Comscore Tracker

7 Alasan Kamu Tidak Perlu Buru-buru Membeli Smartphone Terbaru

Model lama juga tidak kalah bagus

Setiap saat, perkembangan teknologi smartphone semakin pesat dengan dibuktikan munculnya berbagai inovasi yang terlihat futuristik, semakin mewah dan diklaim semakin memudahkan pengguna dalam menyelesaikan berbagai pekerjaannya.

Berbagai smartphone baru diluncurkan setiap saat dengan berbagai embel khas teknik marketing untuk menarik minat calon pembeli. Berbagai inovasi dan kelebihan ditonjolkan agar laris manis di pasaran.

Akan tetapi, kamu tidak perlu tergiur untuk membeli smartphone yang baru saja diluncurkan. Berikut tujuh alasan untuk tidak membeli gadget yang baru saja dirilis. 

1. Belum ada inovasi yang signifikan dan benar-benar dibutuhkan

7 Alasan Kamu Tidak Perlu Buru-buru Membeli Smartphone TerbaruPexels.com/Bruce Mars

Beberapa smartphone terutama untuk kelas menengah ke bawah hanya membawa perubahan yang terbilang biasa saja seperti OS terbaru, resolusi layar HD, chipset terbaru maupun desain yang sedang trend seperti notch atau kamera ganda.

Belum ada inovasi yang benar-benar mampu memberikan kesan sebagai sebuah terobosan baru yang semakin memudahkan pengguna untuk bekerja atau sebagai alat asisten pribadi dalam menyelesaikan rutinitas sehari-hari.

Meskipun saat ini berbagai teknologi seperti layar yang bisa ditekuk, kamera dan sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar serta kamera pop up, belum dapat dikatakan sebagai inovasi yang keren karna saat ini masih dalam tahap pengembangan atau sebuah prototype yang tidak lepas dari berbagai masalah.

2. Terkadang memiliki sejumlah bug yang sulit diatasi

7 Alasan Kamu Tidak Perlu Buru-buru Membeli Smartphone TerbaruPexels.com/Destiawan Nur Agustr

Smartphone yang baru saja dirilis apalagi berada di segmen kelas menengah di bawah yang dibekali fitur atau inovasi smartphone flagship, biasanya memiliki permasalahan yang terkadang sulit diatasi oleh vendor smartphone karena faktor hardware maupun software yang yang tidak memungkinkan.

Meskipun sudah ada update yang digulirkan untuk mengatasi masalah lag, crash atau bug, terkadang smartphone tersebut tetap tidak sembuh dari penyakitnya. Misalnya Nokia Lumia 535 dulu yang memiliki layar super sensitif atau Samsung Galaxy Note 7 yang memiliki baterai bermasalah sampai meledak.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru membeli smartphone yang baru saja dirilis. Lebih baik menunggu review dari pengguna lain atau membeli smartphone lain yang diketahui minim masalah.

3. Harga yang relatif tergolong mahal

7 Alasan Kamu Tidak Perlu Buru-buru Membeli Smartphone TerbaruPexels.com/Pixabay

Biasanya smartphone yang baru saja dirilis, memiliki harga yang relatif cukup mahal dibandingkan dengan smartphone yang beberapa bulan sudah dirilis meskipun dengan spesifikasi yang hampir sama.

Oleh karena itu, kamu bisa bersabar dan menunggu harga smartphone tersebut turun atau memutuskan membeli smartphone model lama yang masih bisa diandalkan berkat spesifikasinya yang belum ketinggalan zaman.

Baca Juga: 7 Desain Smartphone Paling Aneh Ini Bakal Bikin Kamu Tak Habis Pikir

4. Kamu bukan pengikut trend smartphone

7 Alasan Kamu Tidak Perlu Buru-buru Membeli Smartphone TerbaruPexels.com/Rawpixel

Bagi kamu yang tidak menyukai mengikuti perkembangan trend smartphone dengan cara membeli setiap produk baru, tentunya memilih bertahan dengan smartphone milikmu saat ini adalah pilihan yang tepat.

Lagipula, mengikuti perkembangan trend smartphone tidak akan ada habisnya karena setiap saat pasti ada inovasi atau fitur terbaru yang muncul. Tentunya, hal ini hanya cocok jika kamu adalah seorang reviewer teknologi.

5. Masih ada gadget lain yang memiliki fungsi serupa dan lebih baik

7 Alasan Kamu Tidak Perlu Buru-buru Membeli Smartphone TerbaruPexels.com/Jeshoots

Meskipun saat ini smartphone lebih dekat dengan manusia ketimbang peralatan elektronik lainnya, akan tetapi masih ada beberapa fungsi gadget lain yang tidak serta merta bisa digantikan oleh smartphone.

Contohnya laptop untuk urusan pekerjaan atau tugas sekolah/kuliah, konsol untuk bermain game maupun TV untuk menonton film maupun acara kesukaanmu dan jam tangan yang lebih praktis dan efisien untuk melihat waktu. 

6. Tidak sesuai dengan kebutuhanmu

7 Alasan Kamu Tidak Perlu Buru-buru Membeli Smartphone TerbaruPexels.com/Rawpixel

List ini merupakan alasan yang paling tepat untuk tidak membeli smartphone terbaru. Tentunya, kamu tidak ingin menghabiskan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak kamu butuhkan sedangkan ada prioritas kebutuhan lain yang lebih mendesak.

Dengan demikian, sisi kemandirianmu muncul di sini karena kamu mampu menentukan sendiri mana yang betul-betul kamu butuhkan dan mana yang menjadi kebutuhan sekunder yang bisa dipenuhi besok.

7. Smartphone milikmu saat ini masih bisa diandalkan

7 Alasan Kamu Tidak Perlu Buru-buru Membeli Smartphone TerbaruPexels.com/Pixabay

Berkaitan dengan list nomor 6, jika smartphone milikmu saat ini masih bisa digunakan dengan baik, sebaiknya tidak perlu membeli smartphone baru karena bisa saja akan mubazir nantinya karna tidak digunakan.

Tidak perlu merasa minder karena smartphone milikmu model lama, asalkan kamu percaya diri tentunya hal ini bukan masalah besar. Justru kamu seharusnya bangga karena bisa menunjukkan tanda kedewasaanmu.

Nah kamu sendiri bagaimana, apa sih alasan bagimu untuk tidak membeli smartphone yang baru saja dirilis? Berikan pendapatmu di kolom komentar.

Baca Juga: 6 Tips Membeli Smartphone Secara Online Agar Tidak Tertipu

Irvin Photo Community Writer Irvin

Merdeka dalam berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 01:00:04

Progress: 749.373 dari 813.350 TPS (92.13414%)

Just For You