Comscore Tracker

8 Cara Menjaga Battery Health iPhone agar Awet dan Gak Mudah Rusak

Perilaku penggunanya juga memengaruhi

Saat ini, penggunaan HP atau smartphone sudah menjadi sebuah kewajiban karena fungsinya yang bisa membantu berbagai macam pekerjaan. Nah, iPhone menjadi salah satu brand atau produk HP yang sudah banyak digunakan di seluruh dunia. Teknologi buatan Amerika Serikat ini digandrungi karena fitur dan kemampuannya yang sanggup menjalankan berbagai tugas penting.

Namun, tak jarang persoalan baterai boros dan panas pernah dialami banyak pengguna di dunia. Sebetulnya, iPhone memiliki fitur untuk memantau kondisi kesehatan baterai yang bisa kamu jadikan patokan. Well, inilah beberapa cara menjaga battery health iPhone agar tetap awet dan gak mudah rusak. Disimak, ya!

Baca Juga: 7 Jenis Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan di iPhone

Menjaga battery health iPhone dengan cara simpel

8 Cara Menjaga Battery Health iPhone agar Awet dan Gak Mudah Rusakilustrasi iPhone (unsplash.com/Melvin Thambi)

Untuk pengguna HP buatan Apple ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan baterai iPhone tetap terjaga. Kamu bisa lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Dilansir laman resmi Apple, pengguna bisa melakukan update iOS secara berkala untuk mendapatkan teknologi yang lebih irit baterai. Update sistem operasi juga akan meningkatkan keamanan di HP milik kita.
  2. Jangan biarkan iPhone kesayanganmu terpapar suhu yang ekstrem, misalnya di atas 35 derajat celcius atau di bawah 0 derajat celcius. Temperatur ekstrem akan membuat daya tahan baterai menurun.
  3. Gunakan perangkat charger orisinal yang direkomendasikan oleh produsen. Memakai produk bawaan atau orisinal akan membuat kesehatan baterai iPhone bertahan lebih lama.
  4. Kendati memiliki fitur pemutus arus listrik otomatis, sebaiknya kamu tidak mengisi daya iPhone seharian penuh. Terus-menerus menyambungkan iPhone ke listrik akan menurunkan usia baterai HP.
  5. Hindari mengunduh dan memasang aplikasi pihak ketiga yang memakan daya baterai secara masif. Jika memang ada aplikasi boros baterai yang tidak pernah digunakan, sebaiknya kamu hapus dari HP karena hanya akan membebani kinerja perangkat.
  6. Perhatikan persentase atau kapasitas maksimal dari battery health di iPhone milikmu. Jika menunjukkan angka 40 atau 50 persen, mungkin kamu harus pertimbangkan untuk mengganti baterai baru.
  7. Hindari memakai HP terlalu intens pada saat sedang pengisian daya. Pemakaian intens saat charging akan menyebabkan suhu baterai meningkat dan bisa saja menurunkan umur dari baterai tersebut.
  8. Nah, jika mengganti baterai dengan yang baru, sebaiknya gunakan produk asli dari Apple. Menggunakan baterai abal-abal hanya akan merugikan kita di kemudian hari.

Well, gimana, nih? Meski terkesan simpel dan remeh, melakukan beberapa langkah di atas terbukti bisa memperpanjang usia dari baterai iPhone milikmu. Nah, semoga artikel tentang tips dan cara menjaga battery health iPhone ini dapat menjadi masukan buat kamu, ya!

Baca Juga: Cara Merawat iPhone agar Awet dan Gak Mudah Rusak

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya