Comscore Tracker

Gandeng Asus, Microsoft Luncurkan Laptop dengan Prosesor Snapdragon 835

Laptop Windows 10 ARM pertama nih!

Windows 10 ARM merupakan versi Windows hasil kerjasama anatara Microsoft dengan Qualcomm dalam menghadirkan perangkat komputer dengan memakai prosesor Snapdragon yang biasanya ditemui pada smartphone flagship. Perangkat yang menggunakan Windows 10 ARM diklaim dapat bersaing dengan perangkat lainnya yang menggunakan prosesor Intel maupun AMD.

Saat ini, jenis prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 835 dan tentunya tidak dapat disandingkan dengan prosesor Intel atau AMD yang mempunyai kecepatan yang lebih tinggi. Namun, kelebihan penggunaan prosesor ini adalah daya tahan baterai yang kuat, tidak memakan ruang yang banyak sehingga memungkinkan desain perangkat yang lebih tipis dan dukungan koneksi 4G LTE.

Pada saat pagelaran Snapdragon Technology Summit di Hawaii beberapa waktu yang lalu, Microsoft bersama Qualcomm dan Asus memperkenalkan laptop dengan Windows 10 ARM berprosesor Snapdragon 835 pertama di dunia. Seperti apa penampakannya, Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Desain Laptop 2 in 1, layar toucscreen serta sistem keamanan canggih.

Gandeng Asus, Microsoft Luncurkan Laptop dengan Prosesor Snapdragon 835cnet.com/Jessica Dolcourt

Asus NovaGo menawarkan desain 2-in-1 yang artinya layarnya dapat dilepas dari keyboard dan menjadi tablet. Laptop ini juga menawarkan layar yang sudah mendukung touchscreen serta kemampuan layarnya yang dapat diputar hingga 180 derajat.

Desain seperti ini umumnya dapat ditemui pada perangkat konvertible lainnya. Tentu desain seperti ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang tingkat mobilitasnya tinggi karna mempunyai opsi penggunaan mode tablet atau mode laptop.

Bodi NovaGo terbuat dari logam metal yang membuatnya kokoh serta terlihat premium. Soal berat, laptop ini hanya memiliki berat berkisar 1.39 kg saja. Selain itu, bodi laptop ini juga tipis dan tidak mudah panas walaupun tidak dibekali kipas pendingin. Keyboard-nya sangat nyaman dipakai mengetik dan semakin indah karena telah dibekali dengan lampu backlit.

Untuk urusan keamanan, NovaGo dilengkapi sebuah sensor sidk jari menempel dibagian atas touchpad serta sensor wajah dari Microsoft yakni Windows Hello. Sistem deteksi wajah Windows Hello diklaim lebih canggih daripada milik Iphone X. Pasalnya, Windows Hello tetap dapat membedakan wajah orang kembar serta topeng 3D dimana Iphone X dikabarkan dapat ditipu dengan taktik tersebut.

Ini spesifikasi jeroan laptop NovaGo!

Gandeng Asus, Microsoft Luncurkan Laptop dengan Prosesor Snapdragon 835theverge.com

Asus membekali NovaGo dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dengan pengolah grafis Adreno 540. Laptop ini juga dibekali dengan layar berukuran 13.3inci beresolusi FULL HD, opsi RAM 4GB atau 6GB dan 8GB, pilihan memori internal SSD sebesar 64GB atau 128GB dan 256GB yang didukung Micro SD sampai 256GB.

Tak ketinggalan, laptop ini juga sudah dibekali dengan kamera depan beresolusi 1MP serta baterai 52Wh Li-Po yang diklaim mampu memutar video sampai 22 jam. Adapun fitur yang disertakan dan sangat mendukung penggunaan laptop ini adalah Windows Ink yang terintegrasi dengan Asus pen, Asus Splendid, teknologi speaker Asus Sonic Master, dan E-SIM yang mendukung jaringan 4G LTE.

Sama dengan HP Envy x2, laptop ini juga telah dibekali Windows 10S yang memiliki kekurangan yakni hanya bisa menginstal aplikasi dari Microsoft Store. Namun jangan khawatir karena Asus dan HP memberikan penawaran upgrade ke Windows 10 Pro secara gratis hingga 30 September 2018.

Gimana, keren bukan? Dengan segala keunggulannya, apakah kamu berniat memiliki laptop ini?

Irvin Photo Community Writer Irvin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You