Comscore Tracker

5 Cara Atasi Kartu SD Tidak Terbaca di Ponsel tanpa Format 

Jangan panik dulu apalagi sampai beli yang baru ya! 

Penyimpanan eksternal tentu menjadi sesuatu yang cukup penting untuk sebagian orang pengguna android. Khususnya bagi mereka yang gemar mengoleksi foto, video, audio dalam jumlah yang tidak sedikit. Apalagi bagi mereka yang penyimpanan internal ponselnya di bawah 128 gb tentu masih membutuhkan space yang lebih besar lagi. Oleh karena itu, penggunaan kartu memori menjadi alternatif yang tepat sebagai wadah penyimpanan data mereka.

Namun, kartu SD juga terkadang mengalami beberapa kendala. Mulai dari kartu SD yang tidak terbaca oleh ponsel atau yang lebih parah harus memulihkan data kartu SD.

Jika di ponsel android terdapat notifikasi 'kartu SD tidak terbaca', maka jangan panik dan tergesa membeli yang baru. Berikut ini beberapa upaya untuk mengatasi kartu SD yang tidak dapat terbaca di ponsel tanpa harus format kartu SD atau dengan bantuan komputer!

1. Lepas kartu SD dari slot micro SD 

5 Cara Atasi Kartu SD Tidak Terbaca di Ponsel tanpa Format ilustrasi kartu SD yang sudah dilepas (istockphoto/Llgorko)

Munculnya notifikasi 'kartu SD tidak terbaca', biasanya karena pemasangan kartu SD yang tidak pas. Langkah yang perlu diambil adalah melepas kartu SD, kemudian memasangnya kembali dengan benar.

Sebelum melepas kartu SD, sebaiknya ponsel dalam kondisi mati. Setelah itu, hidupkan ponsel dan lihat hasilnya. Jika notifikasi tersebut sudah hilang, maka kartu SD sudah terdeteksi. Untuk lebih pasti bisa pula dicek lewat file manager.

2. Bersihkan kuningan kartu SD dengan penghapus karet 

5 Cara Atasi Kartu SD Tidak Terbaca di Ponsel tanpa Format ilustrasi kartu SD (istockphoto/deepblue4you)

Penggunaan kartu SD dalam jangka waktu yang lama dan kebiasaan lepas-pasang kartu SD bisa menyebabkan kartu SD menjadi kotor. Alhasil kartu SD tidak dapat terbaca di ponsel.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menggosok bagian kuningan kartu SD. Lakukan secara hati-hati dengan penghapus karet yang bersih.

Baca Juga: 3 Cara Mengubah Format Tanggal di Excel, Gak Perlu Manual

3. Pergi ke pengaturan ponsel dan pilih opsi "pasang kartu SD" atau "lepas kartu SD"

5 Cara Atasi Kartu SD Tidak Terbaca di Ponsel tanpa Format ilustrasi memegang smartphone (istockphoto/Charday Penn

Dilansir Androidrecovery, cara ketiga ini terbukti untuk mengatasi masalah kartu SD tidak terdeteksi di ponsel. Caranya adalah dengan mengunjungi menu pengaturan pada ponsel kemudian pilih penyimpanan, cari bagian kartu SD. Setelah itu, tinggal pilih opsi "lepas kartu SD" atau "pasang kartu SD".

 4. Pasang kartu SD di ponsel yang lain 

5 Cara Atasi Kartu SD Tidak Terbaca di Ponsel tanpa Format ilustrasi memasang kartu SD (istockphoto.com/Pheelings Media)

Setelah melakukan ketiga cara di atas dan tidak berhasil, langkah yang selanjutnya adalah dengan melakukan uji coba kartu SD pada ponsel lain. Jika setelah dipindahkan ternyata bisa terbaca, ada kemungkinan bukan memory card yang rusak, melainkan slot kartu memorinya.

Namun, tidak salahnya kita coba memasangnya kembali di ponsel kita. Tidak menutup kemungkinan setelah dites di ponsel lain lalu dipasang kembali ke ponsel sendiri, kartu memori bisa terbaca lagi.

5. Melakukan reset data pabrik pada ponsel

5 Cara Atasi Kartu SD Tidak Terbaca di Ponsel tanpa Format ilustrasi reset ponsel (istockphoto.com/undefined undefined)

Salah satu penyebab kartu SD tidak terbaca adalah sistem perangkat lunak yang bermasalah. Oleh karena itu, perlu melakukan reset data pabrik agar kartu SD bisa terdeteksi kembali di ponsel. Perlu diingat sebelum melakukan reset data pabrik, pastikan mem-backup data terlebih dahulu ke perangkat yang lain.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca di Laptop, Mudah Kok!

Fajriyatun Najah Photo Writer Fajriyatun Najah

Penyuka aksara dan segala hal berbau sederhana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya