Comscore Tracker

6 Tips Membeli Smartphone Secara Online Agar Tidak Tertipu

Uang aman, barang sampai dengan selamat

Berbagai peristiwa penipuan yang terjadi melalui transaksi di dunia maya tentunya mengharuskan konsumen untuk harus berhati-hati dengan berbagai oknum yang tidak bertanggungjawab.

Tak terkecuali berbagai situs yang menjual berbagai produk elektronik seperti smartphone, tentunya tak lepas juga dari aksi oknum penjual yang ingin mencari untung besar melalui cara menipu konsumen.

Nah, kamu bisa menerapkan enam tips berikut ini ketika ingin membeli smartphone idamanmu lewat online shop. Yuk, cek list selengkapnya di bawah ini.

1. Cermati dengan teliti deskripsi smartphone

6 Tips Membeli Smartphone Secara Online Agar Tidak TertipuPixabay.com/Firm Bee

Jangan terburu-buru mengklik tombol order  begitu merasa harga yang tertera pada smartphone  incaranmu tergolong murah atau stoknya tinggal sedikit. Apalagi jika kamu hanya melihat sekilas judul produk tanpa melihat thumbnail  gambarnya.

Cermati dengan teliti deskripsi yang ditaruh oleh penjual dikolom yang tersedia. Pastikan spesifikasi dan isi box smartphone incaranmu sesuai dengan spesifikasi yang tersedia di website resminya. Kamu juga bisa mengecek spesifikasinya di situs GSM Arena.

Hal ini berguna agar produk yang sudah kamu beli, bukan akesoris atau miniatur dari smartphone incaranmu atau ternyata produk lain yang bukan kamu inginkan. Tentunya kamu akan sangat menyesal ketika barang tersebut sampai, ternyata tidak sesuai dengan harapanmu.

2. Jangan tergiur dengan harga miring yang ditawarkan

6 Tips Membeli Smartphone Secara Online Agar Tidak TertipuPixabay.com/Nastya Gepp

Biasanya smartphone  palsu atau penjual yang berniat menipu, akan memasang harga yang sangat miring, berbeda jauh dengan harga normal yang ditawarkan oleh toko-toko yang lain bahkan dari harga resmi saat dirilis.

Selain itu, biasanya penjual yang tidak bertanggungjawab akan mengakali hal tersebut dengan memberikan diskon yang sangat besar bahkan tergolong tidak masuk akal. Apalagi jika bukan pada momentum harbolnas, flash sale atau promo e-commerce.

Oleh karna itu, sebaiknya kamu mengecek langsung harga smartphone  yang kamu incar di website resminya, kemudian bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh penjual di toko online tersebut.

3. Perhatikan rating dan predikat toko penjual

6 Tips Membeli Smartphone Secara Online Agar Tidak TertipuPixabay.com/Pexels

Toko yang memiliki rating yang tinggi biasanya sudah dapat dikatakan amanah dalam berjualan dan tidak akan menipu calon pembelinya. Apalagi jika rating toko tersebut hampi mendekati angka rating sempurna/tertinggi.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan predikat yang diberikan oleh situs e-commerce ke toko tersebut. Hal ini juga bisa kamu jadikan patokan untuk menilai apakah toko tersebut sudah berpengalaman baik dalam melayani para konsumen.

Baca Juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Membeli Laptop Bekas Pakai 

4. Baca ulasan dari para pembeli

6 Tips Membeli Smartphone Secara Online Agar Tidak TertipuPixabay.com/Rawpixel

Tak hanya rating atau predikat penjual, sebaiknya kamu juga membaca ulasan para pembeli yang melakukan transaksi di toko tersebut. Perhatikan secara detail apa yang menjadi kekurangan maupun tanggapan positif para pembeli.

Jika memungkinkan, pilih ulasan para pembeli yang disertai dengan gambar agar review toko tersebut semakin menyakinkan. Selain itu, usahakan untuk memfilter ulasan terbaru untuk dijadikan referensi apakah toko tersebut dapat dipercaya. 

5. Tambahkan opsi asuransi

6 Tips Membeli Smartphone Secara Online Agar Tidak TertipuPixabay.com/Pexels

Meskipun kamu harus membayar biaya ekstra lagi, toh tidak ada salahnya menambahkan opsi asuransi agar smartphone  yang kamu pesan aman selama perjalanan menuju tempatmu. Selain itu, jika terjadi kerusakan atau hilang, kamu tidak perlu lagi repot mengurus proses administrasinya yang biasanya tergolong relatif lama.

6. Beli langsung di toko online resminya

6 Tips Membeli Smartphone Secara Online Agar Tidak TertipuPixabay.com/Rawpixel

Tentunya cara ini dijamin tidak akan membuatmu kecewa karna smartphone yang kamu inginkan merupakan barang palsu atau tidak sesuai dengan ekspektasimu. Selain itu, biasanya kamu juga akan mendapatkan promo khusus apabila membeli di situs resminya.

Kamu bisa mengecek situs e-commerce yang bekerjasama dengan pihak OEM dalam memasarkan produk buatannya. Biasanya nama toko resmi mereka disertai dengan embel-embel "official store".

Nah, biar gak ketipu saat membeli smartphone, pastikan kamu telah melakukan enam tips di atas yaa.

Baca Juga: 9 Cara Cepat Menambah Followers Instagram Tanpa Membelinya

Irvin Photo Community Writer Irvin

Merdeka dalam berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You