Comscore Tracker

8 Fungsi Tombol Home di iPhone yang Gak Banyak Diketahui

Gak cuma buat buka lock-screen aja!

Selama ini, gak banyak yang mengetahui kalau tombol Home pada iPhone itu punya banyak fungsi. Gak cuma bisa digunakan untuk membuka lock-screen saja, ada sekitar 8 fungsi dari tombol Home yang sayangnya belum banyak diketahui para pengguna.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini IDN Times sajikan fungsi apa saja yang dimiliki iPhone selain cuma membuka lock-screen. Penasaran? Simak deh! Ps. Fungsi ini bisa jadi gak bisa kamu nikmati karena tergantung seri iPhone dan iOS yang digunakan.

1. Pengontrol aplikasi musik.

8 Fungsi Tombol Home di iPhone yang Gak Banyak DiketahuiApple via lifewire.com

Fungsi lain tombol Home pada iPhone yang pertama adalah untuk mengontrol aplikasi musik saat lock-screen. Ketika kamu menekan tombol Home pada saat lock-screen dan musik berputar, maka layar akan memunculkan tampilan aplikasi musik dengan pilihan kontrol pengaturan volume, mengganti lagu dan Play/Pause.

2. Menampilkan semua aplikasi di Multitasking Manager.

8 Fungsi Tombol Home di iPhone yang Gak Banyak Diketahuiimore.com

Kalau kamu mengklik atau menekan tombol Home dua kali di iPhone, maka akan memunculkan semua aplikasi di Multitasking Manager secara otomatis lho!

3. Mengakses SIRI

8 Fungsi Tombol Home di iPhone yang Gak Banyak Diketahui9to5mac.com

Mulai iOS 10, kamu juga bisa menggunakan tombol Home untuk mengakses SIRI lho! Bahkan di iOS 11, saat kamu menekan tombol Home maka akan keluar keyboard perintah yang bisa digunakan untuk menuliskan kalimat perintah untuk SIRI.

4. Lebih mudah akses Control Center.

8 Fungsi Tombol Home di iPhone yang Gak Banyak Diketahuiimore.com

Ketimbang repot-repot, kamu bisa mengakses fitur Control Center di iPhone dengan sekali klik di tombol Home lho!

Baca Juga: 7 Kode untuk Akses Fitur Rahasia di iPhone, Sudah Tahu?

5. Mengakses beragam fitur dengan 3 kali klik.

8 Fungsi Tombol Home di iPhone yang Gak Banyak Diketahuipcworld.com

Tombol Home juga bisa digunakan untuk mengakses beragam fitur seperti VoiceOver, Invert Colors, Color Filters, Reduce White Point Zoom, Switch Control, AssistiveTouch dan lain sebagainya dengan 3 kali klik. Namun sebelum menikmati fungsi ini, kamu wajib melakukan pengaturan dulu di menu Settings dengan mengakses General lalu Accessibility kemudian Accessibility Shortcut. Baru deh kamu bisa mengakses fitur apapun di tombol Home dengan 3 kali klik.

6. Memunculkan menu Kontak.

8 Fungsi Tombol Home di iPhone yang Gak Banyak Diketahuiidownloadblog.com

Buat kamu pengguna iOS 8, ada fungsi lain dari tombol Home lho yakni memunculkan fungsi Kontak. Klik tombol Home 2 kali dan dari atas layar bakal muncul tampilan menu Kontak yang berisi siapa saja yang sudah menghubungi atau mengirim pesan padamu dan lain sebagainya.

7. Memunculkan kamera tanpa membuka lock-screen.

8 Fungsi Tombol Home di iPhone yang Gak Banyak Diketahuimacworld.co.uk

Ya, saat kamu menekan tombol Home di iPhone sekali saja dan menggeser layar ke kiri maka menu Kamera bakal muncul. Gak perlu buka lock-screen dan mencari-cari di mana letak menu Kamera deh!

8. Memunculkan menu Notifikasi tanpa buka lock-screen.

8 Fungsi Tombol Home di iPhone yang Gak Banyak Diketahuitheappfactor.com

Kebalikan dari fungsi di poin ketujuh, kamu bisa memanfaatkan tombol Home iPhone untuk mengakses Notifikasi tanpa perlu membuka lock-screen lho. Caranya tekan tombol Home sekali dan geser layar dari kiri ke kanan maka secara otomatis Notifikasi Center akan muncul di layar iPhonemu.

Itulah delapan fungsi yang bisa kamu temukan di tombol Home iPhone. Gak cuma untuk buka lock-screen atau menghidupkan layar yang mati sementara saja kan?

Baca Juga: 13 Kode Rahasia Smartphone Android yang Jarang Diketahui

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !