Comscore Tracker

4 Fitur ZenBook Pro Duo, Laptop Asus dengan Dukungan Layar Ganda

Ini laptop keren untuk masa depan

Asus sekali lagi mengejutkan masyarakat dunia dengan hadirnya laptop yang digadang-gadang sebagai laptop masa depan dengan slogannya The Laptop of Tomorrow. Pada perhelatan yang diadakan di kandang Asus sendiri di Taiwan pada acara Computex, Asus memperkenalkan laptop tidak dengan 1, tetapi 2 layar sekaligus. 

Laptop futuristik itu diberi nama ZenBook Pro Duo. Seperti apa spesifikasi laptop dua layar Asus? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Ada 2 layar 4K sekaligus

4 Fitur ZenBook Pro Duo, Laptop Asus dengan Dukungan Layar GandaHardware Zone

ZenBook Pro Duo tidak hanya menawarkan 1 layar, tetapi 2 layar berkualitas 4K sekaligus. Inilah yang menjadi nilai jual utama pada Zenbook Duo Series. Terdapat layar 15 inci 16:9 (3840 x 2160) panel OLED. Layar utama ini memiliki wide angle view sebesar 178 derajat serta 89% screen-to-body ratio. Kemudian pada bagian atas keyboard terdapat layar 32:9 IPS yang dinamakan "ScreenPad Plus" yang memiliki ukuran sama persis seperti pada keyboard.

Akan tetapi, bahan material layar ini tidak sama dengan layar utama. Layar utama memiliki material seperti glossy sedangakn layar tambahan berbahan seperti doff, dikarenakan agar ketika pengguna melihat ke layar 2, lampu yang menyinari tidak memantul sehingga akan lebih mudah untuk dilihat oleh pengguna dari posisi duduk normal.

2. Desain futuristik dan elegan

4 Fitur ZenBook Pro Duo, Laptop Asus dengan Dukungan Layar GandaThe Verge

Tidak seperti pada touchbar pada Macbook Pro, touchbar milik Apple, ZenBook Pro Duo tetap memasukkan semua fitur-fitur keyboard seperti tombol escape dan function row. Asus mendesain trackpadnya pada posisi di kanan keyboard, tidak seperti laptop-laptop pada umumnya. Desain dari laptop ini sendiri sangat mirip dengan Asus ROG Zephyrus dengan ketipisannya dan trackpad yang dapat digunakan sebagai numpad.

Desain ergonomis pada lini seri ZenBook tetap diadopsi pada seri ZenBook baru ini yaitu layar laptop yang sekaligus untuk mengangkat laptop agar sirkulasi udara tidak tertutup dan membuat laptop panas ketika pemakaian normal maupun berat.

Berat laptop ini menurut halaman resmi Asus yaitu 2,5 kg dengan ketebalan mencapai 2,4 cm, serta panjang dan lebar masing-masing 35,9 cm dan 24,6 cm.

Baca Juga: 5 Laptop Terbaik dengan Layar Resolusi 4K, Gambar Detail dan Tajam

3. Prosesor dan grafis setara laptop gaming

4 Fitur ZenBook Pro Duo, Laptop Asus dengan Dukungan Layar GandaGadgetren

Jika seri-seri sebelumnya Asus memasukkan grafis yang tidak terlalu 'wah' pada seri ZenBook, kali ini Asus mempercayakan produk terbarunya dengan seri grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 dengan video memori 6GB GDDR6 VRAM. Jadi sudah tidak perlu ditanyakan kekuatan dan performa dari laptop ini sehingga dibuat untuk gaming dan merender foto/video sekalipun tidak perlu khawatir akan kata-kata lag. Layar kedua dari laptop ini pun dapat digunakan untuk live streaming, aplikasi voice chat seperti discord, dan lain-lain.

 Untuk prosesor pada Zenbook Pro Duo, Asus menawarkan 2 pilihan kepada calon pembeli, yaitu Intel Core i9-9980HK processor atau Intel Core i7-9750H processor. Operating System yang diberikan dan disarankan oleh Asus adalah Windows 10 Pro.

Memori yang ditawarkan Asus terdapat 8GB / 16GB / 32GB 2666MHz DDR4. Untuk penyimpanannya sendiri Asus menawarkan 3 pilihan, 256GB PCIe x2 / 512GB PCIe x2 / 1TB PCIe x4.

4. Kamera dan fitur-fitur lainnya

4 Fitur ZenBook Pro Duo, Laptop Asus dengan Dukungan Layar Gandatrustedreviews.com

Asus tidak lupa melengkapi seri ZenBook terbarunya ini dengan fitur-fitur kecil namun tetap penting. ZenBook Pro Duo dilengkapi dengan InfraRed Camera yang bekerja sama dengan Windows Hello sehingga dapat digunakan pengguna untuk log in kedalam akun pengguna.

Baca Juga: 5 Laptop Murah yang Cocok Untuk Mahasiswa, Spesifikasinya Mumpuni!

Hansel Davin Sugiarto Photo Verified Writer Hansel Davin Sugiarto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You