Comscore Tracker

8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu Rusak

Yuk, ketahui dan hindari

Sebagai barang elektronik seperti smartphone maupun TV, laptop juga memerlukan perawatan khusus serta cara penggunaan yang tepat agar tidak cepat rusak. Siapapun pasti menginginkan laptop miliknya tidak cepat rusak bukan?

Nah, kamu bisa menghindari 8 kebiasaan, yang sering kamu lakukan seperti di bawah ini, yang berpotensi membuat laptop milikmu cepat rusak. Yuk, baca artikel selengkapnya berikut ini.

1. Membuka dan menutup layar laptop dengan dengan tergesa-gesa

8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu RusakIlustrasi laptop. Pexels.com/Freestocks

Jika kamu ingin menggunakan laptopmu, sebaiknya berhati-hati saat membuka bagian layarnya karena merupakan bagian yang sensitif terhadap tekanan dan salah satu bagian yang paling cepat rusak selain papan ketik.

Selain itu, jika kamu ingin menutup layarnya setelah selesai digunakan, hindari menutup dengan cepat sehingga menimbulkan bunyi yang tergolong cukup keras. Hal ini dapat membuat layar laptopmu memiliki garis hitam atau kameranya rusak akibat tekanan.

Oleh karena itu, jika kamu ingin membuka maupun menutup layar laptopmu, sebaiknya lakukan dengan ekstra hati-hati dan tidak membuat bunyi yang menandakan terjadi gesekan atau tekanan pada layar laptopmu.

2. Menutup layar lalu memasukkan laptop ke dalam tas dengan keadaan lampu indikator masih menyala

8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu RusakPexels.com/Pixabay

Penulis sendiri sering menemukan orang yang segera menutup layar laptop miliknya setelah selesai menggunakannya meskipun lampu indikatornya masih menyala karena alasan sedang terburu-buru atau kerena tidak tahu dampak negatifnya.

Selain itu, terkadang ada juga orang yang memasukkan laptop miliknya ke dalam tasnya dengan kondisi lampu indikator masih menyala. Padahal hal tersebut bisa membuat laptop cepat rusak lho.

Hal ini dikarenakan HDD yang tertanam di dalam laptopmu masih berputar untuk memastikan sistem sehingga apabila terkena guncangan, dapat berakibat pada kerusakan memori penyimpanan tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menunggu sampai lampu indikator pada laptopmu mati sebelum kamu menutup layarnya dan memasukkan ke dalam tas . Bagi kamu pengguna SSD, hal ini tentunya tidak berpengaruh karena memori tipe ini tidak berputar saat bekerja.

3. Malas membersihkan debu bagian luar dan dalam laptop

8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu RusakPexels.com/Pixabay

Selain menandakan kamu orangnya suka bersih-bersih atau tidak, kebersihan laptop merupakan hal yang penting untuk keawetan perangkatmu sendiri alias tidak cepat rusak meski sudah dimakan usia.

Debu yang menempel pada laptop milikmu baik di bagian luar maupun dalam, sebaiknya kamu bersihkan secara rutin agar kelihatan indah serta tidak menghambat prosesor atau sistem pendingin yang dapat membuat laptopmu menghasilkan panas berlebih.

4. Jarang mengganti thermalpaste

8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu RusakPexels.com/Pok Rie

Membersihkan debu di dalam laptop seperti kipas pendingin tidaklah cukup untuk mencegah laptop menghasilkan panas berlebihan. Oleh karena itu, kamu juga perlu mengganti atau mengoleskan thermalpaste pada prosesor laptopmu.

Jika kamu tidak mengetahui caranya, kamu bisa menemukan berbagai tutorial yang banyak tersedia di YouTube atau menggunakan jasa orang yang mengerti tentang hal tersebut, maupun membawanya ke service center resmi laptop yang kamu gunakan.

Baca Juga: Saatnya Nabung, 5 Laptop dengan Prosesor Intel Core i7 Generasi-9

5. Menggunakan laptop diatas kasur, paha atau benda empuk lainnya yang menghambat sirkulasi udara

8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu RusakPexels.com/Bruce Mars

Jika laptopmu memiliki kipas pendingin, sebaiknya jangan pernah bergaya sok keren dengan menaruh laptop di atas kasur, paha, bantal atau benda empuk lainnya yang berpotensi menghambat kineja sistem pendingin untuk membuat sirkulasi udara tetap terjaga.

Namun, jika laptopmu tidak memiliki sistem pendingin berupa kipas, maka sah-sah saja jika kamu ingin meletakkan laptop milikmu di atas kasur atau bantal sambil menggunakannya untuk mengetik atau menonton film.

6. Menggunakan laptop sambil makan atau minum

8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu RusakPexels.com/Bruce Mars

Meskipun hal ini terdengar sepele, sebaiknya hindari melakukan aktivitas makan dan minum ketika kamu sedang mengoperasikan laptop milikmu karena remah-remah atau tumpahannnya berpotensi jatuh ke laptopmu yang dapat membuatnya rusak.

Jika kamu memang benar-benar harus melakukannya, sebaiknya jaga jarak aman antara makanan atau minuman dari laptop milikmu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

7. Menggunakan laptop di area minim sirkulasi udara dan panas

8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu RusakPexels.com/Lisa Fotios

Sebaiknya gunakan laptop hanya pada ruangan yang terdapat sirkulasi udara yang lancar dan cukup agar laptop milikmu tidak cepat panas. Sebaiknya hindari menggunakan laptop di tempat yang sempit seperti di kamar kos yang minim jendela.

Selain itu, saat menggunakan laptopmu usahakan cari tempat yang memiliki suhu tergolong dingin seperti ruangan ber-AC, memiliki kipas angin atau di luar ruangan yang memiliki angin sepo-sepoi berhembus.

Hal ini berguna agar laptop milikmu tidak mengalami overheating atau panas berlebih, yang dapat membuat umur laptopmu semakin pendek karena beberapa komponen di bagian dalam laptop kemungkinan tidak berfungsi dengan optimal lagi.

8. Menggunakan tas tanpa busa atau pelindung sebagai wadah menyimpan laptop

8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu RusakPexels.com/Malcolm Garret

Jika kamu berniat membawa laptopmu keluar rumah, sebaiknya gunakan tas khusus atau tas yang memiliki busa maupun pengaman bagi laptopmu agar tidak tergores atau terkena tekanan yang berat maupun terguncang selama di perjalanan.

Dengan demikian, laptop milikmu dijamin dapat bertahan lebih lama bahkan bisa kamu wariskan ke anggota keluargamu yang lain dengan keadaan sehat walafiat dan masih bisa digunakan. Nah, yuk terapkan biar laptopmu gak gampang rusak.

Baca Juga: Tanda-tanda Laptop dan PC Sedang Dimata-matai Atau Dihack

Irvin Pabane Photo Community Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You