Ponselmu Error? Jangan Buru Diservice, Masukkan Kulkas Saja

Nah, kamu pasti kaget kan? Makanya baca 4 trik pertolongan pertama ketika ponselmu error, berikut ini

Tentu saja kamu pasti kesal ketika smartphone tiba-tiba error. Apalagi saat sedang asyik-asyiknya surfing di dunia maya atau sedang bermain game. Smartphone error biasanya terjadi karena oleh banyak hal. Seperti pemakaian yang berlebihan, digunakan saat melakukan charging, dan sebagainya. Tingkat kerusakannya pun bermacam-macam. Dari layar yang tidak berfungsi, mati mendadak, smartphone mengetik sendiri seperti ada hantu yang pakai, dan bahkan layar menjadi biru (blank).

Namun kamu tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya smartphone memiliki sistem pemulihan otomatis. Biasanya error terjadi karena sistem berupaya mencegah kerusakan yang semakin parah. Untuk itu, kamu jangan buru-buru service smartphone kamu ke bengkel. Lakukan hal ini sebagai langkah awal perbaikan.

Mendinginkan Mesin

Ponselmu Error? Jangan Buru Diservice, Masukkan Kulkas Sajahttps://buzznigeria.com

Smartphone memiliki mesin yang hampir bekerja selama 24 jam penuh. Bahkan bagi penggila medsos dan gaming, kehilangan daya baterai smartphone bagaikan seperti neraka. Padahal smartphone tetap membutuhkan istirahat sama seperti kamu. Pemakaian yang berlebihan akan menyebabkan over heating atau panas berlebihan. Mesin dipaksa bekerja tanpa henti sehingga membuat kinerja mesin menjadi melambat. Smartphone menggunakan processor untuk menjalankan seluruh aplikasi.

Cara pertama menanganinya adalah mendinginkan smartphone dengan berhenti menggunakannya untuk sementara. Matikan daya smartphone jika tombol Shut Down masih dapat berfungsi dan lepaskan penutup baterai, dan letakkan pada kipas angin agar mesin cepat dingin. Tetapi jangan melepas baterai dari smartphone karena pada saat over heating, biasanya baterai masih pada kondisi aktif.

Jika smartphone kamu tidak dapat di-shut down, kamu bisa mendinginkannya dengan memasukkan ke dalam kulkas selama 15 menit. Tentunya kamu pasti kaget ya, kok smartphone masuk kulkas. Smartphone sebenarnya dapat bertahan pada cuaca minus 10 derajat celcius. Bahkan memasukkannya ke dalam kulkas akan membuat kinerja smartphone semakin baik.

Memindahkan Isi Data Dari Smartphone

Ponselmu Error? Jangan Buru Diservice, Masukkan Kulkas Sajahttps://www.iab.com/

Banyak orang menyangka bahwa kapasitas memori smartphone yang besar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Padahal kapasitas memori internal tersebut hanya dapat dipakai 80% saja. Memori pada smartphone didukung oleh Random Access Memory (RAM), dan biasanya kapasitas memori internal akan menyesuaikan RAM yang digunakan. Semakin besar memori internal smarthphone, semakin besarlah RAM yang disematkan.

Nah, jika smartphone kamu sudah mulai melambat atau error, kamu harus menghapus data di dalam memori internal kamu. Atau setidaknya kamu pindahkan data ke Laptop jika sayang menghapus foto-foto dan video keren kamu. Memori eksternal yang ditambahkan pada smartphone juga tidak boleh terisi penuh. Karena kinerja RAM akan semakin melambat.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Ponselmu Error? Jangan Buru Diservice, Masukkan Kulkas Sajahttp://www.bedahtekno.com

Begitu banyak aplikasi yang menggugah selera kamu untuk didownload. Playstore saja menyediakan berjutaan aplikasi yang beraneka ragam. Seperti aplikasi editor foto, video, bahkan aplikasi chating yang terkadang tidak kamu butuhkan.

Aplikasi tersebut akan menggunakan memori internal dan RAM agar dapat bekerja. Semakin banyak aplikasi yang kamu install pada smartphone kamu, maka akan semakin lambat kinerjanya. Hapus aplikasi yang terasa jarang digunakan, atau setidaknya hapus data aplikasi pada pengaturan smartphone.

Sebagai contoh aplikasi Facebook akan menghabiskan memori sebanyak 300 Mb dan fitur chat Facebook menghabiskan memori sebanyak 283 Mb. Tentu saja kita tidak perlu menghapus aplikasi tersebut. Kamu cukup menghapus data pada setelan Aplikasi di menu pengaturan. Hanya saja kamu akan sign out dari aplikasi tersebut. Sehingga perlu sign-in kembali untuk menggunakannya kembali.

Menginstall Smartphone

Ponselmu Error? Jangan Buru Diservice, Masukkan Kulkas Sajahttps://www.youtube.com

Cara terakhir untuk mengatasi error pada smartphone kamu adalah dengan menginstall ulang smartphone tersebut. Setiap smartphone dibekali dengan fitur setelan pabrik yang bertujuan untuk mengembalikan seluruh kondisi smartphone ke setelan awal saat kamu membeli. Kamu bisa menemukan fitur setelan pabrik ini pada pengaturan smartphone. tetapi sebaiknya kamu memback-up semua data kamu, dari no kontak, foto, video, dan lainnya.

Jika kondisi smartphone kamu dalam posisi mati, kamu bisa menggunakan cara hard reset. Hard reset adalah teknik install ulang yang memaksakan perangkat untuk mereboot sistem. Setiap smartphone memiliki mode hard reset yang berbeda-beda.

Seperti perangkat smartphone Samsung, kamu cukup menekan tombol Volume Up, Menu, dan Power secara serentak. Setelah itu akan muncul tampilan "Format Divice", dan tekan tombol Power untuk perintah Ok.

Setiap orang bisa melakukan keempat cara tersebut, dan kebanyakan mampu meningkatkan kinerja smartphone. Tetapi, jika kamu lebih yakin untuk merawat smartphone kamu di bengkel, disarankan untuk langsung menginstall ulang saja. Karena permasalahan smartphone error kebanyakan pada sistem yang tidak stabil, bukan pada hardware.

Etro Jaya Sinaga Photo Writer Etro Jaya Sinaga

Menulis untuk kesenangan pribadi dan mencoba menyenangkan orang lain. Kunjungi Blog Pribadi ku : satuklikberita.blogspot.co.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya