Comscore Tracker

Ketahui 5 Manfaat Detoks Digital, Ampuh untuk Atasi Kecanduan Gadget

Cobalah dan rasakan manfaatnya!

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, kita menghabiskan lebih banyak waktu sehari-hari untuk mengoperasikan perangkat digital daripada aktivitas lain, ya nggak?

Sebut saja belanja online, menonton film, sistem navigasi, stalking di media sosial, hingga chatting, semuanya bisa dilakukan lewat ponsel. Ketergantungan yang semakin besar pada perangkat digital ini sangat mempengaruhi kehidupan kita.

Itulah mengapa semakin banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan detoksifikasi digital secara berkala. Di bawah ini adalah beberapa manfaat utama dari detoksifikasi digital bagi kehidupan. Biar gak kecanduan!

1. Sejenak berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Ketahui 5 Manfaat Detoks Digital, Ampuh untuk Atasi Kecanduan Gadgetunsplash.com/Erik Lucatero

Sebagian orang, setidaknya sekali, pasti pernah merasa hidupnya tidak cukup baik setelah melihat-lihat akun media sosial. Berbagai foto di media sosial membuat orang-orang pada akhirnya bertanya-tanya, mengapa orang lain bisa mengambil liburan yang begitu menyenangkan, terlihat semakin menawan, dan memiliki keluarga yang sempurna?

Ini karena banyak orang yang terbiasa membandingkan pengalamannya dengan orang lain. Namun, efek kumulatif dari pembanding ini dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental.

Oleh sebab itu, detoks digital memungkinkan kita untuk berhenti membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain, setidaknya selama beberapa waktu. Yang kemudian memberikan kesempatan kita untuk memulihkan kesehatan mental.

2. Memutus siklus kebiasaan yang buruk

Ketahui 5 Manfaat Detoks Digital, Ampuh untuk Atasi Kecanduan Gadgetpexels.com/RF._.Studio

Bagi banyak orang, tindakan seperti memeriksa ponsel atau perangkat digital lainnya telah menjadi kebiasaan yang tidak disadari. Banyak orang yang melakukan hal tersebut tanpa memikirkannya. Padahal, ini adalah kebiasaan yang tidak kita butuhkan, bahkan cenderung buruk.

Sebab, kadang kebiasaan ini menyebabkan kita merasa gatal untuk memeriksa ponsel, meskipun situasinya tidak tepat, misalnya saat sedang rapat. Terlebih, sulit untuk keluar dari siklus buruk ini jika dilakukan dengan setengah-setengah. Tetapi, penghentian total melalui detoksifikasi digital menciptakan keadaan yang sempurna hingga akhirnya kita bisa menghentikan kebiasaan buruk ini.

Baca Juga: Kamu Kecanduan Media Sosial? Waspadai Sindrom FOMO

3. Mengurangi kebiasaan multitasking

Ketahui 5 Manfaat Detoks Digital, Ampuh untuk Atasi Kecanduan Gadgetpexels.com/Christopher Niño

Adanya ponsel di dekat kita biasanya membuat kita akan mencoba untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus. Tanpa ponsel, secara otomatis kamu akan lebih fokus pada tugas yang ada.

Kamu akan mendapati dirimu mampu melakukan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, dan dalam banyak kasus hasilnya jauh lebih baik dan lebih memuaskan daripada saat kamu melakukan banyak tugas.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Ketahui 5 Manfaat Detoks Digital, Ampuh untuk Atasi Kecanduan Gadgetpexels.com/Ketut Subiyanto

Bukti juga menunjukkan bahwa penggunaan perangkat digital, terutama sebelum waktu tidur, dapat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur. Satu studi dalam Global Pediatric Health, menemukan bahwa anak-anak yang menggunakan perangkat digital pada waktu tidur secara signifikan mengalami kurang tidur dan kualitas tidur yang lebih buruk.

Studi ini juga didukung oleh penelitian lain dalam jurnal Sleep Health, yang menemukan bahwa penggunaan media sosial elektronik di tempat tidur memiliki efek buruk pada tidur dan suasana hati.

Hasil penelitian menemukan bahwa menggunakan media sosial saat berada di tempat tidur pada malam hari meningkatkan kemungkinan kecemasan, insomnia, dan durasi tidur yang lebih pendek.

Oleh sebab itu, detoksifikasi digital sangat penting untuk memperbaiki kualitas tidur. Minimal menghentikan penggunaan perangkat digital di malam hari.

5. Mampu membangun hubungan yang lebih baik

Ketahui 5 Manfaat Detoks Digital, Ampuh untuk Atasi Kecanduan Gadgetpexels.com/Jack Sparrow

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Forbes, 3 dari 5 orang mengklaim bahwa mereka menghabiskan lebih banyak waktu dengan perangkat digital dibandingkan dengan pasangan mereka. Kondisi ini dapat menjadi ancaman dalam membangun dan memelihara hubungan yang baik di kehidupan nyata.

Lain kali, saat kamu sedang bersama pasanganmu, cobalah meninggalkan ponsel agar bisa lebih fokus menikmati waktu bersama pasangan. Dengan demikian, pasanganmu akan berterima kasih karena merasa dihargai.

 

Itulah tadi beberapa manfaat dari detoks digital. Jadi, sudahkah kamu mencoba detoksifikasi digital? Jika sudah, apakah manfaat terbesar yang kamu rasakan?

Baca Juga: Kecanduan Gadget? Ini 9 Cara Menguranginya Agar Bisa Produktif

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya