Comscore Tracker

Yuk Biasakan, 6 Kegiatan Produktif Ini Bisa Dilakukan lewat Smartphone

Biar smartphone-mu gak hanya dipakai untuk stalking aja

Pesatnya inovasi yang terus dilakukan oleh perusahaan smartphone dan menjamurnya perusahaan smartphone membuktikan bahwa saat ini smartphone menjadi salah satu benda yang kehadirannya sulit dipisahkan dari kehidupan manusia.

Ngomong-ngomong soal smartphone, hal apa saja yang biasa kamu lakukan dengan smartphone? Umumnya orang-orang menggunakan smartphone untuk memanfaatkan aplikasi sosial media, berkirim pesan, atau menonton video.

Tapi daripada hanya menggunakan smartphone sebagai media hiburan, ada hal produktif lainnya yang bisa kamu lakukan menggunakan smartphone. Apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya.

1. Mendengarkan podcast

Yuk Biasakan, 6 Kegiatan Produktif Ini Bisa Dilakukan lewat Smartphoneunsplash.com/Juja Han

Untuk kamu yang belum tahu, podcast ialah sejenis rekaman percakapan dua orang atau lebih, atau bahkan satu orang saja yang biasanya membahas suatu topik yang spesifik, misalnya pendidikan, finansial, bisnis, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Mendengarkan podcast ibaratnya seperti mendengarkan percakapan seorang ahli dan mendapatkan ilmu dari sana. Sehingga, mendengarkan podcast sangat bagus untuk pembelajaran dan pengembangan diri. Jadi, mulai sekarang kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu dengan mendengarkan podcast untuk menambah pengetahuanmu.

2. Membaca artikel yang sudah kamu bookmark sebelumnya

Yuk Biasakan, 6 Kegiatan Produktif Ini Bisa Dilakukan lewat Smartphoneunsplash.com/Yura Fresh

Internet menyediakan jutaan artikel menarik setiap harinya. Hanya saja terkadang kita tidak memiliki waktu untuk membaca artikel-artikel yang sebenarnya menarik dan penting.

Oleh karena itu, kita kemudian memberikan bookmark atau penanda agar tidak lupa dan bisa membaca artikel tersebut di kemudian hari. Nah, jika kamu memiliki waktu luang, waktu tersebut sangat tepat untuk membaca semua artikel yang sudah kamu bookmark sebelumnya.

3. Mengunsubscribe daftar email spam

Yuk Biasakan, 6 Kegiatan Produktif Ini Bisa Dilakukan lewat Smartphoneunsplash/Yogas Design

Kamu pasti pernah atau bahkan sering mengalami kejadian di mana kamu diharuskan berlangganan atau mensubscribe email jika hendak membuka suatu website. Alhasil, kamu jadi kerap menerima email yang sebenarnya tidak pernah kamu baca atau bisa kita sebut spam.

Nah, tak ada salahnya kalau kamu memeriksa kembali daftar langganan email dan mengunsubscribe apa apa saja yang kiranya hanya memenuhi inbox email tanpa pernah kamu baca.

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habis

4. Uninstall aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan

Yuk Biasakan, 6 Kegiatan Produktif Ini Bisa Dilakukan lewat Smartphoneunsplash.com/David Švihovec

Tak jarang kita mengunduh aplikasi dan menggunakannya hanya untuk satu keperluan tertentu, kemudian setelahnya kita tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut. Walaupun tidak pernah digunakan, tapi terkadang ada aplikasi yang rutin mengirimkan notifikasi sehingga cukup mengganggu, terupdate secara otomatis, atau bahkan memenuhi memori smartphone sehingga memengaruhi performanya.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu meng-uninstal aplikasi yang sekiranya tidak pernah kamu gunakan. Dengan demikian, memori smartphonemu akan jadi lebih lega, memiliki performa yang lebih baik, dan kamu bisa langsung mendownload aplikasi lain yang lebih bermanfaat.

5. Menulis

Yuk Biasakan, 6 Kegiatan Produktif Ini Bisa Dilakukan lewat SmartphonePexels.com/Carlos R

Tidak ada salahnya kamu memanfaatkan waktu luang dan smartphone untuk mengasah kemampuan menulis. Sebab, saat ini kamu bisa menulis di blog atau berbagai platform menulis menggunakan smartphone.

Jadi, daripada membiarkan blogmu sepi tanpa tulisan, lebih baik gunakan waktu luangmu untuk mengupdate postingan di blog. Jika kamu tidak punya blog pribadi, kamu bisa juga mengasah kemampuan menulis di berbagai platform menulis online. Selain meningkatkan kualitas tulisan, menulis di blog pribadi atau platform menulis online juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah lho. Menarik bukan?

6. Menonton video bermanfaat

Yuk Biasakan, 6 Kegiatan Produktif Ini Bisa Dilakukan lewat Smartphoneunsplash.com/Szabo Viktor

Beruntungnya kita yang hidup di era ini adalah, kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi mendengarkan seminar, talk show, atau mencari ilmu dari ahlinya. Sebab, saat ini banyak sekali video-video berfaedah, seperti seminar, talk show inspiratif, tutorial belajar, motivasi, dan masih banyak lagi yang semuanya disampaikan langsung oleh ahlinya.

Nah, untuk mendapatkan ilmu tersebut, yang kamu butuhkan hanyalah smartphone yang sudah terinstall dengan aplikasi YouTube dan sambungan internet. Kemudian kamu bisa menonton video bermanfaat ini kapan pun kamu memiliki waktu luang, seperti saat mengantre, menunggu, istirahat, atau di malam hari.

Demikian tadi beberapa aktivitas produktif yang bisa kamu lakukan hanya dengan bermodalkan smartphone. Semoga setelah ini kita semua bisa memanfaatkan smartphone dengan lebih bijak ya.

Baca Juga: 7 Tip Memilih Pelindung Smartphone yang Baik, Sesuaikan Kebutuhanmu

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya