Comscore Tracker

7 Single-Player Game yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!

Dijamin pengalaman gaming yang benar-benar baru

Single-Player Game menjadi daya tarik sendiri bagi gamers dikarenakan tipe game yang cukup berbeda dari game multiplayer. Kita dibawa untuk memerankan sebuah karakter dalam game untuk mencapai tujuan sambil melewati berbagai rintangan.

Terus, kalau hanya satu pemain aja, apakah akan terasa kesepian? Tentu tidak dong! Berikut adalah single-player game yang wajib kamu coba karena terkenal dengan kualitas cerita dan permainannya yang unik dan memberikan kesan tersendiri. Dicatat ya!

1. Dishonored, Rilis Oktober 2012 (PC, PlayStation, Xbox)

7 Single-Player Game yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!instagram.com/dishonored

Dishonored merupakan game action-adventure terbitan Bethesda Softworks di mana kamu akan berperan sebagai Corvo Attano, yaitu seorang pengawal ratu kerajaan yang dituduh terlibat langsung dalam pembunuhan ratu kerajaan sendiri. Sebagai Corvo, kamu akan dibawa ke perjalanan mencari pembunuh ratu yang sebenarnya sambil dilengkapi dengan kekuatan magis pemberian orang misterius.

Game ini dimainkan dari sudut pandang orang pertama (first person) dan uniknya kamu bisa memilih untuk menyelesaikan misi-misi yang ada secara sembunyi-sembunyi (stealth), melawan secara langsung (combat), ataupun kombinasi dari keduanya. Setiap pilihan yang kamu ambil dalam game ini akan mempengaruhi jalan cerita ke depannya lho!

Kamu bisa membeli game ini di Steam maupun Epic Games. Oh iya, game ini ada lanjutan ceritanya lho yaitu Dishonored 2, yang ceritanya berlanjut dari Dishonored. Wah penasaran ya ceritanya seperti apa?

2. The Witcher 3: Wild Hunt, Rilis Mei 2015 (PC, Xbox, PlayStation, Nintendo Switch)

7 Single-Player Game yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!instagram.com/the.witcher.3

Monster. Ya, itu adalah hal yang akan sering kamu hadapi dalam game The Witcher 3: Wild Hunt. Dibuat oleh CD Projekt RED, kamu akan bermain sebagai Geralt of Rivia, seorang mutan yang bertugas menjadi pembunuh bayaran monster yang berkeliaran di dunia. Game ini adalah lanjutan dari seri game The Witcher, di mana di seri terbaru, kamu bertugas untuk mencari putri adopsi yang kabur dari kejaran pasukan mahkluk halus yang dipanggil sebagai Wild Hunt.

Dimainkan dari sudut pandang orang ke-tiga (third-person), kamu dapat memilih berbagai perlengkapan senjata maupun baju zirah untuk melindungi Geralt dari berbagai serangan monster. Yang membuat game ini unik adalah berbagai macam perlengkapan yang bisa kamu pilih sesuai gaya main favoritmu, dan jalan cerita yang terdampak dari pilihan yang kamu ambil.

Kamu bisa membeli game ini di Steam maupun Epic Games. Hingga saat ini, penerbit game ini telah mengeluarkan konten tambahan ekspansi cerita yang bernama Blood and Wine dan Heart of Stone yang pastinya akan bikin gamers tambah betah di game ini.

Baca Juga: 5 Hero yang Hanya Bisa Dikuasai Oleh Player Fast Hand

3. Undertale, Rilis September 2015 (PC, Xbox, PlayStation, Nintendo Switch)

7 Single-Player Game yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!instagram.com/undertale_offical

Apa kamu bilang? Game dengan grafik piksel bisa tetep seru di zaman sekarang? Iya dong! Undertale adalah game dua dimensi yang diterbitkan oleh Toby Fox, di mana kamu akan berperan sebagai seorang anak kecil yang jatuh ke dalam dunia baru yang tak pernah ia kenal. Kamu harus berjalan menelusuri dunia ini sambil melawan monster untuk bisa keluar dengan selamat.

Uniknya, kamu akan melawan monster dengan cara memainkan minigame lho! Ditambah lagi, setiap pilihan yang kamu ambil akan mempengaruhi jalan cerita ke depannya. Dengar-dengar, kamu bisa memilih untuk melawan maupun tidak melawan sama sekali para monster lho! Efeknya apa ya?

Kamu bisa membeli game ini di Steam. Setelah selesai memainkan Undertale, kamu  memainkan terbitan lainnya dari Toby Fox lho yang bernama Deltarune. Penasaran ya?

4. Assassin's Creed: Valhalla - Rilis November 2020 (PC, Xbox, PlayStation)

7 Single-Player Game yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!instagram.com/assassinscreed_us

Kapan lagi kita bisa merasakan kehidupan sebagai seorang viking? Ya di Assassin's Creed: Valhalla dong! Game rilisan Ubisoft ini merupakan kelanjutan dari seri Assassin's Creed yang dimulai sejak tahun 2007 lalu. Dalam seri terbaru ini, kamu akan berperan sebagai Eivor Varinsdottir, seorang viking yang bersama pasukannya berperang untuk merebut daerah Inggris dari kuasa grup gelap bernama Order of The Ancients.

Seperti game Assassin's Creed pada umumnya, kamu dapat menyelesaikan misi dalam mode sembunyi maupun berperang dengan pilihan senjata yang beragam. Uniknya, kamu dapat berpartisipasi dalam aksi Raid, di mana kamu dan pasukanmu akan menjarah desa maupun tempat peristirahatan musuh untuk mendapatkan bahan baku yang dapat kamu gunakan untuk membangun desamu sendiri.

Sampai saat ini, kamu hanya bisa membeli game ini di Epic Games, beserta dengan ekspasi cerita yang dijual terpisah yaitu The Siege of Paris dan Wrath of The Druids.

5. Yakuza 0, Rilis Maret 2015 (PC, PlayStation, Xbox)

7 Single-Player Game yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!instagram.com/neko_box

Ingin merasakan menjadi seorang Yakuza di tahun 80-an? Yakuza 0 berarti paling cocok untukmu. Dirilis oleh Sega dan Ryu Ga Gotoku Studio sebagai pembaruan dari versi tahun 2005 dengan grafis dan permainan yang lebih baik. Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai Kazuma Kiryu dari Tojo Clan dan Goro Majima dari Omi Alliance secara bergantian, dengan cerita yang berpusat pada perebutan tanah kosong yang berpotensi memperkaya salah satu sisi dengan sangat kuat.

Selain cerita utama, kamu dapat memainkan berbagai cerita tambahan di mana kamu akan berinteraksi dengan warga Kamurocho untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Ditambah lagi, sebagai Kiryu, kamu dapat memiliki perusahaan perumahan untuk memperkaya diri; sedangkan sebagai Goro, kamu akan memiliki klub kabaret yang berusaha menjadi klub yang terbaik di daerah Sotenbori.

Kamu dapat membeli game ini di Steam, beserta dengan lanjutan dari seri Yakuza ini seperti Yakuza Kiwami, Yakuza Kiwami 2, Yakuza 6: The Song of Life, dan juga Yakuza: Like a Dragon.

6. A Plague Tale: Innocence, Rilis Mei 2019 (PC, Xbox, PlayStation, Nintendo Switch)

7 Single-Player Game yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!instagram.com/aplaguetale

Apa rasanya menjadi seseorang yang tinggal dalam wabah mematikan? Di dalam A Plague Tale: Innoncence terbitan Asobo Studio dan Focus Home Interactive, kamu akan berperan sebagai Amicia de Rune dan adik laki-lakinya Hugo sambil lari dari ancaman prajurit Prancis di tengah wabah hitam yang disebarkan oleh tikus liar.

Dimainkan dari sudut pandang orang ketiga, kamu dapat menyelesaikan misi secara sembunyi-sembunyi dengan berbagai peralatan terbatas untuk mengecoh pergerakan prajurit. Kombinasi jalan cerita yang unik serta elemen horor membuat A Plague Tale: Innocence memberikan pengalaman gaming yang sungguh berbeda.

Kamu dapat membeli game ini di Steam maupun Epic Games. Oh iya, sekuel dari game ini yang bernama A Plague Tale: Requiem akan diterbitkan pada tahun 2022 lho! Jangan sampai ketinggalan!

Baca Juga: 7 Game Roblox yang Paling Seru, Termasuk Squid Game!

7. Trine: Enchanted Edition, Rilis Juli 2014 (PC, PlayStation)

7 Single-Player Game yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!instagram.com/frozenbytegames

Bagi kamu yang menyukai game dengan genre action dan teka-teki, Trine: Enchanted Edition bisa menjadi pilihan pertama. Baik prajurit (knight), pencuri (thief), maupun penyihir (wizard), semuanya bersatu untuk menyelamatkan kerajaan dari serangan monster.

Dengan tipe permainan unik yaitu side-scrolling platform, kamu akan dibawa kepada suatu kesan bermain game yang unik. Kamu bisa memilih dari tiga karakter yang ada secara bergantian, setiapnya dengan kemampuan yang unik untuk menyelesaikan rintangan tertentu.

Kamu dapat membeli game ini di Steam, termasuk beberapa sekuelnya yaitu Trine 2, Trine 3: The Artifacts of Power, dan Trine 4: The Nightmare Prince.

8. Grand Theft Auto: San Andreas, Rilis Oktober 2004 (PC, PlayStation, Xbox)

7 Single-Player Game yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup!instagram.com/gta_san_andreas_fanpage

Daftar single-player game terbaik belum lengkap tanpa adanya Grand Theft Auto: San Andreas. Keunikan jalan cerita seorang Carl Johnson alias CJ yang tinggal di Grove Street menjadi daya tarik bagi gamers yang ingin bernostalgia. Dalam game ini, kamu akan bermain sebagai CJ dan mengikuti lika-liku kehidupannya setelah berpulangnya mendiang ibu dari CJ.

Dengan aksi yang ditawarkan oleh game ini, kamu dapat menyelesaikan berbagai misi yang diberikan seiring berjalannya cerita. Penerbit game ini, yaitu Rockstar, memberikanmu kebebasan untuk mengeksplor kota San Andreas dan lebih jauh lagi.

Kamu dapat membeli game ini di Steam. Kalau kamu sudah selesai memainkannya dan masih belum puas, tenang, kamu bisa membeli sekuel terbarunya yaitu Grand Theft Auto V yang pastinya tak kalah seru.

 

Nah, jadi kamu udah pernah main semua game ini belum? Pokoknya wajib dicatat dan dicoba ya, ga akan nyesel deh!

Baca Juga: 5 Game Konami Terbaik Sepanjang Masa, Deretan Game Legenda

Darien Theodric Photo Writer Darien Theodric

Halo! Perkenalkan Saya Darien Theodric, Content Writer yang berfokus saat ini pada tema seputar coffee, entertainment, and art. Nantikan artikel yang informatif dan menarik untuk kalian. Cek Instagram saya @dtheodric. Sampai jumpa!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya