Comscore Tracker

Jagokan Snapdragon 660 & Baterai Besar, Xiaomi Mi Pad 4 Segera Dirilis

#Gadgets101: Cocok buat aktivitas multimedia

Setelah vakum cukup lama dalam merilis tablet setelah Mi Pad 3 dipasarkan pada tahun 2017 kemarin, kini Xiaomi tengah dikabarkan akan merilis kembali tablet dengan layar kekinian yakni menggunakan aspek rasio 18:9. Meskipun saat ini pasar tablet sedang sepi ditandai dengan minimnya OEM yang merilis tablet dan lebih banyak mengeluarkan smartphone dengan layar besar (phablet), Xiaomi tampaknya tetap percaya diri dan berniat merilis Mi Pad 4.

Seperti apa spesifikasi tablet terbaru Xiaomi tersebut, yuk cek list selangkapnya di bawah ini.

1. Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660

Jagokan Snapdragon 660 & Baterai Besar, Xiaomi Mi Pad 4 Segera Dirilisgagadget.com

Xiaomi Mi Pad 4 dikabarkan akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660  octa-core (Quad core 2.2GHz Kyro + Quad 1.8GHz Kyro) dengan pengolah grafis Adreno 512. Xiaomi Mi 6X juga dikabarkan juga menggunakan chipset serupa yakni Snapdragon 660. Chipset buatan Qualcomm ini diklaim memiliki performa yang gesit namun irit baterei.

Sebagai tablet, tentunya Mi Pad 4 memiliki layar yang berukuran besar pula. Dilansir dari XDA Developers, tablet ini memiliki layar LCD panel atau OLED dengan aspek rasio 18:9 dan tingkat kerapatan piksel 320ppi. Tampaknya penggunaan layar dengan aspek rasio 18:9 di tablet akan terlihat aneh karna memanjang. Akan tetapi, hal ini juga membuat pengguna dapat memegang tablet tersebut hanya dengan 1 tangan serta tidak terlalu memakan banyak ruang.

Sementara itu, jika mengacu pada Xiaomi Mi Pad3 yang dirilis pada tahun 2017 kemarin yang memiliki layar dengan bentang 7.9 inchi beresolusi 1536 x 2048, tampaknya Mi Pad 4 kali ini juga masih menggunakan luas layar yang sama yakni 7.9 inchi. Namun, resoludi layar yang digunakan masih belum dapat diketahui secara pasti.

OS yang digunakan merupakan Android 8. 1 Oreo dengan menggunakan user interface buatan Xiaomi sendiri yakni MIUI 9. Sayangnya tablet ini dipastikan tidak mendukung teknologi NFC, padahal salah satu fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering melakukan transaksi dengan menggunakan fitur tersebut. Penulis juga sering melihat di kolom komentar berbagai akun media sosial OEM yang menanyakan ketersediaan fitur NFC pada smartphone buatannya.

Sementara itu, baterei yang digunakan berkapasitas 6000 mAh dan belum dipastikan apakah mendukung teknologi fast charging atau tidak serta berapa lama daya tahan baterei tablet ini digunakan. Snapdragon 660 sendiri diketahui menduking Quick Charge 4.0. Tentunya, beterei dengan kapasitas 6000mAh tergolong cukup besar untuk sebuah perangkat tablet. 

2. Kamera 13MP bersanding dengan 5MP

Jagokan Snapdragon 660 & Baterai Besar, Xiaomi Mi Pad 4 Segera Dirilistechdroid.in

Xiaomi Mi Pad 4 dikabarkan akan menggunakan kamera belakang beresolusi 13MP dengan sensor OmniVision OV13855 f/2.0 aperture. Untuk kamera depan, Mi Pad 4 dikabarkan menggunakan kamera beresolusi 5MP dengan sensor Samsung S5K5E8 f/2.0 aperture. Tampaknya Mi Pad 4 ini tidak menggunakan model dual kamera yang lagi trend sekarang serta tidak mendukung perekaman dengan resolusi 4K.

Sepertinya tidak ada yang spesial dari Mi Pad 4 ini dalam hal kamera. Selain menggunakan kamera dengan resolusi rendah (13MP dan 5MP), penggunaan aperture f/2.0 juga tidak banyak membantu untuk menghasilkan foto berkualitas baik jika digunakan dalam ruangan minim cahaya atau pada saat malam hari. Akan tetapi, kamu masih bisa menghasilkan foto yang berkualitas untuk sekedar diunggah ke media sosial asalkan ketersediaan cahaya pada saat memotret cukup banyak.

Hal ini merupakan kewajaran karena pada umumnya tablet digunakan untuk sekedar browsing, menonton film maupun membaca buku elektronik. Untuk urusan fotografi, biasanya OEM lebih memilih merilis smartphone dengan kulaitas jepretan kamera yang dapar bersaing dengan kompetitornya.

3. Spesifikasi belum banyak terungkap

Jagokan Snapdragon 660 & Baterai Besar, Xiaomi Mi Pad 4 Segera Dirilisnashvillechatterclass.com

Besaran RAM yang digunakan serta besaran memori internal belum dapat dipastikan. Namun Xiaomi Mi Pad 4 dipastikan sudah mendukung penyimpanan eksternal yakni micro SD dimana Mi Pad 3 hanya bergantung pada memori internalnya. Jika mengacu pada Mi Pad 3 yang memiliki memori internal 64GB dan RAM 4GB, tampaknya Mi Pad 4 juga memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang sama.

Selain itu, smarphone ini belum dapat dipastikan akan menggunakan LED Flash di bagian kamera belakang maupun kamera depan. Jika mengacu pada tablet pada umumnya yang tidak memiliki LED Flash karna tidak ditujukan untuk fotografi, tampaknya Mi Pad 4 ini sama seperti pendahulunya yakni Mi Pad 3 yang juga tidak memiliki LED Flash baik di kamera belakang maupun di kamera depan. 

4. Dipastikan dirilis dalam waktu dekat

Jagokan Snapdragon 660 & Baterai Besar, Xiaomi Mi Pad 4 Segera Dirilisandroidauthority.com

Walaupun belum ada rumor mengenai tanggal perilisannya, namun dapat dipastikan jika perilisan Xiaomi Mi Pad 4 sudah dekat. Mungkin Xiaomi akan merilis tablet ini bulan Mei mendatang, Kita tunggu saja informasi perlisannya secara resmi.

Selain itu, harga yang ditawarkan smartphone ini juga belum dapat dipastikan. Jika mengacu pada Mi Pad 3 yang dilabeli dengan harga hampir mencapai Rp 3 juta, tampaknya Mi Pad 4 akan memiliki harga yang tidak jauh dari kisaran Rp 3 jutaan.

Nah, bagaimana menurutmu, apakah kamu berniat memiliki Mi Pad 4 dimana saat ini di pasaran, tablet tergolong kurang diminati? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar.

Irvin Pabane Photo Verified Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya