Comscore Tracker

Harga Terjangkau, Ini 7 PSU Terbaik untuk PC Gaming Kelas Menengah

Jangan salah dalam memilih PSU

Power supply atau catu daya yang lebih dikenal sebagai PSU merupakan komponen kelistrikan yang tugasnya menyalurkan aliran listrik secara aman ke perangkat lainnya. Jika dianalogikan, PSU mirip dengan jantung pada manusia yang memompa darah untuk organ-organ tubuh lainnya. Well, dalam dunia komputasi, PSU sudah menjadi salah satu alat penting yang tugasnya bisa dibilang krusial.

Faktanya, salah dalam memilih dan memasang PSU bisa berdampak fatal bagi komputer kita. So, bagi gamer PC, beberapa pilihan PSU berkualitas di bawah ini dapat dijadikan rekomendasi. Oh, ya, harga dari PSU kelas menengah ini juga terbilang ramah di kantong, lho!

1. Asus ROG STRIX 650G 80 Plus Gold

Harga Terjangkau, Ini 7 PSU Terbaik untuk PC Gaming Kelas MenengahASUS ROG STRIX 650G (dok. ASUS/ROG STRIX 650G)

Nah, PSU kelas menengah terbaik pertama ada ASUS ROG STRIX 650G. Dalam laman resminya, tercatat bahwa catu daya buatan ASUS ini sudah berkapasitas 650W dan bersertifikasi 80 Plus Gold. Artinya, perangkat ini sudah memiliki efisiensi yang cukup tinggi.

Satu lagi, perangkat ini sudah bertipe modular penuh dengan seluruh kabelnya bisa dilepas dan dipasang. Untuk harganya sendiri, beberapa toko online menjualnya pada kisaran Rp1,9 hingga 2 jutaan. Jangan khawatir tentang layanan purnajualnya sebab di laman resminya, ASUS memberikan garansi resmi selama 10 tahun untuk produknya tersebut.

2. Cooler Master MWE 550 80 Plus Gold

Harga Terjangkau, Ini 7 PSU Terbaik untuk PC Gaming Kelas MenengahCooler Master MWE 550 (coolermaster.com/Cooler Master MWE 550)

Nah, jika total daya di PC mu cukup rendah, Cooler Master MWE 550 bisa dijadikan pilihan utama. Dari berbagai review yang ada di internet, PSU ini masih bisa diandalkan dan memiliki kualitas cukup baik meski berharga murah. Yup, di pasaran online, harga yang ditawarkan oleh penjual ada di angka 700 ribuan rupiah.

Dalam laman resminya, PSU full modular ini juga sudah diklaim memiliki garansi 5 tahun. Sementara itu, sertifikasi 80 Plus Gold juga sudah disematkan pada catu daya asal Taiwan ini. So, dengan bujet tak mahal, kamu sudah bisa menyandingkan PSU ini dengan komponen PC (kelas menengah dan bawah) lainnya.

3. MSI MPG A750GF 80 Plus Gold

Harga Terjangkau, Ini 7 PSU Terbaik untuk PC Gaming Kelas MenengahMSI A750GF (msi.com/MSI A750GF)

Siapa tak kenal MSI? Ya, merek yang satu ini sudah sangat terkenal di dunia PC gaming karena semua produknya yang berkualitas. Bahkan, untuk produk VGA-nya, MSI menjadi salah satu brand dengan kualitas paling bagus dan kreatif. Nah, selain VGA, mereka juga sudah menelurkan produk PSU yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Dilansir laman resminya, MSI MPG A750GF adalah catu daya dengan kapasitor Jepang yang terbukti hemat daya karena mampu menekan suhu panas berlebih. Harganya juga masih cukup ramah di kantong. Dengan kualitas apik, kamu bisa menebus PSU ini dengan harga Rp1,6 jutaan.

Baca Juga: Dijamin Lancar Main Game, 5 Rekomendasi VGA Terkuat untuk PC 2022

4. DeepCool PM750D 80 Plus Gold

Harga Terjangkau, Ini 7 PSU Terbaik untuk PC Gaming Kelas MenengahDeepCool PM750D (deepcool.com/DeepCool PM750D)

Berdasarkan laman CLEAResult, PSU DeepCool PM750D ini sudah memiliki efisiensi yang cukup tinggi, yakni 88 persen saat performa maksimal. Itu sebabnya, catu daya seharga 1 jutaan rupiah ini sudah dibekali dengan sertifikasi resmi 80 Plus Gold. DeepCool sendiri merupakan brand yang berasal dari Beijing, China.

Dengan pengalaman memproduksi perangkat komputer sejak 1996, nama mereka sudah cukup diperhitungkan dalam dunia PC gaming. Garansi resmi yang diberikan untuk produk ini juga tergolong lama, yakni 5 tahun. Jadi, jika bujet kamu berada di angka 1 jutaan rupiah, DeepCool PM750D bisa dipilih untuk jantung di PC kamu.

5. Corsair CV650 80 Plus Bronze

Harga Terjangkau, Ini 7 PSU Terbaik untuk PC Gaming Kelas MenengahCorsair CV650 (corsair.com/Corsair CV650)

Dengan harga Rp900 ribuan, kamu sudah dapat memiliki PSU sekelas Corsair CV650 yang tentunya sudah bersertifikasi 80 Plus Bronze. Di kelas menengah, dengan daya PC yang cukup rendah, PSU ini sudah menjadi pilihan dari banyak gamer. Corsair sendiri merupakan perusahaan pembuat komponen PC yang sudah mendunia.

Ya, brand asal Amerika tersebut memang terbukti memiliki produk yang berkualitas dan tahan lama. Jika VGA yang kamu gunakan adalah seri yang setara dengan NVIDIA GTX, catu daya hemat energi ini masih bisa dijadikan pertimbangan utama untuk dipasangkan di PC kamu sebagai penyuplai arus listrik.

6. Seasonic S12III-550 80 Plus Bronze

Harga Terjangkau, Ini 7 PSU Terbaik untuk PC Gaming Kelas MenengahSeasonic S12III-550 (seasonic.com/Seasonic S12III-550)

Seasonic adalah salah satu brand pembuat PSU berkualitas. Produk-produk mereka bahkan dijadikan rujukan oleh gamer di berbagai ulasan tentang perakitan PC gaming. Nah, meskipun terbiasa dengan harga premium, perusahaan asal Taiwan tersebut juga mengeluarkan produk dengan harga ramah di kantong.

Yup, salah satunya adalah Seasonic S12III-550 yang sudah mengantongi sertifikasi 80 Plus Bronze. Catu daya dengan kapasitas maksimal 550W ini akan bekerja secara efisien dalam mengeluarkan daya sebesar lebih dari 80 persen dari total keseluruhan. Jadi, dengan sertifikasi 80 Plus ini, listrik di rumah kamu juga akan sedikit lebih hemat.

7. FSP Dagger Pro SFX 650W 80 Plus Gold

Harga Terjangkau, Ini 7 PSU Terbaik untuk PC Gaming Kelas MenengahPSU FSP Dagger Pro SFX 650W (fsplifestyle.com/FSP Dagger Pro SFX 650W)

Menurut pengalaman penulis, produk PSU dengan brand FSP bisa dikatakan terbaik di kelasnya, misalnya, FSP Dagger Pro SFX 650W berharga Rp1,7 juta ini. Produk ini merupakan PSU kelas menengah yang sudah bersertifikasi 80 Plus Gold yang tentunya telah memiliki tingkat efisiensi di atas 80 persen.

Jika memiliki PC gaming dengan spesifikasi menengah, catu daya berkualitas ini bisa kalian jadikan pilihan tepat. Oh, ya, dalam laman resminya, PSU ini juga diklaim mendukung motherboard kelas atas, lho. Hebatnya lagi, bentuknya juga sangat ergonomis yang membuatnya cocok dipasangkan di casing jenis SFX, ATX, Micro ATX, dan Mini ATX.

Itu tadi beberapa jenis PSU berkualitas dengan harga ramah di kantong. Memilih PSU sebagai jantung di PC kita memang tidak boleh sembarangan. Salah dalam memilih dan memasangnya bisa berdampak pada kerusakan fatal di komponen-komponen PC yang lainnya.

Baca Juga: 5 Prosesor Lawas untuk Gaming, Mampu Menopang VGA Menengah

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya