Comscore Tracker

Cara Merawat Baterai Handphone agar Tidak Cepat Rusak

Harus dipahami kalau baterai punya masa pakai

Apa artinya HP canggih, tapi baterainya lemah? Well, faktanya, baterai adalah salah satu penunjang yang keberadaannya sangat penting bagi handphone kita. Rasanya tentu sangat menjengkelkan ketika baterai HP kita mampu bekerja optimal selama 2 atau 3 jam saja, bukan?

Entah itu Android atau iPhone, para pengguna biasanya memiliki ekspektasi tertentu terhadap daya tahan baterai di HP-nya. Sangat bagus jika sebuah HP bisa bertahan selama 12 jam jika digunakan dalam rutinitas yang cukup padat. Namun, sayangnya, ada banyak pengguna HP yang mengeluh kalau baterai di HP-nya sangatlah boros.

So, bagaimana cara merawat baterai handphone supaya gak cepat rusak? Nah, kalau penasaran dengan jawabannya, kamu bisa simak beberapa langkah di bawah ini.

Baca Juga: 7 Game Retro Paling Bikin Nostalgia di Android dan iOS

Cara simpel merawat baterai HP agar bisa bertahan lama

Cara Merawat Baterai Handphone agar Tidak Cepat Rusakilustrasi indikator baterai pada HP (unsplash.com/Onur Binay)

Secara umum, merawat baterai HP tidaklah begitu sulit. Beberapa di antaranya bahkan berkaitan langsung dengan bagaimana cara kamu dalam menggunakan HP secara benar. Yuk, lakukan hal-hal ini untuk menjaga kualitas baterai di HP milikmu.

  1. Tidak menggunakan HP secara berlebihan pada saat sedang pengisian daya. Menggunakan HP di saat pengisian daya hanya akan membuat baterai makin panas dan mungkin akan menurunkan kualitasnya.
  2. Lakukan pengisian daya sewajarnya saja. Jika indikator sudah di angka 20 persen, lakukan pengisian daya hingga di atas 90 persen. Jangan biarkan HP masih tersambung ke charger saat baterai sudah penuh.
  3. Gunakan pengisi daya dengan kualitas bagus. Tentu saja akan lebih baik lagi jika produk yang digunakan adalah orisinal atau bawaan.
  4. Menurut laman Tech Advisor, sebuah baterai HP punya rata-rata usia 500—1.000 siklus pengisian. Jadi, isilah daya HP kamu sesuai kebutuhan. Kamu tidak perlu mengisi daya jika indikator baterai di HP masih cukup banyak.
  5. Gunakan fitur atau mode pesawat jika sinyal di tempatmu tidak stabil. Hal ini akan menghemat baterai karena HP tidak akan mendeteksi keberadaan sinyal terus menerus.
  6. Jangan sembarangan mengunduh dan memasang aplikasi dari pihak ketiga. Beberapa aplikasi sudah terbukti bisa membuat baterai HP makin boros kendati hanya digunakan secara normal.
  7. Jika mengganti baterai lama dengan yang baru, gunakan produk baterai orisinal. Memakai baterai abal-abal malah akan membuat HP-mu cepat rusak dan tidak dapat digunakan secara optimal.

Terus, berapa lama, sih, baterai HP itu bisa dikatakan awet? Recycell dalam lamannya menyatakan bahwa rata-rata baterai HP bisa digunakan hingga 3 sampai 5 tahun tergantung kondisi. Artinya, setelah 3 atau 5 tahun, kondisi baterai jelas tidak akan optimal lagi layaknya baterai baru.

Cara dan beberapa langkah di atas bisa kamu praktikkan untuk menjaga dan merawat baterai HP agar bertahan lama. Yang harus kamu perhatikan adalah masa pakai dari baterai tersebut. Jika sudah mencapai 3 hingga 5 tahun, mungkin penggantian baterai baru dibutuhkan untuk membuat HP-mu tetap bekerja secara optimal.

Baca Juga: Cara Merawat iPhone agar Awet dan Gak Mudah Rusak

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya