Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Boros

Bikin baterai awet kapan pun dan dimana pun

Smartphone sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang di era modern. Tanpa smartphone, mungkin aktivitas sehari-hari akan terganggu dan tidak maksimal.

Setiap smartphone memiliki baterai yang seiring penggunaanya lama kelamaan akan habis. Tak jarang, akibat penggunaan berlebih, baterai smartphone kamu jadi lebih cepat habis alias lebih boros dari yang diwajarkan. Biar lebih awet sepanjang hari, intip dulu sederet tips mengatasi baterai smartphone boros berikut ini, yuk! 

1. Menurunkan rasio menyegarkan layar

5 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Borosilustrasi iphone (unsplash.com/Nathana Rebouças)

Kamu dapat mencoba menurunkan rasio menyengarkan layar atau refresh rate pada smartphone kamu yang berguna untuk mengurangi konsumsi daya pada baterai. Semakin tinggi refresh rate sebuah layar, maka akan semakin tinggi konsumsi daya yang digunakan. Proses ini mengacu pada berapa kali per detik layar dapat membuat gambar baru.

Cara ini hanya berlaku untuk pengguna smartphone yang memiliki spesifikasi yang lebih dari satu pilihan refresh rate, yaitu antara 60Hz - 240Hz. Jika smartphone versi jadul umumnya hanya dilengkapi dengan refresh rate hingga 60Hz saja.

2. Membatasi penggunaan data

5 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Borosilustrasi iphone (unsplash.com/Frederik Lipfert)

Pada umumnya, aplikasi smartphone akan bekerja secara otomatis di balik layar meski tidak sedang digunakan. Oleh karena itu, sistem membutuhkan energi tambahan untuk bekerja di balik layar yang menyebabkan baterai smartphone cepat terkuras.

Cara yang bisa kamu terapkan untuk membatasi penggunaan data adalah:

  1. 1. Pilih aplikasi yang ingin kamu dibatasi penggunaannya. Tahan menggunakan jari apikasi yang ingin dibatasi sampai muncul tulisan "info aplikasi " atau simbol " i ".
  2. Setelahnya, kamu akan otomatis di arahkan ke info aplikasi.
  3. Kemudian pilih "batasi penggunaan data". Tekan tanda centang di sebelah kanan. Pastikan tanda tersebut sudah unchecked.
  4. Jika sudah selesai, kamu bisa membuka aplikasi kamu seperti biasa.

Jika ingin mengaktifan datanya kembali, kamu bisa lakukan langkah sebaliknya dari cara yang telah diterangkan di atas. Kamu bisa juga membuka aplikasi jika ada notifikasi yang muncul. Kemudian, tekan "izinkan" untuk menyalakan datanya kembali.

Baca Juga: Cara Merawat Baterai Handphone agar Tidak Cepat Rusak

3. Atur tingkat kecerahan layar

5 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Borosilustrasi android (unsplash.com/Christian Wiediger)

Kecerahan layar sangat memengaruhi konsumsi daya baterai pada smartphone. Semakin tinggi kecerahan suatu layar, maka akan semakin tinggi pula daya yang dibutuhkan. Pengaturan kecerahan layar yang ideal untuk kamu atur antara 20 persen - 50 persen (jika di dalam ruangan).

Jika kamu berada di luar ruangan, kamu dapat mengatur tingkat kecerahan antara 70 persen - 80 persen agar kamu dapat melihat layar smartphone kamu dengan lebih jelas. Pengaturan ini sangat berguna jika kamu berada di beberapa tempat dengan intensitas cahaya yang berbeda-beda.

4. Mengaktifkan mode hemat baterai

5 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Borosilustrasi android samsung (unsplash.com/Onur Binay)

Smartphone memiliki fitur khusus yang dapat memudahkan penggunanya. Pada umumnya, smartphone sudah dilengkapi dengan fitur Power Saving Mode atau Mode hemat Daya. Fitur tersebut dapat menggatur penggunaan daya dan sistem secara otomatis.

Saat mode ini diaktifkan, performa dari gadget akan menurun karena otomatis mematikan beberapa aplikasi dan sistem yang sedang berjalan. Fitur ini akan membatasi kecerahan layar, WiFI, koneksi internet, hingga GPS. Cara ini sangat efektif kamu terapkan agar penggunaan daya baterai mampu bertahan lebih lama.

5. Mengatur volume

5 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Borosilustrasi iphone x membuka spotify(unsplash.com/Mildly Useful)

Ternyata mengatur volume juga dapat memengaruhi penggunaan daya baterai, lho! Jika ingin mendengarkan musik atau menonton YouTube, sebaiknya gunakan headset, earphone, atau speaker agar suara yang dihasilkan lebih jelas tanpa harus mengeraskan volume.

Oleh karena itu, aksesoris smartphone seperti headset perlu kamu gunakan untuk turut membantu mengurangi konsumsi penggunaan daya. Meski terkesan simpel, cara ini cukup efektif, lho!

Langsung terapkan sederet tips mengatasi baterai smartphone boros di smartphone kamu sendiri, ya! Jangan lupa like dan share artikel ini jika cara beberapa cara di atas terbukti ampuh dalam menghemat baterai smartphone kamu!

Baca Juga: Begini Cara Aman Mengisi Baterai Ponsel di Sepeda Motor

Glen Andry Photo Writer Glen Andry

No Game No Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya