Comscore Tracker

Ikuti Asus & HP, Lenovo Juga Luncurkan Laptop dengan Prosesor Qualcomm

#What'sIn2018 Persaingan makin sengit nih

Beberapa waktu yang lalu Microsoft mengumumkan kerjasama dengan salah satu manufaktur prosesor smartphone populer yakni Qualcomm. Microsoft dan Qualcomm diketahui bakal membuat OS Windows 10 S bertenaga chipset Snapdragon.

Salah satu kelebihan dari laptop yang menggunakan konsep tersebut adalah ketahanan baterai yang luar biasa serta memungkinkan desain laptop yang lebih tipis. Bukan sekedar wacana saja, Asus menjadi OEM pertama yang meluncurkan laptop berprosesor Qualcomm Snapdragon 835 dengan nama NovaGo dan HP juga melakukan hal yang sama dengan merilis Envi x2.

Seperti klaim Microsoft ketika memperkenalkan laptop berprosesor Snapdragon lengkap dengan Windows 10 S, ketahanan baterai Asus NovaGo dan HP Envi x2 dapat mencapai hingga 20 jam bahkan 22 jam ketika digunakan streaming Netflix. Berat kedua laptop tersebut tergolong ringan. NovaGo memiliki berat 1.39 Kg dan Envi x2 dengan berat kurang dari 680 gram.

Sepertinya Lenovo juga tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut dengan meluncurkan Miix 680 pada ajang CES 2018 baru-baru ini. Dengan demikian, Lenovo merupakan OEM ketiga yang meluncurkan laptop berprosesor Snapdragon 835 dengan OS Windows 10 S.

Penasaran seperti apa desain, harga dan spesifikasinya ? Yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

1. Desainnya mirip dengan seri Miix lainnya dan tablet Surface buatan Microsoft

https://www.youtube.com/embed/C8EsAEnw_tc

Laptop ini mengusung konsep hybrid sama seperti "saudaranya" di seri Miix, Asus NovaGo serta HP Envi x2. Konsep ini memungkinkan pengguna melepas bagian keyboard dan menjadikannya tablet. Konsep2 in 1 ini masih diminati mengingat kepraktisannya dan mudah dibawa ke mana-mana.

Seri Miix merupakan jajaran laptop buatan Lenovo yang dikhususkan untuk bersaing dengan tablet Surface buatan Microsoft. Oleh karna itu, desain laptop ini mirp dengan surface terlebih di bagian kickstand dan keyboard.

Tak lupa pula lenovo menyertakan stylus (pen) yang berguna untuk menggambar maupun mengoperasikan perangkat. Salah satu perbedaan Miix 680 Surface dengan Surface adalah pengguna tidak perlu lagi membeli stylus maupun keyboard secara terpisah karna sudah disertakan di paket penjualan dimana pengguna Surface masih harus membelinya.

Selain itu, Surface ditenagai prosesor Intel Core i5 atau i7 namun tidak didukung E-Sim seperti pada Miix 680. Tentu, kedua laptop ini memiliki segmen pengguna yang berbeda.

2. Spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan laptop berprosesor ARM lainnya

Ikuti Asus & HP, Lenovo Juga Luncurkan Laptop dengan Prosesor Qualcommblog.lenovo.com

Seperti Asus NovaGo dan HP Envi x2, Lenovo membekali Miix 630 dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan kedua laptop tersebut. Seperti chipset Snapdragon 835 buatan Qualcomm, RAM sebesar 8 GB, E-Sim untuk 'selalu' terkoneksi ke internet setiap saat serta sensor keamanan retina mata yang dikenal dengan Windows Hello.

Adapun spesifikasi lengkapnya adalah sebagai berikut :

  • Qualcomm Snapdragon 835 + pengolah grafis Adreno 504
  • Layar berukuran 12.3-inch metal frame dengan resolusi FullHD (1920x1280p) lengkap dengan pelindung layar buatan Corning seri Gorilla Glass
  • RAM sebesar 4 GB yang bisa ditambah hingga 8GB 
  • SSD berkapasitas 64 GB yang bisa ditambah sampai 256 GB USB + SD Card Reader
  • E-SIM yang mendukung jaringan 4G LTE
  • USB Type-C
  • Stylus pensil dan keyboard backlight yang dapat dilepas
  • Tebal  0.61 inch atau sekitar 55.6mm dengan berat 2.93 pounds atau sekitar 1.33 Kg 
  • Baterei hingga 20 jam
  • Windows 10S + Windows Hello

Tambahan informasi, Windows 10 S yang tertanam di Miix 680 ini bisa diupgrade ke Windows 10 Pro secara gratis alias cuma-cuma dalam jangka waktu 180 hari. 

3. Harganya kurang lebih sama dengan NovaGo dan Envi x2

Ikuti Asus & HP, Lenovo Juga Luncurkan Laptop dengan Prosesor Qualcommblog.lenovo.com

Dengan spesifikasi tersebut, Lenovo melabeli Miix 680 dengan harga sekitar $799 atau sekitar Rp 10,7 jutaan. Harganya kurang lebih sama dengan laptop ARM buatan Asus dan HP.

Nah, bagaimana pendapatmu? Apakah kamu berniat memiliki perangkat ini jika sudah dipasarkan di Indonesia?

Line Ads

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You

I Want More !