dengan resolusi HD+ 720 x 1560 pixels serta diproteksi Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar smartphone.

2. Oppo A1k mengusung desain yang lebih tipis dan compact

5 Perbedaan Xiaomi 8A Pro vs Oppo A1k, Adu Kualitas Layar!gadgets.ndtv.com

Bagi kamu yang menginginkan smartphone yang memiliki desain bodi yang lebih tipis dan compact mungkin Oppo A1k bisa dijadikan pilihan. Untuk ukuran dimensi, Oppo A1k hanya memiliki ketebalan 8.4 mm dengan balutan bodi yang terbuat dari perpaduan material kaca dan plastik yang membuatnya terlihat lebih elegan. Selain itu, Oppo A1k memiliki ukuran yang sangat compact dengan total keseluruhan dimensi 154.5 x 73.8 x 8.4 mm sehingga smartphone ini sangat nyaman saat digenggam.

Sedangkan Xiaomi Redmi 8A Pro memiliki desain yang terlihat lebih bongsor dengan ketebalan bodi 9.4 mm serta total keselurahan dimensi sebesar 156.5 x 75.4 x 9.4 mm.

3. Performa chipset Oppo A1k lebih tangguh

5 Perbedaan Xiaomi 8A Pro vs Oppo A1k, Adu Kualitas Layar!technext.ng

Masuk ke sektor dapur pacu aplikasi, Xiaomi Redmi 8A Pro dan Oppo A1k sama-sama membesut seri chipset kelas bawah beda pabrikan. Namun untuk segi performa, chipset Mediatek Helio P22 milik Oppo A1k diketahui memiliki kinerja CPU lebih cepat dengan performa Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 yang mampu menopang segala kegiatan multitaskingmu dengan lancar. Sedangkan Xiaomi Redmi 8A Pro hanya mengandalkan chipset Snapdragon 439 dengan kinerja CPU Octa-core (4x1.95 GHz Cortex-A53 & 4x1.45 GHz Cortex A53).

Untuk perfoma CPU speed, chipset Mediatek Helio P22 memiliki kecepatan CPU 16.8 % lebih cepat dibandingkan kinerja CPU dari Snapdragon 439 yang dinilai memiliki performa standar dalam menjalankan aplikasi android.

Baca Juga: 6 Perbedaan Fitur Samsung M30s Vs Xiaomi Note 8 Pro, Adu Baterai!

4. Xiaomi Redmi 8A Pro dibekali kamera yang handal

5 Perbedaan Xiaomi 8A Pro vs Oppo A1k, Adu Kualitas Layar!gsmarena.com

Menjamurnya aplikasi sosial media membuat sektor kamera menjadi salah satu spesifikasi yang paling dicari oleh para pecinta gadget. Mengandalkan dual kamera belakang dengan resolusi besar serta fitur-fitur yang lengkap membuat Xiaomi Redmi 8A Pro unggul telak dari sang rival, Oppo A1k untuk urusan fotografi.

Xiaomi Redmi A8 Pro dibekali dual kamera belakang beresolusi 13 MP PDAF + 2 MP Depth Sensor serta kamera depan 8 MP lengkap dengan fitur HDR. Sementara itu, Oppo A1k hanya mengandalkan single kamera belakang beresolusi 8 MP AF serta kamera depan 5 MP. Untuk energi baterai, kedua smartphone ini sama-sama ditenagai baterai berkapasitas 4000 mAh.

5. kesimpulan dan harga

5 Perbedaan Xiaomi 8A Pro vs Oppo A1k, Adu Kualitas Layar!gadgets.ndtv.com

Dari hasil ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa Xiaomi Redmi 8A Pro dan Oppo A1k sama-sama memiliki keunggulan di sektor-sektor tertentu. Jika kamu menginginkan smartphone dengan kinerja chipset yang tangguh serta desain yang tipis, Oppo A1k bisa dijadikan rekomendasi. Namun, apabila kamu membutuhkan smartphone dengan ukuran layar lebih luas dan kinerja kamera yang handal maka Xiaomi Redmi 8A Pro adalah pilihan yang tepat.

Untuk harga resmi, Xiaomi Redmi 8A Pro versi 2/32 GB dibanderol seharga Rp 1.520.000. Sedangkan Oppo A1k versi 2/32 GB dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal yakni Rp 1.599.000.

Nah, itulah perbandingan spesifikasi antara Xiaomi Redmi 8A Pro dan Oppo A1k yang dibanderol dikisaran harga 1.5 jutaan. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan pastinya menjadi salah satu daya tarik bagi kamu yang ingin mencari smartphone murah.

Baca Juga: OPPO Luncurkan 3 Smartphone Baru, Salah Satunya Reno 3 Pro

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya