Comscore Tracker

Punya Kamera 40MP, Ini Spesifikasi & Harga Resmi Huawei Mate 10 Pro

Desainnya juga keren banget

Meski Huawei masih dilarang untuk mengadakan kerjasama dengan perusahaan asal AS seperti Google dan Qualcomm saat artikel ini ditulis, tampaknya salah satu pabrikan smartphone asal Tiongkok tersebut tidak ingin ketinggalan dengan merilis produk terbarunya di event yang berlangsung di Munich Jerman 18 September 2019 yang lalu.

Untungnya, karena OS Android bersifat open source yang artinye bebas digunakan oleh siapapun, Huawei masih bisa menanamkan OS tersebut ke dalam device buatannya meski tanpa kehadiran layanan Google seperti Gmail, One Drive, Play Store, dkk. Huawei sendiri juga memiliki prosesor sendiri yakni HiSilicon Kirin untuk menggantikan chipset Qualcomm Snapdragon.

Nah, penasaran seperti apa penampakan desain dan spesifikasinya? Yuk, baca artikel selengkapnya di bawah ini.

1. Bodi dari kaca dengan rangka aluminium

Punya Kamera 40MP, Ini Spesifikasi & Harga Resmi Huawei Mate 10 ProHuawei.com

Smartphone ini memiliki bodi depan maupun belakang yang terbuat dari bahan kaca berlapis Corning Gorilla Glass 6 dan rangka dari aluminium berukuran 158.1 x 73.1 x 8.8 mm dengan berat mencapai 198 gram. 

Tentunya, hal ini menjadikan Huawei Mate 10 Pro terlihat kokoh, solid sekaligus keren dan tidak akan membuat mata siapapun bosan untuk melihatnya berlama-lama. 

2. Layar bezelless berukuran besar dengan notch seperti Apple Iphone X

Punya Kamera 40MP, Ini Spesifikasi & Harga Resmi Huawei Mate 10 ProHuawei.com

Huawei Mate 10 Pro memiliki layar yang terbuat dari OLED berukuran 6.53 inchi beresolusi 1176 x 2400p Full HD+ dengan rasio 18.5:9, proteksi Corning Gorilla Glass 6 dan memiliki dukungan DCI-P3 & HDR10 yang membuat layarnya semakin kinclong dan tahan goresan.

Layar pada smartphone ini mengusung konsep bezelles yang terlihat dari minimnya bagian tepi layar bagian di samping kiri dan kanan maupun atas dan bawah. Dengan demikian, pengguna semakin leluasa dan nyaman menikmati konten multimedia menggunakan smartphone ini.

Baca Juga: Harga Rp6,8 Juta, Ini Spesifikasi dan Keunggulan Huawei Nova 5T

3. Kamera super dengan resolusi monster baik di belakang maupun di depan

Punya Kamera 40MP, Ini Spesifikasi & Harga Resmi Huawei Mate 10 ProHuawei.com/

Smartphone ini dibekali 4 buah kamera di bagian belakang dalam balutan bundaran seperti pada Nokia Lumia 1020. Adapun resolusi dari kamera Huawei Mate 10 Pro adalah sebagai berikut :

  1. 40 MP, f/1.6, 27mm (wide), 1/1.7", PDAF, OIS.
  2. 8 MP, f/2.4, 80mm (telephoto), 1/4", PDAF, OIS, 3x optical zoom.
  3. 40 MP, f/1.8, 18mm (ultrawide), 1/1.54", PDAF.
  4. 3D TOF camera.

Dengan resolusi sebesar itu, secara teori smartphone ini mampu menghasilkan gambar yang jernih, detail dan natural dalam segala kondisi berkat beragam teknologi dan fitur yang dimilikinya seperti Leica optics, dual-LED dual-tone flash, panorama dan HDR

Huawei Mate 10 Pro juga bisa menghasilkan rekaman video dengan pilihan resolusi 2160p@30/60fps, 1080p@30/60/120fps, 1080p@960fps dan 720p@7680fps dengan dukungan gyro-EIS yang diklaim membuat hasil perekaman tetap stabil.

Sementara itu, di bagian depan smartphone ini memiliki 2 kamera dimana satunya beresolusi 32MP f/2.0, (wide) yang mampu merekam video pada resolusi 1080p@30fps dan satunya merupakan kamera 3D TOF yang diklaim dapat menghasilkan foto selfie yang lebih bagus dalam berbagai kondisi. 

Punya Kamera 40MP, Ini Spesifikasi & Harga Resmi Huawei Mate 10 ProEngadget.com/Daniel Cooper

4. Prosesor ekstra cepat dengan memori internal dan RAM yang besar

Punya Kamera 40MP, Ini Spesifikasi & Harga Resmi Huawei Mate 10 ProHuawei.com

Karena masih dilarang melakukan kerjasama dengan perusahaan chipset asal AS yakni Qualcomm atau mungkin karena sudah jadi kebiasaan, Huawei menanamkan chipset buatannya sendiri ke Mate 10 Pro yakni HiSilicon Kirin 990.

Chipset tersebut memiliki kinerja yang tidak dapat dipandang remeh meski ukurannya yang sangat kecil yakni 7 nm+ karna tak hanya hemat daya tetapi juga kencang berkat penggunaan prosesor Octa-core (2x2.86 GHz Cortex-A76 & 2x2.09 GHz Cortex-A76 & 4x1.86 GHz Cortex-A55) dan juga pengolah grafis Mali-G76 MP16.

Sementara itu, terdapat 2 varian memori internal dan RAM yakni 128GB+8GB RAM atau 256GB+8GB RAM dengan teknologi UFS3.0 yang diklaim membuat transfer data menjadi lebih cepat ketimbang pada umumnya.

Pengguna juga bisa memperluas memori internal jika dirasa masih dibutuhkan dengan menggunakan micro SD tipe NM (Nano Memory) sampai 256GB dengan menggunakan slot kartu SIM yang tersedia.

5. Berbagai fitur dan sensor lumanyan lengkap dengan baterei cukup besar

Punya Kamera 40MP, Ini Spesifikasi & Harga Resmi Huawei Mate 10 ProHuawei.com

Smartphone ini sudah dibekali fitur USB 3.1, Type C 1.0, USB On-The-Go, Bluetooth 5.1 yang hemat daya, Face ID, fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, barometer dan compass.

Untuk menjaga daya tahan smartphone ini yang sudah memakai OS Android Android 10 berbalut UI EMUI 10, Huawei Mate 10 Pro memiliki baterei jenis Li-Po sebesar 4500 mAh dengan fitur Fast battery charging 40W dan Fast wireless charging 27W. Selain itu, smartphone ini bisa kamu jadikan sebagai powerbank untuk mengecas smartphone lainnya secara wireless alias tanpa kabel.

6. Harga mulai Rp17 jutaan dengan 4 pilihan warna

Punya Kamera 40MP, Ini Spesifikasi & Harga Resmi Huawei Mate 10 ProEngadget.com/Daniel Cooper

Jika kamu tertarik, Huawei Mate 10 Pro akan dijual bulan Oktober mendatang di China mulai harga €1,100 atau sekitar 17 jutaan untuk versi non 5G dan untuk versi 5G sebesar €1,200 atau sekitar 18.6 jutaan dengan pilihan warna black, space silver, cosmic purple dan emerald green.

Nah, bagaimana menurutmu, apakah kamu berniat membeli smartphone dengan harga setara dengan laptop kelas atas atau motor terbaru tersebut ? berikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga: Gak Perlu Lama, 5 Smartphone Huawei dengan Fitur Fast Battery Charging

Irvin Pabane Photo Community Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Indra Zakaria

Just For You