Comscore Tracker

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa Tangguh

Cocok buatmu Gen Z dan kaum muda yang ekspresif

Samsung telah merilis sebuah smartphone keren yang pastinya cocok buat kaum muda ekspresif yang menginginkan Hp dengan performa di atas rata-rata. Yup, Samsung Galaxy S10 Lite akan menghilangkan dahaga bagi pencinta teknologi.

Nah, Hp tangguh ini juga digadang-gadang sebagai salah satu smartphone dalam jajaran flagship yang dapat bersaing dengan vendor-vendor lainnya. Bahkan, Galaxy S10 Lite juga memiliki performa dan kemampuan tangguh dari sisi hardware. Gak percaya? Kalau kamu penasaran, lebih baik kamu menyimak review Galaxy S10 Lite berikut ini. Disimak, ya!

1. Desain eye catching yang menggoda

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa Tangguhsamsung.com

Harus diakui bahwa Samsung selalu menelurkan produk-produk dengan desain yang menggoda. Begitu juga dengan Galaxy S10 Lite yang memiliki desain minimalis, eye catching, dan tentu saja menggoda siapa saja yang melihat dan menyentuhnya.

Secara umum ponsel canggih ini memiliki bobot yang cenderung pas. Artinya, tidak terlalu ringan dan juga tidak terlalu berat. Dengan berat 186 gram, rasanya sudah sangat pas untuk diajak menemani aktivitasmu yang padat dan produktif.

Oh ya, Hp tangguh yang satu ini juga memiliki bodi yang cukup tipis, yakni 8,1mm. Tingginya 162,5mm dan lebar 75,6mm dapat menopang layar sebesar 6,7 inci yang akan memuaskanmu dalam bermain game, browsing, dan tentu saja streaming film atau video.

Samsung Galaxy S10 Lite memiliki bodi yang terbuat dari glasstic di bagian belakangnya. Bahannya menggunakan polikarbonat laminasi yang menyerupai tampilan kaca. Tentu ini adalah sebuah langkah cerdas bagi Samsung untuk mendesain smartphone ini. Pasalnya, Galaxy S10 Lite tetap akan terlihat ramping meskipun ia dibekali dengan baterai sebesar 4.500 mAh.

Bentuk modul kamera utama juga terlihat keren layaknya ponsel flagship Samsung lainnya. Berbentuk persegi dan agak sedikit menonjol membuat bentuknya memang sangat kekinian dan cocok jika dimiliki oleh kaum muda. Namun, jika kamu tidak ingin modul kamera belakang bergesekan langsung dengan permukaan meja, mungkin kamu harus menambahkan casing tambahan.

Di bagian depannya Samsung menyematkan tampilan dengan teknologi Infinity-O display, di mana tampilan ini merupakan salah satu tampilan terbaik Samsung karena dinilai efektif dan efisien menampilkan kamera depan tanpa mengganggu fungsi layar secara keseluruhan.

Desain Galaxy S10 Lite tambah terlihat mewah berkat rangka logam yang berada di tengah bodi. Selain menambah kesan mewah, rangka logam tersebut dapat membuat bobot ponsel menjadi lebih premium. Jadi, jika kamu memegang ponsel ini, kamu akan langsung tahu bahwa ponsel ini memang ponsel kelas atas.

Tombol power dan volume berada di sisi kanan bodi. Sedangkan sisi kirinya, terdapat slot SIM hybrid, yang artinya kamu dapat mengaktifkan dua SIM card secara bersamaan, atau bisa juga salah satunya diganti dengan microSD dengan kapasitas 1 TB. Sedangkan bagian bawahnya terdapat port USB type-C dan sebuah speaker. Dan satu lagi, tak ada jack 3.5mm, di mana fitur ini memang sudah lama ditiadakan dalam ponsel premium.

Untuk sistem keamanannya sendiri, Samsung telah menyematkan teknologi sensor sidik jari di layar bagian bawah. Sensornya sendiri sangat responsif dan pas dalam jangkauan ibu jari. Galaxy S10 Lite dirilis dalam tiga varian warna, yakni prism black, prism blue, dan prism white.

2. Performa tangguh berkat chipset Snapdragon 855

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa Tangguhsamsung.com

Salah satu nilai lebih yang mungkin sulit untuk disaingi oleh vendor-vendor lainnya adalah performa hardware atau mesinnya. Tak main-main, Samsung menyematkan sebuah chipset Qualcomm 7nm Snapdragon 855 dan prosesor delapan inti sebagai penggerak utama. Berbekal RAM 6 GB dan 8 GB tentu akan terasa mudah bagi Galaxy S10 Lite untuk melakukan tugas berat dan multitasking.

Snapdragon 855 sendiri adalah chipset kelas atas yang terbukti memiliki performa tinggi. Chipset ini jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan chipset Exynos yang juga disematkan oleh Samsung pada ponsel-ponsel kelas menengahnya.

Prosesor delapan intinya terdiri dari 1x2.84 GHz Kryo 485 dan 3x2.42 GHz Kyro 485, serta 4x1.78 GHz Kryo 485. Sedangkan GPU menggunakan Adreno 640 yang akan memanjakan siapa saja pencinta gaming di ponsel. Kamu gak perlu khawatir nge-lag, karena dengan chipset, CPU, dan GPU seperti ini, game berat apa pun dapat dengan mudah dieksekusi.

Ponsel ini berjalan pada OS Android 10, yang tentunya kamu dapat mengoleksi berbagai aplikasi dan game terbaru di Play Store. Apalagi, kapasitas penyimpanannya juga cukup besar, yakni 128 GB. Masih belum cukup? Kamu bisa menambahkan microSD sebesar 1 TB.

Bagaimana dengan layarnya? Dengan Super AMOLED Plus 16 juta warna dan resolusi sebesar 1080 x 2400 piksel HDR10 plus, tampilan pada layar Galaxy S10 Lite terlihat sangat tajam, bening, dan cerah. Apalagi, dengan luas 6,7 inci, kedalaman warna 394 ppi, dan rasio layar kekinian pada bentang 20:9, membuat bermain game dan streaming film menjadi lebih mengasyikkan.

Untuk suara yang dihasilkan sudah cukup baik di kelasnya. Pada pengujian yang dilakukan dengan menggunakan headset, suara lagu terdengar solid, penuh, dan seimbang antara treble dan bass. Begitu juga dengan speaker di bagian bawahnya, suara yang dihasilkan cukup merdu dan tidak saling mendominasi antara bass dan treble-nya.

Secara keseluruhan, performa Galaxy S10 Lite patut diacungi dua jempol. Mulai dari chipset, CPU, GPU, RAM, hingga ruang penyimpanan internal yang cukup besar, memang memosisikan ponsel ini sebagai ponsel kelas atas yang sanggup mengimbangi aktivitas muda-mudi ekspresif seperti kamu.

3. Kamu yang suka dengan fotografi, gak akan kecewa dengan kualitas kameranya

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa Tangguhsamsung.com

Galaxy S10 Lite dilengkapi dengan kamera belakang berkekuatan 48 MP f/2.0 (wide), 12 MP f/2.2 (ultrawide), dan 5 MP f/2.4 berlensa makro. Sedangkan, pada kamera depannya berkekuatan 32 MP f/2.2 yang cocok bagi kamu pencinta selfie.

Oh ya, kamera utama pada Galaxy S10 Lite juga dilengkapi dengan teknologi Super Steady OIS (Optical Image Stabilizer) yang akan menjaga kualitas foto dan video pada saat kondisi minim cahaya. Nah, hebatnya lagi nih, kamu bisa merekam video yang penuh dengan gerakan atau adegan aksi dengan kualitas hasil yang stabil dan halus.

Jadi, gak salah jika Samsung memberi tagline Pro Grade Camera karena memang faktanya Galaxy S10 Lite dapat menangkap objek pada berbagai macam kondisi, baik itu kondisi normal atau pun kondisi minim cahaya.

Ada lagi yang keren, apalagi kalau bukan kemampuan kamera ultrawide dengan jangkauan sejauh 123 derajat. Dengan fitur ini, gambar yang dihasilkan juga memiliki lanskap yang lebih lebar hampir menyamai pandangan manusia.

Gak hanya sampai di situ, rupanya Samsung juga menyematkan fitur Zoom-in Mic yang dapat menangkap suara dengan baik pada saat kita melakukan pembesaran atau pengecilan pada objek yang tengah kita rekam.

Sedangkan, kualitas video yang dihasilkan sudah sangat bagus di kelasnya. Kamera belakang Galaxy S10 Lite dapat merekam dengan kemampuan 1080p@30/60/240fps dan bahkan 4K@30/60fps. Fitur-fitur kelas atas semacam gyro-EIS, panorama, dan HDR tentu sudah ikut disematkan dalam smartphone ini.

Untuk kamera depannya berkekuatan 32 MP dengan kemampuan merekam video berkualitas 1080p@30fps. Sudah lebih dari cukup untuk selfie atau swafoto dan bahkan membuat video untuk kebutuhan vlog (video blog). Gambar-gambar di bawah ini adalah beberapa foto yang dihasilkan dari kamera Galaxy S10 Lite.

Contoh hasil foto pekat warna HDR10+

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa TangguhSamsung.com/Gambar dengan HDR10+

Contoh hasil foto kamera utama

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa TangguhSamsung.com/Gambar tanpa fitur 123 angle of view

Contoh hasil foto dengan fitur 123 angle of view

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa TangguhSamsung.com/Hasil foto dengan fitur 123 angle of view

Contoh hasil foto dengan fitur makro

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa TangguhSamsung.com/Hasil foto makro

Baca Juga: Hei, Gen Z! Bayangkan Rasanya Jadi Keren Karena Galaxy S10 Lite

4. Baterainya yang tahan lama dapat mengimbangi padatnya jadwal aktivitasmu

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa Tangguhsamsung.com

Percuma performa hebat kalau baterainya loyo. Di Galaxy S10 Lite, kamu gak akan menemukan persoalan baterai cepat habis. Pasalnya, baterai Galaxy S10 Lite sudah berkapasitas 4.500 mAh.

Dengan kapasitas sebesar ini, pengalaman gaming, streaming, browsing, dan urusan pekerjaan bukan lagi menjadi momok. Oh ya, selain kuat, baterai pada Galaxy S10 Lite juga tergolong cerdas. Fitur yang ada dalam baterai akan menganalisa pola pemakaian harian atau mingguan dari penggunanya.

Sehingga, konsumsi daya pada ponsel juga akan selalu optimal. Kamu gak perlu khawatir kehabisan daya di tengah-tengah padatnya aktivitasmu seharian. Untuk panggilan suara, baterai Galaxy S10 Lite dapat bertahan pada kisaran 34 jam. Sedangkan untuk browsing, streaming, dan gaming, baterainya sanggup menemani kamu selama 13 jam.

Tak lupa Samsung juga menyematkan fitur fast charging atau pengisian cepat. Fitur ini mendukung pengisian cepat hingga 45W melalui USB Power Delivery 3.0. Hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya dari nol hingga 60 persen. Jika pengisian daya dilakukan hingga penuh, maka total waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1 jam.

Dengan baterai yang hemat dan cerdas, smartphone ini akan sangat cocok untuk mengimbangi padatnya aktivitasmu sebagai Gen Z dan kaum muda yang ekspresif. Apalagi, jika kamu adalah orang yang tidak mau ribet bolak-balik nge-cas Hp, produk Samsung yang satu ini dapat kamu pinang secepatnya.

5. Ada fitur unggulan yang pasti kamu suka: Game Booster dan Bixby Vision

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa Tangguhsamsung.com

Game Booster adalah fitur berupa software cerdas yang akan menganalisa dan mengatur prioritas smartphone pada saat digunakan untuk bermain game. Dengan fitur ini, performa CPU dan GPU akan diprioritaskan untuk keperluan gaming, sehingga pengguna akan mendapatkan frame rate yang stabil.

Software ini juga akan mengatur supaya daya baterai tidak menjadi boros. Itu sebabnya, bermain game di ponsel cerdas ini tak akan membuat baterainya kepanasan seperti di ponsel-ponsel lainnya. Kamu juga bisa mengatur notifikasi mana saja yang akan ditampilkan di layar Hp pada saat kamu bermain game.

Selain itu, Hp ini juga sudah dilengkapi dengan Bixby Vision, yakni sebuah fitur yang akan menjadi asisten pribadi kamu. Kamu bisa melakukan perintah cepat dengan cara menyebut kata-kata yang singkat melalui smartphone ini. Lagi, dengan fitur ini, kamu dapat menerjemahkan kalimat dan kata-kata bahasa asing melalui kamera. Semakin mudah dan praktis, kan?

Terlihat bahwa Galaxy S10 Lite memang dirancang untuk serbabisa. Artinya, beberapa fitur unggulan seperti performa tangguh, kamera ciamik, baterai tahan lama, dan kemampuan menjalankan game berat ada dalam satu smartphone. Ditambah dengan jaringan Samsung yang kuat dan tersebar luas di seluruh Indonesia, membuat layanan after sales-nya juga akan terjamin.

6. Harga di bawah Rp10 juta rupiah!

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa Tangguhsamsung.com

Dalam laman resminya, Samsung merilis Galaxy S10 Lite varian RAM 8 GB dengan harga Rp9.799.000. Beberapa toko online juga sudah menawarkan Galaxy S10 Lite dengan harga sedikit lebih murah. Dalam paket penjualan, kamu akan mendapatkan 1 unit smartphone, kabel USB, adaptor, pin ejektor, earphone, panduan singkat, dan tentu saja garansi resminya. 

Dengan harga tak sampai Rp10 juta rupiah, kamu akan mendapatkan sebuah perangkat smartphone dengan segudang fitur. Mulai dari desain menawan, performa tangguh, kamera ciamik, baterai tahan lama, dan fitur unggulan lainnya macam Game Booster dan Bixby Vision menjadikan ponsel flagship ini layak untuk kamu miliki.

7. Kesimpulan

Review Samsung Galaxy S10 Lite, Hp Keren dengan Performa Tangguhsamsung.com

Jika kamu adalah muda-mudi ekspresif Generasi Z, smartphone canggih buatan Samsung ini akan cocok untuk menjadi teman setia yang mendampingi jadwal padatmu. Dengan harga di bawah 10 juta rupiah, kamu akan mendapatkan sebuah ponsel dengan segudang fitur dan sarat akan teknologi.

Untuk urusan gaming dan multitasking sudah tidak perlu diragukan lagi. Chipset kelas atas Snapdragon 855 bisa dijadikan pembeda dibandingkan dengan ponsel-ponsel sekelas. Apalagi, fitur fotografinya juga sangat melimpah. Kamu akan mendapatkan hasil jepretan foto layaknya fotografer profesional berkat Super Steady OIS.

Tak kalah, kapasitas baterai yang cukup besar juga akan menjadi nilai tambah. Tentu saja fitur fast charging-nya juga sama-sama menjadi andalan. Fitur unggulan Game Booster dan Bixby Vision juga ada bagi kamu yang gak mau ketinggalan zaman. So, Galaxy S10 Lite telah memenuhi ekspektasi kami selaku pencinta teknologi, tidak percuma untuk meminangnya. Berminat membeliny Samsung Galacy S10 Lite, kamu bisa cek di sini: https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s10-lite-g770/SM-G770FZBIXID/buy/

Keren banget kan Samsung Galaxy S10 Lite? Yuk, langsung aja beli Samsung Galaxy S10 Lite di JD.ID dan pakai voucher JD.ID untuk harga hemat!

Baca Juga: 7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gaming

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya