Comscore Tracker

Sering Disepelekan, Ini 6 Kebiasaan Penyebab Laptop Cepat Rusak

Jangan diremehkan ya!

Di zaman yang serba digital ini, keberadaan laptop menjadi sama pentingnya dengan ponsel. Selain memudahkan untuk mengerjakan tugas sekolah maupun pekerjaan kantor, laptop juga sering sekali dibuat untuk berchatting ria dan menonton film secara online.

Namun, terkadang laptop menjadi lebih mudah rusak karena beberapa faktor, salah satunya yaitu kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan, tetapi sering sekali kamu anggap sepele. Padahal kebiasaan tersebut justru dapat menyebabkan kerusakan pada laptop yang kamu miliki.

Berikut ulasan 6 kebiasaan yang sering dianggap sepele, namun dapat membuat laptop menjadi cepat rusak. Dihindari ya kebiasaan ini!

1. Charge laptop saat baterai di atas 30%

Sering Disepelekan, Ini 6 Kebiasaan Penyebab Laptop Cepat Rusakunsplash.com/lewis ngugi

Sebaiknya kamu tidak mengisi ulang daya baterai laptop kamu saat baterai masih diatas 30%, mengapa? Karena mengisi daya saat baterai di atas 30%, akan membuat kemampuan baterai dalam menyimpan daya menjadi semakin berkurang dan membuat baterai laptop menjadi lebih cepat rusak. Lebih baik kamu charge baterai laptop saat sudah 10%.

2. Meletakkan laptop di atas tempat yang empuk dan lembut

Sering Disepelekan, Ini 6 Kebiasaan Penyebab Laptop Cepat Rusakunsplash.com/nicole honeywill

Menaruh laptop di atas tempat yang empuk dan lembut seperti kasur dan sofa juga dapat memicu laptop menjadi cepat rusak lho, mengapa? Karena kasur dan sofa merupakan benda yang tidak bisa menyerap panas, sehingga lubang-lubang sirkulasi udara di bawah laptop akan tertutup.

Hal ini akan mengakibatkan laptop yang sedang dioperasikan menjadi lebih cepat panas, dan tentunya hal ini bisa menyebabkan overheat pada komponen laptop. Kerusakan pun akan terjadi jika kebiasaan meletakkan laptop diatas tempat yang lembut dan empuk ini tidak segera dihentikan.

3. Jarang membersihkan laptop

Sering Disepelekan, Ini 6 Kebiasaan Penyebab Laptop Cepat Rusaktechopti.com

Para pengguna laptop sering sekali menyepelekan kebersihan laptopnya, padahal kebiasaan sepele seperti ini dapat membahayakan kondisi laptop lho. Debu yang menempel di komponen-komponen yang ada dalam laptop, jika dibiarkan akan mengganggu kinerja laptop.

Selain itu, debu yang menempel di layar, juga akan mengganggu tampilan yang ada di layar monitor. Tentunya kamu tidak ingin bukan kegiatan browsing kamu jadi terganggu gara-gara debu yang menempel di layar monitor tersebut? Maka sebaiknya bersihkan secara rutin bagian luarnya paling tidak seminggu sekali, dan untuk bagian dalamnya 3 bulan sekali.

Baca Juga: Ternyata 7 Hal Sepele Ini Bikin Laptopmu Berumur Panjang!

4. Meletakkan minuman di dekat laptop

Sering Disepelekan, Ini 6 Kebiasaan Penyebab Laptop Cepat Rusakunsplash.com/bram naus

Sering sekali orang-orang menaruh minumannya di dekat laptop saat mengoperasikan gadget tersebut, dengan tujuan untuk memudahkan menjangkau minumannya saat ia sedang haus. Padahal, jika minuman tersebut tumpah dan mengenai laptop, maka dapat memicu kerusakan pada laptop lho. Laptop merupakan salah satu benda elektronik yang tidak tahan terhadap cairan dan beresiko akan mengalami kerusakan jika saat dioperasikan terkena cairan, seperti tumpahan air maupun kopi.

Jika laptop kamu sudah terlanjur terkena cairan, maka sebaiknya segera matikan laptopmu, kemudian lepaskankan semua komponen-komponen yang ada di dalamnya, seperti baterai dan juga yang lainnya. Setelah itu, keringkan semua komponen-komponen tersebut, dan jika sudah mengering, baru kamu pasang kembali komponen-komponen tersebut seperti semula.

5. Menaruh ponsel dekat laptop

Sering Disepelekan, Ini 6 Kebiasaan Penyebab Laptop Cepat Rusakunsplash.com/stefen tan

Kebanyakan orang menaruh ponselnya di dekat laptop saat ia sedang mengerjakan tugas dari sekolah maupun dari kantor, padahal kebiasaan sepele tersebut dapat memicu kerusakan pada laptop lho.

Ponsel dapat mengeluarkan medan magnet, yang tentunya akan berbahaya jika diletakkan dekat dengan benda yang juga memiliki medan yang sama, seperti laptop. Hal tersebut tidak hanya akan merusak laptop, tetapi juga akan merusak ponselmu. Sebaiknya beri jarak antar kedua gadget tersebut sekitar 15-20 cm.

6. Membiarkan baterai laptop habis sama sekali

Sering Disepelekan, Ini 6 Kebiasaan Penyebab Laptop Cepat Rusakunsplash.com/daniel korpai

Segera charge baterai laptop kamu jika sudah baterainya sudah mencapai 10%, karena jika kamu mengisi dayanya saat sudah 0%, lama kelamaan akan membuat baterai laptop kamu menjadi cepat drop. Tentunya jika kebiasaan charge laptop saat sudah 0% ini tidak segera kamu hentikan, maka akan membuat laptopmu menjadi lebih cepat rusak.

Itulah ulasan singkat dari 6 kebiasaan yang dapat membuat laptopmu menjadi cepat rusak. Sebaiknya segera hilangkan kebiasaan tersebut jika ingin laptopmu dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: 9 Aksesori Pendukung Laptop Ini Wajib Kamu Miliki, Apa Saja?

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You