Comscore Tracker

Ide Gila Baru Mark Zuckerberg: Live Conference Pakai Virtual Reality yang Terasa Nyata

Meeting jarak jauh jadi lebih mudah

Bukan Mark Zuckerberg dan tim namanya jika tak bisa membawa perubahan besar. Setelah cukup sukses meluncurkan Oculus Rift, bos Facebook Inc tersebut kini kembali memamerkan sebuah teknologi canggih terbaru yang diklaim bisa membawa virtual reality ke level atau tingkat yang lebih tinggi.

Ide Gila Baru Mark Zuckerberg: Live Conference Pakai Virtual Reality yang Terasa Nyatamashable.com
Dalam event Oculus Connect 3 yang digelar mulai Kamis (6/10), Zuckerberg yang berada di panggung utama memperkenalkan prototipe perangkat virtual reality terbaru dengan codename Santa Cruz. Gak cuma perangkat VR biasa, Santa Cruz dilaporkan mengusung sejumlah teknologi canggih terkini yang dijamin bakal bikin kamu melongo!

Mulai dari live conference melalui VR.

Selama ini penggunaan VR cuma sebatas untuk hiburan saja sih, mulai dari menonton film maupun games. Nah, sepertinya fungsi ini gak bisa bikin Zuck jadi puas.

Buktinya ia dan tim di balik perusahaan VR yang kini dimiliki Facebook Inc, Oculus, memproduksi VR yang mampu digunakan untuk berkomunikasi. Dalam pidatonya, Zuck memperlihatkan jika kini VR bisa dipakai untuk berkomunikasi langsung alias live conference.

Uniknya, baik kamu maupun orang yang akan diajak berkomunikasi bakal tampil dalam bentuk avatar. Nah, avatar di dunia VR itu bisa bergerak dan kamu perintahkan untuk melakukan apa pun.

Ide Gila Baru Mark Zuckerberg: Live Conference Pakai Virtual Reality yang Terasa Nyatafacebook.com/zuck

Intinya, apapun yang kamu lakukan atau apapun gerakanmu maka si avatar itu juga akan bergerak sesuai dengan keinginanmu. Kalau dari penjelasan dan pengalaman Zuck menggunakan teknologi baru ini, avatar bisa dipakai untuk bermain kartu, berfoto dengan tongsis, bermain anggar, atau bahkan menulis dan juga memutarkan video.

Baca Juga: Ingin Rasakan Sensasi 'Menunggangi' Drone? Coba Deh Pakai Goggles Ini!

Teknologi VR terbaru bikin komunikasi jadi seseru liburan ke berbagai negara.

Ide Gila Baru Mark Zuckerberg: Live Conference Pakai Virtual Reality yang Terasa Nyatafacebook.com/zuck

Selain dilengkapi dengan avatar yang sangat personal baik bentuk dan gerakannya, teknologi VR dari Oculus dan Facebook Inc ini juga bisa digunakan untuk menjelajah layaknya travelling. Jadi, saat kamu berkomunikasi atau live conference bersama beberapa orang maka kamu bisa mengubah latar belakang dengan tempat yang kamu inginkan.

Misalnya, di Bali atau di planet Mars sekalipun. Gak peduli dari mana kamu menggunakan VR, teknologi terbaru Oculus Santa Cruz ini bisa diatur latar belakangnya ke tempat mana pun.

Bisa jadi, teknologi ini nantinya menghemat biaya rapat tahunan yang biasanya diadakan di luar kota. Pasalnya, cuma berbekal perangkat VR saja kamu sudah bisa menlakukan rapat atau meeting penting bersama kolega atau rekan kerja dengan latar belakang lokasi yang kamu inginkan.

Menarik kan?

Akan hadir pula perangkat VR yang ditunggu-tunggu.

Ide Gila Baru Mark Zuckerberg: Live Conference Pakai Virtual Reality yang Terasa Nyatatheverge.com

Selain mengenalkan prototipe teknologi virtual reality terbaru, pada ajang Oculus Connect 3 juga dikenalkan perangkat bernama Oculus Touch yang sebenarnya sudah ditunggu-tunggu. Perangkat ini seperti dirangkum dari TheVerge, kabarnya bakal membuat teknologi VR terbaru dari Oculus dan Facebook bakal lebih maksimal fungsinya.

Dengan Oculus Touch, kamu kabarnya seolah-olah bisa menyentuh barang atau apapun yang ada di dalam dunia virtual reality, keren kan?

Oculus Touch akan resmi menyapa pasar pada tanggal 6 Desember bersama dengan headphone yang khusus dibuat untuk Oculus. Harganya pun cukup murah, yakni sekitar 199 dolar AS atau 2.9 juta rupiah.

Baca Juga: Spectacles: Kacamata Khusus Snapchat yang Bikin Kamu Haus Upload Video

Topic:

Berita Terkini Lainnya