Comscore Tracker

Jadi Ciri Khas, 7 Inovasi Ini Bikin Nokia Beda dari Smartphone Lainnya

Desan dan fiturnya sederhana namun unik dan berguna

Siapapun pasti mengenal Nokia terutama ketika masa jayanya dulu dengan ponsel fitur. Desain yang khas serta fitur yang unik membuat pengguna merasa ekslusif ketika menggunakannya.

Ketika lebih memilih OS Windows, Nokia juga masih mempertahankan budaya sendiri tanpa harus mencontek apalagi meniru smartphone buatan kompetitor. Ketika diakuisisi Microsoft dan akhirnya dijual ke HMD Global, Nokia masih mampu menawarkan pengalaman yang berbeda dengan OS Android.

Nah, berikut 7 inovasi keren smartphone Nokia dari berbagai sumber. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Desain yang unik

Jadi Ciri Khas, 7 Inovasi Ini Bikin Nokia Beda dari Smartphone LainnyaJulian Chokkattu/Digital Trends

Di masa jayanya dulu, Nokia memamerkan desain smartphone yang tak biasa dan terlihat futuristik seperti N-series. Bahkan pada era Lumia, Nokia memiliki desain ekslusif yang disebut fabula, di mana bodinya didesain melengkung di sisi kanan dan kiri, namun tegas di bagian atas dan bawah dan memiliki layar yang sedikit cembung.

Meskipun sekarang telah mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan OS Android, HMD Global tetap meneruskan desain smartphone Nokia yang sederhana, elegan dan unik. Dijamin kamu betah memandanginya berlama-lama.

Desain smartphone Nokia tidak berbentuk kotak yang membosankan, tetapi dengan keempat sudut yang membulat serta bodi belakang yang melengkung di bagian samping sehingga mudah digenggam dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Jika kamu perhatikan desain smartphone lainnya, terkadang bentuknya membosankan alias itu-itu saja tanpa ada perubahan yang signifikan kecuali pada smartphone yang dibanderol dengan harga mahal, biasanya disebut smartphone flagship.

2. Pure Android

Jadi Ciri Khas, 7 Inovasi Ini Bikin Nokia Beda dari Smartphone Lainnyatechradar/John McCann

Semua smartphone Nokia yang menggunakan OS Android versi asli dari Google tanpa kustomisasi apapun. Alhasil, kamu akan mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone sama dengan smartphone Nexus atau Pixel.

Smartphone yang menggunakan OS Android murni juga dijamin update keamanan dan fitur secara berkala, baik dari pihak HMD Global maupun dari Google sendiri. Biasanya, smartphone seperti ini juga dijamin mendapatkan upgrade  OS yang lebih baru selama 2 tahun lho.

Berbeda dengan produsen smartphone lainnya yang berani untuk mengkustomisasi OS Android pada smartphonennya dengan dalih penambahan fitur maupun untuk menunjukkan ciri khas dari produk buatannya.

3. Baterai awet

Jadi Ciri Khas, 7 Inovasi Ini Bikin Nokia Beda dari Smartphone LainnyaNokia.com

Karna menggunakan OS Android murni dan disesuaikan dengan spesifikasi yang tidak terlalu memakan daya, hampir semua smartphone Nokia dapat bertahan seharian penuh bahkan 2 hari dengan penggunaan normal, seperti Nokia 3.1 dan Nokia 6.1 Plus.

Tentunya kamu tidak perlu lagi khawatir persoalan daya tahan baterei smartphone Nokia. Kamu juga tidak perlu lagi pusing ketika lupa membawa charger saat bepergian dalam waktu yang relatif lama misalnya ke kampus atau ke mal.

4. Kamera smartphone flagship keren

Jadi Ciri Khas, 7 Inovasi Ini Bikin Nokia Beda dari Smartphone LainnyaChaim Gartenberg/The Verge

Nokia 9 Pureview merupakan salah satu smartphone flagship  buatan HMD Global yang memiliki kamera di atas rata-rata. Dari jumlah lensa kamera sebanyak 5 buah dan terpakai semuanya saat digunakan dan mode HDR yang ciamik serta akses ke pengaturan layaknya kamera profesional yang biasa dipakai oleh photografer.

5. Kelas low end cocok untuk yang gak neko-neko

Jadi Ciri Khas, 7 Inovasi Ini Bikin Nokia Beda dari Smartphone LainnyaNokia.com

Spesifikasi dan harga kurang lebih sama bahkan yang lebih mahal, produk HMD Global yang menyasar pasar kelas bawah hingga menengah sangat berguna bagi pengguna yang membutuhkan smartphone untuk aktivitas ringan hingga menengah..

Seperti Nokia 4.2 yang telah dioptimisasi dengan Google Assistant  yang dilabeli harga sekitar Rp 1,7 jutaan, cocok digunakan oleh orang-orang yang benar-benar fokus dalam bekerja tanpa harus terganggu tren bermain game seperti saat ini.

6. Desain yang konsisten

Jadi Ciri Khas, 7 Inovasi Ini Bikin Nokia Beda dari Smartphone LainnyaJulian Chokkattu/Digital Trends

Bukan maksudnya ketinggalan zaman alias kuno, smartphone Nokia memiliki ciri khas sendiri. Seperti penggunaan poni di layar depan untuk menampung kamera selfie  atau yang biasa disebut notch  dan tidak melakukan kustomisasi OS Android seperti kebanyakan produsen smartphone lainnya.

Tampaknya Nokia lebih menyukai mempertahankan konsep desain lama. Strategi ini sangat brilian mengingat brand Nokia sudah lama dikenal.

Namun, perlahan tapi pasti, Nokia juga mulai mengikuti perkembangan zaman. Misalnya penggunaan poni di layar depan seperti yang terdapat pada smartpone Nokia 6.1 Plus dan Nokia 7.1

7. Anti useless

Jadi Ciri Khas, 7 Inovasi Ini Bikin Nokia Beda dari Smartphone LainnyaNokia.com

Ciri khas Nokia yang satu ini menurut penulis sangat memberikan citra positif bagi HMD Global selaku pemegang lisensi merek. Misalnya, penggunaan tombol khusus Google Assistant, kamera yang terbilang ciamik di kelasya, lensa kamera ganda yang terpakai semua serta minimnya aplikasi bawaan yang seringkali tidak digunakan oleh pengguna.

Baca Juga: 5 Smartphone Nokia Berkamera Resolusi 4K, Content Creator Wajib Punya

Irvin Pabane Photo Verified Writer Irvin Pabane

Kepala boleh saja melangit, tapi kaki, mata dan tangan harus tetap di bumi. Untuk Tuhan, alam dan manusia II Baca tulisan saya lainnya di linktr.ee/irvinpabane

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya