Comscore Tracker

Hati-hati, 6 Merek Smartphone Ini Kerap Dipalsukan Karena Saking Populernya!

Jangan sampai ketipu lho!

Gak bisa dipungkiri, kepopuleran merek smartphone terkadang mengundang pihak-pihak yang usil membuat smartphone tiruan alias palsu yang spesifikasinya kebanyakan gak bisa dipertanggung jawabakan. Mirisnya, smartphone tiruan alias palsu ini terkadang lebih laris jika dibanding dengan smartphone yang asli.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut IDN Times sajikan 6 merek smartphone yang kerap muncul versi palsunya. Simak yuk!

1. Samsung

Hati-hati, 6 Merek Smartphone Ini Kerap Dipalsukan Karena Saking Populernya!phonearena.com

Produk smartphone buatan pabrikan asal Korea Selatan ini kerap muncul versi tiruan atau palsunya. Gak heran sih, soalnya produk smartphone Samsung ini memang populer alias digemari banget.

Makanya, pihak-pihak yang bertanggung jawab pun banyak yang mengambil kesempatan dengan membuat tiruan smartphone Samsung dan dibanderol dengan harga murah di bawah pasaran. Anehnya, gak jarang dari pihak bertanggung jawab itu membuat tiruan smartphone Samsung bahkan sebelum produk smartphone itu sendiri dirilis resmi oleh perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini. Contohnya adalah produk smartphone Samsung Galaxy S8.

2. iPhone

Hati-hati, 6 Merek Smartphone Ini Kerap Dipalsukan Karena Saking Populernya!youtube.com/adrianisen

Siapa sih yang gak pengin mempunyai iPhone? Sudah desainnya premium, spesifikasinya juara terus kameranya berkualitas lagi. Sayang memang harga iPhone itu memang mahal banget walau sangat digemari oleh semua lapisan masyarakat termasuk kalangan kelas menengah ke bawah.

Untuk memenuhi hasrat kalangan menengah ke bawah yang ingin memiliki iPhone tapi gak punya budget banyak, produk tiruan alias palsu pun banyak bermunculan di pasaran dan mirisnya laku keras. Desainnya sih mirip banget, tapi jangan tanyakan spesifikasinya atau kualitas kameranya, masih kalah jauh.

Bahkan, saking inginnya mengeruk untung ada juga iPhone tiruan yang kebangetan palsunya lho. Jadi, desainnya mirip iPhone tapi jeroannya Android!

3. Xiaomi

Hati-hati, 6 Merek Smartphone Ini Kerap Dipalsukan Karena Saking Populernya!dailymotion.com/Smart Innovation

Pabrikan asal Beijing yang mengaku Apple-nya Tiongkok ini memang kerap ditiru atau dipalsukan produk-produk smartphonenya. Harganya yang murah dan spesifikasi menjanjikan bikin banyak pihak yang otaknya kriminal berlomba-lomba bikin tiruan smartphone Xiaomi semirip mungkin.

Dijual dengan harga gak jauh beda, tapi gak bergaransi dan gak bisa dipertanggung jawabkan soal kualitasnya. Jadinya kan merugikan konsumen toh! Fyi, selain smartphone ternyata powerbank buatan Xiaomi juga kerap dipalsukan lho. Jadi, lebih berhati-hatilah saat membeli produk Xiaomi nanti. Pastikan bergaransi resmi ya!

Baca Juga: Cara Mudah Kenali Smartphone yang Kamu Beli Itu Asli atau Replika!

4. HTC

Hati-hati, 6 Merek Smartphone Ini Kerap Dipalsukan Karena Saking Populernya!engadget.com

Produk buatan pabrikan asal Tiongkok ini juga banyak bermunculan model tiruan alias palsunya. Saking populer dan terpercayanya, banyak pihak-pihak gak bertanggung jawab membuat versi palsu smartphone HTC yang desain alias penampilannya mirip banget dengan aslinya.

Jika tak jeli, bisa jadi konsumen kan tertipu. Terlebih, tampilan antarmuka dari smartphone HTC palsu ini biasanya gak jauh berbeda dengan yang asli.

5. Asus

Hati-hati, 6 Merek Smartphone Ini Kerap Dipalsukan Karena Saking Populernya!engadget.com

Merek smartphone yang kini tengah naik daun berikut ini juga sering muncul versi palsunya. Desain mewah, spesifikasi jempolan, harga murah dan digemari konsumen jadi alasan smartphone buatan Asus itu banyak bermunculan versi palsu alias tiruannya.

Celakanya, desain dan tampilan antarmuka smartphone palsu Asus ini biasanya mirip alias identik banget dengan yang asli. Kalau gak jeli kamu bisa jadi tertipu dengan beli yang palsu deh!

Sama seperti Xiaomi, selain smartphone ternyata produk powerbank ZenPower buatan Asus juga kerap dipalsukan. Desain sama, harga pun sama kamu yang gak jeli bisa-bisa sering ketipu nih.

6. Sony

Hati-hati, 6 Merek Smartphone Ini Kerap Dipalsukan Karena Saking Populernya!theverge.com

Kualitas kamera dan spesifikasi smartphone buatan Sony itu gak bisa dipandang sebelah mata. Meski mahal, masih banyak konsumen yang menggemari smartphone buatan pabrikan asal Jepang ini.

Sialnya, saking digemarinya maka gak jarang banyak smartphone palsu alias tiruan Sony yang secara kasat mata desainnya itu mirip banget dengan yang asli. Gak cuma itu, tampilan antarmukanya pun juga kebanyakan identik dengan yang asli sehingga kamu yang gak jeli sudah pasti bakal ketipu.

Nah, itulah 6 merek smartphone yang saking populernya malah sering muncul versi palsu alias tiruannya. Hati-hati deh ya, kalau mau beli smartphone. Pastikan asli dan bergaransi pabrik, agar gak menyesal di akhir.

Baca Juga: Kembar Tapi Beda, 10 Smartphone Ini Punya Desain yang Mirip Banget!

Topic:

Just For You