Comscore Tracker

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai Sederhana

Sudah ada sejak 1930-an

Perkembangan komputer pada zaman modern ini sudah makin kompleks, canggih, dan berevolusi menjadi banyak model. Mulai dari PC gaming, laptop, tablet, all in one (AiO), sampai HP atau smartphone, semuanya merupakan jenis komputer yang bisa dipakai oleh banyak orang di dunia. Dalam praktik khusus, komputer juga digunakan untuk transportasi, komunikasi, penelitian, bahkan eksplorasi luar angkasa.

Namun, apa kamu tahu tentang sejarah dan perkembangan komputer di dunia? Nah, kalau penasaran dengan hal tersebut, kamu bisa simak artikel ini hingga tuntas.

1. Sistem komputer dengan bilangan biner sudah didemonstrasikan pada 1930-an

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai Sederhanasistem komputer awal bernama Model K adder 1936 (wikimedia.org/Arnold Reinhold)

Nah, gambar di atas merupakan perangkat awal sebuah komputer yang sudah didemonstrasikan pada 1936 dan 1937. Dilansir History of Information, komponen tersebut berupa relai sederhana yang berbasis pada relai telepon dan kode angka desimal yang sudah dikelompokkan ke dalam digit biner (bit). Dengan kata lain, alat bernama Model K tersebut sudah bekerja secara elektromagnetik dalam menerima sebuah perintah manusia.

2. Pada 1939, Hewlett-Packard mendirikan perusahaan di sebuah garasi

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai Sederhanagarasi sederhana yang menjadi cikal bakal perusahaan komputer kelas dunia (wikimedia.org/Broken Sphere)

Apakah kamu menggunakan laptop dengan merek HP atau Hewlett-Packard? Jika ya, tentu kamu juga gak nyangka kalau awalnya perusahaan raksasa tersebut dibuat di sebuah garasi sederhana seperti gambar di atas, bukan? Yup, pada 1939, HP atau Hewlett-Packard didirikan oleh Bill Hewlett dan David Packard di sebuah garasi di California. Nah, awalnya, mereka hanya mengembangkan sistem audio yang dinamakan HP 200A.

3. Awal 1940-an, ditemukan perangkat hitung yang kompleks

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai Sederhanailustrasi penggunaan sistem elektromagnetik pada 1940 (wikimedia.org/Fortepan)

Awal 1940 menjadi tonggak berdirinya teknologi komputer yang lebih rumit dan kompleks. Britannica melansir bahwa Electronic Numerical Integrator and Computer atau ENIAC sudah mulai dirancang sejak 1942 hingga 1943. Kala itu, Amerika Serikat juga terlibat aktif dalam Perang Dunia II. Dalam perkembangannya, komputer ENIAC dibuat dengan bobot berat dan sebesar rumah.

4. Komputer Harvard Mark 1 selesai dibangun pada akhir Perang Dunia II

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai Sederhanakomputer Harvard Mark 1 yang disimpan di Universitas Harvard (wikimedia.org/Daderot)

Dibutuhkan rumah dengan ukuran sederhana untuk memasukkan perangkat komputer Harvard Mark 1. Ya, komputer yang dibangun menjelang 1945 tersebut memang memiliki bobot berat dan volume sangat besar. Menurut laman History Computer, komponen dan unit dari komputer besar ini sudah digunakan oleh Amerika untuk memperkuat militer mereka di era 1945 hingga 1950-an.

5. Komputer EDSAC digunakan sebagai generasi baru pada 1960-an

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai SederhanaEDSAC menjadi sistem terbaru menggantikan komputer sebelumnya. (wikimedia.org/University of Cambridge)

The National Museum of Computing mencatat bahwa EDSAC merupakan sistem penghitungan yang awalnya dibuat untuk Universitas Cambridge. Namun, pada 1960 hingga 1970-an, perangkat kompleks ini juga mulai digunakan sebagai sistem komputer canggih di masanya. Mulanya, EDSAC 1 mulai dibuat pada 1949. Lalu, 1 hingga 2 dekade kemudian, dibuatlah EDSAC 2 dengan kecepatan yang lebih powerful ketimbang pendahulunya.

6. CDC 6600 diciptakan untuk meringkas bentuk komputer pada bobot yang lebih ringan

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai SederhanaCDC 6600 sempat menjadi komputer canggih pada masanya. (wikimedia.org/Steve Jurvetson from Menlo Park)

Nah, kita sampai pada generasi di mana sebuah komputer dibuat cukup ringkas meskipun masih memiliki bobot yang berat. Ya, namanya adalah CDC 6600 yang dirilis pada 1964. Kala itu, CDC 6600 terjual dengan total nilai 7 juta dolar AS (Rp101 miliar). Tahun-tahun berikutnya, sistem CDC 6600 terus dikembangkan dan digunakan banyak perusahaan besar sampai 1977.

Baca Juga: 7 Tips Membeli Mouse untuk Komputer, Ini Pertimbangannya

7. IBM SCAMP dikembangkan sejak 1970-an

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai SederhanaIBM SCAMP adalah komputer dengan bentuk paling futuristis di era 1970-an. (wikimedia.org/Matt Kieffer)

Siapa yang tak kenal dengan IBM? Yup, perusahaan komputer tersebut memang terkenal jago dalam menelurkan produk-produk canggih mereka. Menurut Smithsonian Institution, IBM SCAMP merupakan perangkat komputer tercanggih dengan bentuk paling simpel di 1973. Komputer ini juga menjadi awal mula dari pembuatan komputer canggih modern, semacam laptop atau PC.

8. Era 1980-an menjadi awal sejarah dirilisnya laptop

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai SederhanaLaptop pertama di dunia yang dirilis 1981 bernama Osborne 1. (wikimedia.org/Bilby)

Apakah gambar di atas mirip laptop? Ya, gambar di atas memang merupakan foto dari Osborne 1, yakni laptop pertama di dunia yang dirilis pada 1981 oleh Osborne Computer. Spesifikasinya masih sangat jadul, yakni layar 5 inci dan harganya mencapai nyaris 2 ribu dolar AS (Rp28,9 juta). Beratnya pun mencapai lebih dari 11 kilogram. Sayangnya, Osborne Computer tidak mampu bertahan lama dari persaingan komputer dunia.

9. Pada era yang sama dengan Osborne, Apple juga merilis sistem komputer mereka

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai SederhanaApple Macintosh yang dirilis pada 1984 (wikimedia.org/Sailko)

Pada saat produsen lain membuat produk komputer dengan gaya yang kaku dan berat, Apple justru berhasil menelurkan produk hebat pada zaman 1980-an. Kala itu, Apple menamakan produknya Apple Macintosh 1984. Sebetulnya, Macintosh ini bukanlah produk awal dari Apple. Jika dilihat sejarahnya, Apple sudah membuat produk komputer pertama bernama Apple 1 pada 1976.

10. COMPAQ dan produsen lain mulai berlomba membuat PC pada 1985 hingga 1990-an

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai SederhanaProduk buatan COMPAQ bernama Postable 386 menjadi salah satu yang tercanggih di awal 1990. (wikimedia.org/Kolossos)

Tak hanya Apple, produsen lain, macam COMPAQ, IBM, dan HP, tengah berlomba dalam membuat komputer PC dan portabel untuk pasaran dunia. Dengan persaingan ini, bisa dikatakan bahwa sejarah komputer memasuki babak baru, era saat sistem operasi dan software lain juga dianggap sebagai tolok ukur kecanggihan sebuah perangkat.

11. Sistem operasi mulai menentukan dan mendominasi pasar komputer dunia

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai Sederhanalogo dan tulisan Microsoft, sebuah perusahaan raksasa di bidang teknologi (windowsmanagementexperts.com)

Microsoft Windows 1 dirilis pada 1985 sebagai salah satu sistem operasi yang dipasangkan di PC atau komputer portabel. Lalu, salah satu kesuksesan terbesar Microsoft terjadi pada 1995, saat mereka merilis Windows 95 sebagai sistem operasi PC paling populer di zaman itu. Nah, hingga kini, Microsoft masih menancapkan eksistensinya dengan merilis produk-produk canggih, di antaranya Windows 11 dan konsol Xbox Series X terbaru.

12. Era 2000 hingga kini menjadi perilisan banyak produk komputer supercanggih

Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya hanya Berupa Relai Sederhanailustrasi PC gaming (unsplash.com/Jura)

Saat ini, penggunaan PC, laptop, tablet, dan komputer all in one (AiO) sudah menjadi kebutuhan yang wajib ada untuk berbagai aktivitas. Hampir semua pekerjaan di dunia pasti menggunakan komputer sebagai sistem utama mereka. Nah, tentunya kamu yang hobi bermain game dan bekerja di bidang grafis wajib memiliki PC canggih, bukan?

Bahkan, bentuk komputer juga makin beragam dan sangat ringkas, mulai dari laptop yang sangat tipis sampai smartphone canggih yang mampu melakukan komputasi kompleks. Hebatnya lagi, ada beberapa komputer super yang memiliki kecepatan dan kemampuan ribuan kali lebih tinggi ketimbang komputer biasa. Komputer super ini digunakan oleh NASA, simulasi Bumi, sistem transportasi pesawat, dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana dengan pelajaran kita kali ini? Ternyata, sistem komputer yang begitu canggih dan rumit dulunya hanya diawali dengan sebuah relai sederhana. Gak nyangka, ya!

Baca Juga: 5 Komputer Tercanggih di Dunia, Ada yang untuk Simulasi Bumi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya