Comscore Tracker

Cara Membersihkan HP yang Tepat, agar Efektif Bebas dari Kuman

Hayo, siapa yang gak pernah membersihkan HP?

HP adalah benda yang selalu menemanimu ke mana-mana. Kamu membawanya ketika bekerja, makan, tidur, dan bahkan ketika ke toilet. Kamu juga tanpa sadar menaruhnya di sembarang tempat. Mulai dari di dalam kantong celana yang berkeringat, di atas meja yang berdebu, dan lainnya. 

Melihat semua kebiasaan tersebut, smartphone yang kamu pakai itu pasti sangatlah kotor. Studi dari University of Arizona bahkan menunjukkan bahwa jumlah kuman dan bakteri yang melekat di HP sepuluh kali lebih banyak daripada yang ada di tempat duduk toilet. Bayangkan, semua kuman itu akan tertransfer ke tangan dan wajahmu. Ew!

Oleh karena itu, smartphone harus dibersihkan secara rutin, setidaknya dua hari atau tiga hari sekali. Jika kamu malas, seminggu sekali pun tak apa. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Yuk, simak tip membersihkan smartphone secara tepat berikut ini!

1. Metode membersihkan yang paling mudah

Cara Membersihkan HP yang Tepat, agar Efektif Bebas dari Kumanhappeningmag.com

Cara pertama ini bisa kamu terapkan sehari-hari, terutama jika yang menempel hanyalah debu atau kotoran ringan saja. Berikut ini caranya:

  • Matikan smartphone terlebih dahulu;
  • Bukalah case smartphone jika kamu menggunakannya;
  • Rendam case di dalam air hangat lalu keringkan. Ini berlaku untuk case yang terbuat dari silikon atau plastik;
  • Ambil kain yang biasa digunakan untuk lap kacamata, beri sedikit air hangat, lalu usapkan pada bodi smartphone;
  • Ambil cotton bud, beri sedikit air hangat di ujungnya;
  • Bersihkan wilayah-wilayah kecil pada smartphone menggunakan cotton bud tersebut. Misalnya sekitar kamera, sudut-sudut, serta sekitar lubang untuk earphone dan charger;
  • Setelah itu, biarkan sampai jejak-jejak air mengering. 

2. Trik untuk menghilangkan kuman dan bakteri

Cara Membersihkan HP yang Tepat, agar Efektif Bebas dari Kumangermishield.com

Air hangat saja tidak bisa menghilangkan kuman dan bakteri yang melekat pada smartphone. Namun cara tersebut efektif untuk membersihkan bekas sidik jari, minyak, debu, dan kotoran lainnya. Jika kamu merasa itu saja gak cukup, maka cobalah ikuti cara berikut ini yang ampuh mengusir kuman dan bakteri:

  • Gunakan kain untuk lap kacamata;
  • Campurkan alkohol dan air dengan perbandingan 2:3;
  • Kamu bisa mengganti alkohol dengan cairan hand sanitizer;
  • Setelah tercampur, taruh di atas kain, kemudian usapkan pada layar dan bodi smartphone;
  • Jangan lupa membersihkan bagian-bagian kecil juga, ya.

3. Trik membersihkan pasir yang menempel pada smartphone

Cara Membersihkan HP yang Tepat, agar Efektif Bebas dari Kumanistockphoto.com

Setelah pulang dari pantai, sering kali pasir menempel pada smartphone kita. Jika dibiarkan ini akan menjadi masalah karena material pasir yang kecil itu bisa masuk dan terperangkap di port. Oleh karena itu, kita harus segera membersihkannya. 

Dilansir dari CNET, cara terbaik untuk menghilangkan semua butiran pasir adalah menggunakan selotip atau isolasi. Rentangkan di sepanjang port, speaker, dan bagian berlubang lainnya. Kemudian, goyangkan smartphone perlahan agar butiran menempel pada permukaan yang lengket itu. Lepaskan jika sudah selesai. 

Jika masih ada butiran pasir di bagian dalam, kamu bisa mengambilnya dengan jarum atau tusuk gigi. Ingat, lakukan dengan perlahan agar tidak merusak komponen di bagian dalam.

Baca Juga: 7 Mitos Power Bank yang Salah Kaprah, Kamu Harus Tahu Kebenarannya

4. Trik menghapus makeup yang menempel pada layar

Cara Membersihkan HP yang Tepat, agar Efektif Bebas dari Kumanpicdn.net

Bagi para pengguna makeup, menerima telepon adalah bagian yang cukup menyusahkan. Pasalnya bedak, foundation, dan blush sering kali menempel pada layar smartphone setelah kita menempelkannya di telinga. 

Gak perlu khawatir, noda tersebut cukup mudah untuk dibersihkan kok. Akan tetapi jangan memakai makeup remover, ya. Sebab zat kimia di dalamnya bisa merusak smartphone kita. Terlebih lagi sebagian makeup remover mengandung minyak yang justru memperburuk situasi. 

Kamu bisa coba menggunakan air hangat terlebih dahulu. Caranya sama dengan poin nomor satu. Namun jika noda tak kunjung hilang, coba tambahkan sedikit cairan alkohol dan air ke atas kain yang kamu gunakan. Lalu usapkan pada layar.

5. Bisakah kita mencuci smartphone yang water resistant?

Cara Membersihkan HP yang Tepat, agar Efektif Bebas dari Kumanchinavasion.com

Sejumlah smartphone memang dilengkapi dengan kemampuan water resistant atau tahan air. Contohnya iPhone 7 hingga yang terbaru, Samsung Galaxy S series, dan Note series. Namun bolehkah kita mencucinya? 

Walaupun didesain tahan air, sebaiknya kamu tidak mengguyur atau bahkan memasukkan smartphone itu ke dalam air hanya untuk membersihkannya. Tetap gunakan kain untuk membersihkannya. Kamu bisa menggunakan air yang lebih banyak yang diresapkan ke kain tersebut, tapi jangan lupa dikeringkan juga, ya!

6. Jangan gunakan bahan-bahan ini untuk membersihkan HP-mu

Cara Membersihkan HP yang Tepat, agar Efektif Bebas dari Kumandigitaltrends.com

Ada sejumlah bahan yang sering digunakan untuk membersihkan smartphone tetapi ternyata justru akan merusak. Apa sajakah itu? Berikut ini di antaranya:

  • Segala jenis sabun;
  • Pembersih kaca;
  • Tisu kering;
  • Makeup remover;
  • Cuka;
  • Pemutih.

Gimana, mudah sekali, kan? Lakukan cara-cara di atas secara rutin, ya! Dengan begitu, smartphone-mu terbebas dari kuman dan bakteri yang berbahaya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Waspada Malware Virus Corona yang Merusak HP dan PC, Kenali Faktanya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya