Comscore Tracker

AirPods Dicerca Netizen, Sebegitu Parahkah Earphone Ini?

Siri, AirPods saya mana?

Dini hari tadi atau tepatnya Rabu pagi 7 September waktu San Fransisco, Apple resmi memperkenalkan beberapa produk terbarunya. Selain tentunya iPhone 7 yang memang ditunggu-tungu, salah satu produk yang juga menyita perhatian publik adalah AirPods.

Earphone bluetooth nirkabel resmi untuk iPhone 7 dan 7 Plus tersebut menjadi pusat perhatian karena dianggap berani mendobrak kebiasaan. AirPods tidak menyertakan kabel sekalipun dan cara pengoperasiannya yang bisa dibilang cukup unik.

AirPods Dicerca Netizen, Sebegitu Parahkah Earphone Ini? gizmodo.com

Ya, bagi kamu yang berniat menggunakan AirPods untuk mendengarkan musik maupun keperluan lainnya hanya perlu mengeluarkan earphone berwarna putih itu dari case khusus yang juga bisa berfungsi sebagai alat pengisian ulang baterai dan memasangnya di telingamu. Selanjutnya kamu tinggal tekan tombol Connect di layar iPhone dan secara otomatis musik akan diputar di AirPods dan secara otomatis akan mati ketika kamu melepas earbuds-nya dari telingamu. Cukup mudah dan efisien bukan?

Sayangnya, ternyata beberapa netizen menganggap jika produk terobosan dari Apple ini sebatas joke alias bahan lelucon belaka. Tak sedikit dari mereka yang kurang setuju dengan hadirnya Airpods pun membuat pernyataan bernada candaan, kekecewaan, dan ada pula yang jelas-jelas menghina seperti sempat redaksi IDNtimes pantau dari linimasa Twitter.

AirPods Dicerca Netizen, Sebegitu Parahkah Earphone Ini? twitter.com/StepintolifeYvl
AirPods Dicerca Netizen, Sebegitu Parahkah Earphone Ini? twitter.com/BeingCriCrazy

Rata-rata netizen mengeluhkan soal harga dari AirPods yang terlampau mahal untuk ukuran earphone nirkabel. Seperti diketahui, sebuah AirPods memang dibanderol dengan harga USD 159 atau setara Rp 2 jutaan. 

AirPods Dicerca Netizen, Sebegitu Parahkah Earphone Ini? twitter.com
AirPods Dicerca Netizen, Sebegitu Parahkah Earphone Ini? twitter.com/JonathanJForbes

Para netizen khawatir, dengan ukuran yang cukup mungil risiko kehilangan Airpods seharga 2 jutaan itu lebih besar.

 

AirPods Dicerca Netizen, Sebegitu Parahkah Earphone Ini? twitter.com/overconda

Baca Juga: Apple Luncurkan iPhone 7, Inilah Enam Fitur Unggulannya!

Dibalik itu semua, AirPods sebenarnya tak sepayah perkiraan netizen kok...

AirPods Dicerca Netizen, Sebegitu Parahkah Earphone Ini? slashgear.com

Terlepas dari kontroversi soal harga dan ukurannya yang terlampau mungil, AirPods sebenarnya tak sepayah itu kok. Seperti dijelaskan di atas, earphone nirkabel satu ini punya banyak keunggulan yang patut dibanggakan. 

Mulai dari efisiensi saat penggunaan, kamu gak perlu diribetkan dengan kabel saat menyimpannya. Cukup letakkan masing-masing earbuds setiap lima jam sekali di case yang dapat berfungsi sebagai alat pengisi ulang daya. Case yang bentuknya tak kalah mungil ini pun mudah diletakkan di mana saja, termasuk diletakkan di kantong kemeja maupun celana jeans kamu sehingga tak memakan banyak tempat. 

Selain itu, kelebihan AirPods lainnya adalah hadirnya teknologi canggih terkini yang disebut Phil Schiller, Marketing Chief Apple sebagai suatu dobrakan. Ya, AirPods memang diketahui telah mengusung chip baru yang disebut W1. 

Berkat chip baru tersebut, masing-masing earbuds diklaim memiliki accelerometer ganda serta sensor optik yang dapat mendeteksi apakah AirPods sedang digunakan atau tidak hanya melalui gerak  pengguna saat memakainya di telinga. Bahkan, berkat teknologi tersebut pula AirPods dapat digunakan langsung sebagai mic built-in untuk telepon dan mengakses Siri. 

Bahkan kamu tak perlu khawatir AirPods akan hilang saat digunakan. Pasalnya, Scott Stein dari CNET.com yang berkesempatan menggunakan AirPods secara langsung mengungkapkan jika earphones mungil ini cukup nyaman saat dipakai dan terasa pas di telinga.

Meski ia menganjurkan supaya kamu tak menggunakannya untuk olahraga, karena memang AirPods tak dirancang khusus untuk dipakai berolahraga. Sehingga takutnya, saat dipakai berlari perangkat itu akan jatuh dan kamu akan kesusahan saat mencarinya (mengingat ukurannya yang memang kecil). 

AirPods Dicerca Netizen, Sebegitu Parahkah Earphone Ini? www.cnet.com

So guys, bisa dipahami kan kalau AirPods sebenarnya tak sepayah perkiraan kamu dan para netizen lainnya. Nah, setelah membaca penjelasan di atas, masihkah kamu berniat untuk mencerca produk yang sebenarnya cukup potensial karena berani mendobrak kebiasaan pasar teknologi ini?

Baca Juga: iPhone 7 Akan Diluncurkan! Benarkah Seperti Ini Bentuknya?

Topic:

Just For You