Comscore Tracker

5 Alasan Xbox Series S Lebih Baik ketimbang PC, Hemat dan Tangguh!

Bisa dimanfaatkan selain untuk bermain game

Xbox Series S adalah satu di antara beberapa jenis konsol generasi terbaru yang tentu sudah dibekali dengan spesifikasi tangguh. Meski di atas kertas performanya masih di bawah Xbox Series X dan PS5, si putih yang satu ini tetap bisa menyajikan berbagai game, media, dan bahkan aplikasi office secara mumpuni.

So, menurut penulis, ada beberapa alasan Xbox Series S lebih baik ketimbang PC dengan bujet yang sama. Penasaran apa saja alasannya, kan? Yuk, disimak!

1. Konsol canggih dengan harga termurah saat ini

5 Alasan Xbox Series S Lebih Baik ketimbang PC, Hemat dan Tangguh!ilustrasi stik Xbox Series S (unsplash.com/Kamil S)

Di laman resmi Microsoft, konsol Xbox Series S dijual dengan harga 288,99 dolar AS atau Rp4,3 juta. Nah, di Indonesia, harganya pun cukup identik. Di beberapa toko online, konsol mungil ini dijual di angka Rp3,8--4,5 juta. Sebuah harga yang cukup murah mengingat kemampuannya dalam menjalankan game-game berat.

Well, sekadar informasi, kalau kamu berencana merakit PC yang setara dengan kemampuan Xbox Series S, mungkin dibutuhkan dana sekitar Rp15 jutaan, belum termasuk keyboard, mouse, dan stik gaming. Jadi, bagaimana menurutmu? Cukup menggiurkan, kan?

2. Spesifikasi dan performa bisa diandalkan

5 Alasan Xbox Series S Lebih Baik ketimbang PC, Hemat dan Tangguh!ilustrasi konsol Xbox Series S sebagai mesin gaming murah (unsplash.com/Mika Baumeister)

Jangan remehkan kemampuan Xbox Series S dalam menjalankan game-game berat. Ia sudah dibekali dengan prosesor Zen 2 CPU 8x Cores @ 3,6 GHz, GPU RDNA 2 berteknologi 4 TFLOPS @ 1,565 GHz, dan 10 GB RAM (8 GB @ 224 GB/s dan 2 GB @ 56 GB/s). Kendati demikian, kapasitas SSD di konsol ini masih berada di 512 GB.

Tapi, kamu tak perlu khawatir karena Microsoft juga mengizinkan gamer untuk menambahkan komponen penyimpanan. Selama kualitas SSD-nya setara dan masuk dalam rekomendasi Microsoft, kamu bebas memasang SSD apa saja. Dengan spesifikasi macam ini, game berat kekinian bisa dimainkan stabil di 30--120 fps pada resolusi FHD atau 2K.

Baca Juga: 10 Game Seru Bergaya Anime yang Laku di PC dan Konsol

3. Punya game pass yang murah meriah

5 Alasan Xbox Series S Lebih Baik ketimbang PC, Hemat dan Tangguh!ilustrasi memainkan game di konsol Xbox Series S (unsplash.com/Dimitris Chapsoulas)

Oke, salah satu alasan kuat kenapa gamer lebih memilih produk Xbox Series X dan Xbox Series S adalah fasilitas game pass yang bisa dibilang sangat murah. Dengan game pass, kamu bisa memainkan banyak judul game setiap bulannya. Kalau dianalogikan, mungkin di sini kita diibaratkan menyewa judul game ke Microsoft.

Nah, hebatnya lagi, biaya berlangganan game pass sangat murah. Hanya dengan Rp100 ribuan per bulan, kamu sudah bisa berlangganan Xbox Game Pass dan memainkan banyak judul game berkualitas. Yup, kalau kamu memang mencari mesin gaming tangguh yang ringkas, harga terjangkau, dan berspesifikasi bagus, Xbox Series S adalah jawabannya.

4. Bisa melakukan tugas-tugas lainnya

5 Alasan Xbox Series S Lebih Baik ketimbang PC, Hemat dan Tangguh!ilustrasi produk anyar dari Microsoft (xbox.com)

Gak hanya digunakan sebagai mesin gaming, konsol Xbox sudah disuntikkan berbagai sistem dan aplikasi digital yang mengizinkan gamer menggunakan produk Office dari Microsoft. Kamu tinggal membeli keyboard dan mouse yang bisa dicolokkan langsung ke lubang USB di Xbox Series S. Kamu pun bisa menghubungkannya dengan bluetooth dengan menggunakan dongle tambahan.

Selain aplikasi Office, konsol ini tentu sudah dapat menjalankan browser online, baik secara bawaan di Xbox atau pun Windows. Menonton YouTube, berselancar di internet, dan bekerja secara online sangat mudah dilakukan di konsol ini. Jadi, betul saja, konsol Xbox Series S dan juga Series X dari Microsoft mampu memanjakan penggunanya dengan segudang fungsi, baik itu hiburan maupun keperluan kantoran.

5. Ringkas dan menghemat tempat

5 Alasan Xbox Series S Lebih Baik ketimbang PC, Hemat dan Tangguh!ilustrasi konsol berbentuk ringkas (unsplash.com/Mika Baumeister)

Bisa dikatakan bahwa Xbox Series S adalah konsol paling kecil di era modern dewasa ini. Jika dibandingkan dengan PS5 dan Xbox Series X, tentu si putih masih unggul jauh jika ditilik dari ukuran bodinya. Dimensi 27,5 cm x 15,1 cm x 6,5 cm tentu akan membuat Xbox Series S makin mudah untuk diletakkan di mana saja.

Nah, sebagai gamer PC, penulis pun mengakui bahwa ukuran dan dimensi dari Xbox Series S ini betul-betul menggoda. Jika disandingkan dengan PC yang bertubuh bongsor, tentu perbedaannya makin terlihat mencolok. Jadi, kalau suka dengan produk ringkas yang gak makan tempat, pilihlah Xbox Series S karena bisa diletakkan di atas meja dengan cantik.

Namun, bukannya tanpa kelemahan, produk Xbox Series X dan Xbox Series S tidak memiliki garansi resmi Indonesia. Jadi, pertimbangkan sebelum membelinya karena semua pilihan tetap ada di tangan kamu, ya!

Baca Juga: 5 Game Xbox Series X dengan Visual Terbaik, Tampil dengan Resolusi 4K

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya