Comscore Tracker

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Perbedaan Tablet dan Note

Apa saja, ya?

Gawai atau gadget barangkali sudah menjadi sebuah kebutuhan utama dalam kehidupan kita sehari-hari. Fungsinya yang sangat kompleks dan beragam membuat perangkat teknologi tersebut banyak digunakan oleh berbagai kalangan di dunia. Jenisnya pun sangat beragam, mulai dari HP atau smartphone, tablet, note, notebook, laptop, handheld, bahkan PC.

Nah, kendati demikian, masih banyak orang yang mungkin kurang paham perbedaan antara tablet dan note. Di sini, kita akan sama-sama simak beberapa perbedaan keduanya secara detail. Apa saja, ya?

Baca Juga: 6 Perbedaan HTTP dan WWW dalam Jaringan Internet

Perbedaan tablet dan note yang harus kamu ketahui

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Perbedaan Tablet dan Noteilustrasi menggunakan gawai note (unsplash.com/Taan Huyn)

Dengan mengetahui beberapa perbedaan tablet dan note, diharapkan kamu gak akan salah pilih sewaktu membelinya, apalagi secara online. So, kamu bisa simak perbedaan keduanya di bawah ini.

  1. Britannica dalam lamannya menjelaskan bahwa tablet merupakan perangkat komputasi yang ringkas dan memiliki fitur layar sentuh. Nah, sementara itu, note lebih mirip dengan smartphone berlayar besar dan memiliki tambahan stylus pen bawaan. Saat ini, beberapa tablet juga sudah dibekali dengan stylus pen bawaan.
  2. Ukuran bingkai layar pada tablet jauh lebih luas ketimbang note. Sejatinya, layar tablet memang dibuat besar dan nyaman layaknya layar laptop. Namun, hal ini juga akan berdampak pada bobot tablet yang lebih berat.
  3. Dilihat dari spesifikasi produk, note biasanya memiliki fitur yang lebih menarik ketimbang tablet. Well, tentu ini harus dibandingkan secara imbang berdasarkan kelas dan harganya. Pasalnya, ada brand yang membuat kedua jenis gawai tersebut sama bagusnya, misalnya produk Samsung Galaxy Note 20 Ultra dan Samsung Galaxy Tab (tablet) S8 Ultra.
  4. Jika kamu lebih menitikberatkan fungsi pada pengganti HP, perangkat note bisa dipilih untuk menemani bekerja sehari-hari. Namun, jika kamu lebih suka dengan multimedia, berselancar internet, menonton film, dan memainkan game, pilihlah tablet karena layarnya yang lapang.
  5. Selain note, ada juga notebook. Perangkat ini jelas sangat berbeda dengan tablet karena notebook atau netbook berbentuk seperti laptop, tapi lebih kecil. Biasanya, notebook hanya dijadikan pendamping saja karena fitur dan spesifikasinya masih kalah dibandingkan tablet dan note pada umumnya.

Lima perbedaan kedua gadget di atas bisa dijadikan patokan jika kamu ingin membeli tablet atau note di pasaran. Jadi, gimana, nih? Tentunya, kamu sudah gak bingung lagi dengan perbedaan tablet dan note, bukan? Jangan sampai salah pilih dalam membelinya, ya!

Baca Juga: 5 Tablet Terbaru di Bawah Rp5 Juta, Terjangkau dan Andal

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya