Apple MacBook Air M3 Hadir di Indonesia, Cek Harganya!

Bertenaga chip terbaru yang makin kencang dan hemat daya

Apple telah resmi mendaratkan perangkat terbaru mereka yang diberi nama MacBook Air M3 di Indonesia. Sebelum Apple MacBook Air M3 hadir di Indonesia, seri ini sudah diperkenalkan terlebih dahulu secara global pada awal Maret 2024 lalu. Kehadiran MacBook Air M3 ini merupakan kelanjutan dari generasi sebelumnya (MacBook Air M2) dengan membawa sejumlah pembaruan, salah satunya adalah penggunaan chip Apple M3.

Selain itu, laptop Apple ini juga hadir dalam dua ukuran layar (13 dan 15 inci) yang sama-sama menggunakan Liquid Retina dengan kedalaman 1 miliar warna dan resolusi hingga 2 kali lipat dari laptop PC setara. Dengan begitu, pengguna dapat menikmati hasil foto atau video secara menakjubkan yang mendukung kontras, detail, dan tampilan teks secara maksimal. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai harga MacBook Air M3 di Indonesia, langsung saja simak pembahasannya pada artikel berikut.

1. Bertenaga chip Apple M3 yang makin efisien dari generasi sebelumnya

Apple MacBook Air M3 Hadir di Indonesia, Cek Harganya!MacBook Air M3 (apple.com)

Sebelum membahas soal harga MacBook Air M3, mari kita terlebih dahulu memahami tentang spesifikasi hardware nya. MacBook terbaru dari Apple ini merupakan penerus dari generasi sebelumnya, yakni MacBook Air M2. Oleh karena itu, ia didukung oleh chip terbaru yang dikenal dengan sebutan Apple M3. Berdasarkan informasi dari apple.com, prosesor ini dilengkapi dengan CPU 10-core, GPU 10-core, dan Neural Engine 16-core. Apple mengklaim bahwa komponen-komponen ini mampu meningkatkan kinerja hingga 20 persen dibanding chip Apple M2. Bahkan, Apple menyatakan bahwa chip pada MacBook Air terbaru ini 60 persen lebih cepat dibanding chip M1 dan 13x lebih cepat daripada MacBook Air berbasis Intel tercepat.

Disamping itu, prosesor ini telah menggunakan teknologi 3nm yang memberikan kinerja cepat dan daya tahan baterai lebih lama hingga 18 jam. Selain menawarkan kekuatan CPU yang lebih efisien, prosesor M3 ini juga sudah dilengkapi dengan dukungan ray tracing, mesh shading, dan dynamic caching. Sementara untuk kapasitas memori, prosesor tersebut didukung oleh unified memory (RAM) 8/16GB dan penyimpanan SSD 256/512GB.

Dengan demikian, pengguna dapat merasakan kecepatan dalam berbagai tugas di laptop terbaru ini, seperti produktivitas sehari-hari dan pengeditan foto atau video. Supaya makin komplet, MacBook Air M3 ini juga sudah mendukung dekode AV1 sehingga dapat memberikan pengalaman menonton video yang lebih berkualitas saat melakukan streaming.

Baca Juga: 7 Emulator PS3 Android dan PC Terbaik, Mainkan Game Favorit

2. Harga Apple MacBook Air M3 13 inci

Apple MacBook Air M3 Hadir di Indonesia, Cek Harganya!MacBook Air M3 (apple.com)

MacBook Air M3 hadir dalam dua pilihan ukuran layar, yaitu 13 inci dan 15 inci. Pada varian MacBook Air M3 13 inci, desainnya tipis dan ringan dengan dimensi 1,13 x 30,41 x 21,5 cm dan bobot hanya 1,24 kg. Hal ini memungkinkan pengguna dapat melakukan pekerjaan, bermain, atau berkreasi di mana pun. Selain sebagai laptop yang sangat portabel, MacBook Air M3 juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, seperti Wi-Fi 6E, Bluetooth v5.3, kamera FaceTime HD 1080p, touch ID, baterai lithium-polymer terintegrasi 52,6 Whr, dan lain sebagainya.

Dari segi tampilan visual, MacBook Air M3 dilengkapi dengan layar Liquid Retina 13 inci yang menggunakan lampu latar LED dan teknologi IPS. Layar ini menawarkan resolusi 2560 x 1664 piksel (224ppi) dengan kecerahan puncak 500nits, kedalaman warna 1 miliar, dan teknologi True Tone sehingga semua konten akan terlihat sangat jelas dan memanjakan mata. Harga MacBook Air M3 13 inci adalah sebagai berikut:

  • MacBook Air 13 inci 256 GB, Apple M3 chip (CPU 8-core, GPU 8-core, 8GB) dijual Rp18,9 jutaan;
  • MacBook Air 13 inci 512 GB, Apple M3 chip (CPU 8-core, GPU 10-core, 8GB) dijual Rp22,9 jutaan;
  • MacBook Air 13 inci 512 GB, Apple M3 chip (CPU 8-core, GPU 10-core, 16GB) dijual Rp25,9 jutaan.

3. Harga Apple MacBook Air M3 15 inci

Apple MacBook Air M3 Hadir di Indonesia, Cek Harganya!MacBook Air M3 (apple.com)

Apple MacBook Air M3 menonjolkan desain yang sangat ramping dan ringan. Namun, perangkat dengan layar 15 inci (2880 x 1864 piksel) menawarkan dimensi yang lebih luas berukuran 1,15 x 34,04 x 23,76cm dengan bobot 1,51kg. Meski sedikit lebih berat dari saudaranya, perangkat ini jelas lebih unggul untuk kegiatan multitasking atau hiburan berkat layar yang lebih memuaskan. Tidak hanya itu, Apple juga melengkapi perangkat ini dengan Magic Keyboard yang dilengkapi lampu latar, Touch ID, dan Trackpad Force Touch sehingga  memastikan berbagai kegiatan berjalan secara lancar.

Selain menawarkan layar yang lebih luas dan jernih, laptop ini juga dilengkapi dengan baterai lithium-polymer terintegrasi berkapasitas 66,5 Whr. Seluruh model MacBook Air M3 2024 hadir dalam empat pilihan warna yang sama, yakni space grey, silver, starlight, dan midnight. Adapun harganya sebagai berikut:

  • MacBook Air 15 inci 256 GB, Apple M3 chip (CPU 10-core, GPU 8-core, 8GB) dijual Rp 22,49 juta
  • MacBook Air 15 inci 512 GB, Apple M3 chip (CPU 10-core, GPU 8-core, 8GB) dijual Rp 26,49 juta
  • MacBook Air 15 inci 512 GB, Apple M3 chip (CPU 10-core, GPU 16-core, 16GB) dijual Rp 29,49 juta   

Sebagai Apple fanboy, kabar resminya Apple MacBook Air M3 hadir di Indonesia tentu sudah dinanti-nanti. Apalagi kehadiran chip Apple M3 digadang-gadang lebih unggul daripada versi sebelumnya. Terlebih lagi, spesifikasi MacBook Air M3 ini sangat sesuai untuk berbagai keperluan, mulai dari tugas kuliah hingga pengguna yang menginginkan kombinasi performa, portabilitas, dan daya tahan baterai yang optimal dalam desain tanpa kipas.

Baca Juga: 9 Fitur AI Apple yang Diluncurkan pada WWDC 2024, Secanggih Apa?

Iif syaepuddin Photo Verified Writer Iif syaepuddin

Kegagalan adalah keberhasilan yang gagal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya