Comscore Tracker

Apa Itu Unlock Bootloader? Simak Manfaat, Kerugian, dan Caranya

Gak boleh dilakukan sembarangan

Laman Tech Target menjelaskan bahwa bootloader bisa diartikan sebagai program yang menjembatani sistem operasi sebuah komputer dan memori. Ketika mulai dihidupkan, kinerja komputasi akan masuk ke dalam program BIOS sebagai gerbang utamanya. Nah, sistem bootloader ini memang tidak akan tampak di muka karena ia bekerja di balik layar.

Bukan hanya PC atau laptop, HP dan tablet yang memiliki sistem operasi juga ditanamkan bootloader sebagai fondasinya, misal sistem operasi Android atau iOS. So, di sini, kita akan mengenal lebih dalam tentang bootloader dan bagaimana cara unlock bootloader. Disimak, ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Video Stabilizer Terbaik di Android, Mudah Digunakan!

Unlock bootloader tidak bisa dilakukan secara sembarangan

Apa Itu Unlock Bootloader? Simak Manfaat, Kerugian, dan Caranyailustrasi layar putih di HP (unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya)

Seperti yang sudah kita ketahui, bootloader mengacu pada program dasar yang menjembatani antara sistem operasi dan memori dalam sebuah perangkat komputer. Di sisi lain, ada juga istilah unlock bootloader yang merujuk pada program terbuka yang ada di sebuah alat komputasi. Artinya, pengguna dapat memodifikasi segala sesuatu yang terdapat di sebuah gadget.

Inilah manfaat unlock bootloader di sebuah perangkat komputasi:

  1. Pengguna bisa bebas memodifikasi program dasar (bawaan) pabrik sesuai dengan keinginannya.
  2. Perangkat yang berstatus unlock bootloader biasanya juga mudah dimodifikasi sistemnya, misalnya Kernel pada Android.
  3. Pengguna juga bisa memasang dan menambahkan ROM yang sudah dimodifikasi sebelumnya. Hal ini berisiko menghapus data, tapi banyak dilakukan oleh pengguna yang paham bahasa pemrograman.
  4. Dengan posisi unlock bootloader, kamu bisa melakukan ROOT pada HP Andorid milikmu.

Namun, di balik kelebihannya tersebut, ada beberapa kelemahan dari unlock bootloader, seperti:

  1. Jika HP milikmu masih bergaransi,garansinya akan hangus akibat modifikasi sistem.
  2. Gawai yang sudah dalam posisi unlock bootloader akan sangat rentan terserang virus, malware, bahkan pembajakan akun.
  3. Kerusakan software dan hardware secara permanen bisa disebabkan oleh tindakan unlock bootloader yang gagal.
  4. Sistem keamanan dalam komputer atau smartphone yang sudah di-unlock bootloader akan terbuka. Artinya, peretas bisa masuk ke dalam celah dan mencuri berbagai data pribadi milik pengguna.
  5. File atau data yang ada dalam gawai bisa mengalami kerusakan dan bahkan hilang secara permanen.
  6. Risiko lainnya yang berkaitan dengan akun keuangan. Tidak ada jaminan keamanan sama sekali dalam unlock bootloader sehingga semua akun pribadi di HP mudah dibobol oleh siapa saja.

Terus, bagaimana melakukan unlock bootloader? Well, sebelumnya, penulis ingatkan bahwa langkah ini bisa saja merusak HP atau komputer milikmu dan penulis tidak bertanggung jawab terhadap semua kerusakan yang terjadi. Jangan lakukan unlock bootloader jika kamu sama sekali tidak mengerti bahasa pemrograman.

Sekadar saran, gunakan HP Android yang tidak dipakai alias HP kosong. Bisa juga gunakan HP yang cukup lawas dan sudah tidak bergaransi lagi.

  1. Unduh dan pasang aplikasi penunjang, dalam hal ini misalnya SDK Manager dan Driver USB untuk HP.
  2. Sambungkan HP ke laptop atau PC dan gunakan driver USB yang cocok dengan merek HP-mu.
  3. Pada aplikasi SDK Manager, kamu bisa klik folder Tools, lalu arahkan kursor ke bagian yang kosong dan tekan Shift + klik kanan.
  4. Jika sukses, kamu bisa klik Open a Command Prompt Here, lalu ketiklah adb devices.
  5. Sampai langkah ini, pengguna sudah bisa mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking. Caranya buka Setting atau Setelan dan pilih Developer Options. Di sana ada pilihan apakah kamu mau mengaktifkan atau menonaktifkan kedua fitur tersebut.
  6. Langkah-langkah di atas sudah akan menuntunmu untuk mendapatkan sandi atau kunci untuk unlock bootloader. Ada beberapa merek HP yang mengizinkanmu untuk unlock bootloader di laman resmi mereka, tapi ada juga yang tidak.
  7. Jika kamu diusulkan untuk melakukannya di laman resmi mereka, itu lebih baik karena prosesnya akan lebih mudah. Kamu tinggal lakukan langkah-langkah yang diminta.
  8. Jangan lupa masukkan kode atau kunci prompt yang sudah didapatkan dengan cara klik kanan pada folder SDK Manager. Lalu, pilih kembali Open a Command Prompt Here. Setelah itu, ketiklah kode atau sandi dari prompt yang kita dapatkan tadi.
  9. Kalau langkah-langkah yang dilakukan sudah benar, akan ada menu Fastboot di HP atau kamu bisa membukanya secara manual dengan tekan power + volume down.
  10. Kembali ke SDK Manager dan klik pada bagian kosong. Masukkan perintah Shift + klik kanan dan pilih kembali Open a Command Prompt Here. Setelah itu, masukkan perintah lanjutan, misalnya fastboot oem unlock. Perintah ini tergantung jenis, tipe, dan merek HP Android milikmu. Jadi, sesuaikan perintah-perintahnya dengan benar.

Nah, bagaimana? Itu tadi pengertian, manfaat, kerugian, dan cara unlock bootloader yang bisa dilakukan di HP Android. Well, jika tidak memahaminya, ada baiknya kamu jangan coba-coba melakukan unlock bootloader karena akan membawa risiko yang tak diinginkan.

Sumber:

https://www.techtarget.com/searchdatacenter/definition/boot-loader-boot-manager

https://www.howtogeek.com/239798/how-to-unlock-your-android-phones-bootloader-the-official-way/

Baca Juga: 7 Game Retro Paling Bikin Nostalgia di Android dan iOS

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya