Comscore Tracker

5 Game yang Memiliki Protagonis Lebih dari Satu!

Seperti kata orang-orang, the more the merrier

Umumnya dalam suatu cerita kita akan disuguhkan dengan petualangan seorang tokoh utama atau protagonis untuk menyusuri setiap plot penting dan mencapai sebuah kesimpulan dari sebuah cerita. Hal serupa juga terjadi pada video game yang berfokus pada narasinya, di mana kita akan bisa mengontrol sang protagonis sembari menikmati progres cerita hingga mencapai klimaksnya.

Namun tidak semua cerita mengikuti formula yang sama. Kadang untuk memberikan variasi narasi, ada elemen unik yang ditambahkan. Salah satunya adalah hadirnya lebih dari satu protagonis. Selain untuk memperluas sebuah plot kita bisa melihat berbagai persepsi dari setiap tokoh utamanya. Di video game pun formula unik ini juga sangat menarik selain dari sisi ceritanya yang semakin luas kita sebagai player juga bisa menikmati gameplay yang beragam dari setiap tokoh utamanya.

Berikut ini beberapa rekomendasi game yang memiliki formula di mana para gamers bisa memainkan lebih dari satu karakter utama.

1. Detroit Become Human

5 Game yang Memiliki Protagonis Lebih dari Satu!tiga protagonis utama di game Detroit Become Human (.dok Quantic Dream/Detroit Become Human)

Game buatan developer Quantic Dream yang dirilis pada tahun 2018 ini sangat berfokus pada narasinya yang menarik karena kita sebagai player akan memiliki kontrol penuh dengan jalan cerita pada gamenya. Detroit Become Human bercerita tentang android atau manusia robot buatan manusia yang mulai memiliki kesadaran dan keinginan untuk bebas layaknya manusia biasa. Player bisa menentukan nasib para protagonis dan jalan cerita melalui berbagai pilihan dialog dan tindakan yang akan merujuk ke berbagai ending yang berbeda-beda.

Selain endingnya yang banyak protagonis dalam game ini pun juga lebih dari satu, total ada tiga tokoh utama yang bisa kita mainkan mereka adalah Connor, Marcus, dan Kara. Kita akan disuguhkan tiga perspektif cerita dari setiap protagonisnya. Namun nantinya akan ada beberapa kesempatan di mana kita akan dapat berjumpa dengan salah satunya. Kemudian cerita mereka bertiga akan mencapai konklusi yang sama di akhir gamenya.

2. Nier: Automata

5 Game yang Memiliki Protagonis Lebih dari Satu!para android yang menjadi protagonis di game ini (.dok Platinum Games/Nier: Automata)

Berikutnya masih tentang game yang menceritakan tentang android namun kali ini merupakan versi anime dari Jepang yaitu Nier: Automata. Game kreasi Platinum Games ini juga memiliki berbagai ending yang berbeda-beda. Total ada 15 ending yang tersedia. Game ini menceritakan tentang para android yang dikirim untuk menyelamatkan para manusia dari serangan robot alien yang telah menginvasi planet bumi.

Selain gameplay yang adiktif dan cerita yang unik salah satu daya tarik dari Nier: Automata adalah sang protagonis yang bernama 2B yang pada saat diumumkan langsung digandrungi oleh para gamer karena desainnya yang sangat waifuable. Mungkin untuk yang belum memainkan gamenya akan berfikir bahwa 2B merupakan sang protagonis namun kenyataannya game ini memiliki 3 protagonis yang bisa kalian mainkan, selain 2B ada 9S android laki-laki yang biasa bersama 2B dan juga android misterius bernama A2.

Baca Juga: Apa Itu Game AAA? Simak 5 Klasifikasi Game yang Wajib Kamu Tahu

3. Octopath Traveler

5 Game yang Memiliki Protagonis Lebih dari Satu!kedelapan sosok hero di Octopath Traveler (.dok Square Enix/Octopath Traveler)

Octopath Traveler merupakan game JRPG buatan Square Enix yang memiliki visual estetik retro HD-2D yang biasanya digunakan untuk game klasik zaman konsol NES. Walaupun memiliki visual yang jadul namun game ini berhasil menuai kesuksesan dan telah dirilis hampir di semua platform gaming dari PC sampai android. Tidak hanya itu tahun depan Octopath traveler juga resmi mendapatkan sekuel. Artinya game ini berhasil mendapat respons positif dari para gamers

Game ini tidak hanya memiliki 1 atau 2 protagonis saja namun ada 8 karakter utama yang bisa kita mainkan dan setiap karakternya akan memiliki cerita mereka sendiri. Semua protagonis dalam game ini memiliki job class yang berbeda dan unik satu sama lain. Selain itu mereka juga memiliki action command yang berbeda-beda yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

4. Grand Theft Auto V

5 Game yang Memiliki Protagonis Lebih dari Satu!GTA pertama yang memiliki protagonis lebih dari satu (.dok Rockstar/Grand Theft Auto V)

Grand Theft Auto V merupakan game pertama dalam franchise GTA yang memiliki protagonis lebih dari satu. Franklin, Michael, dan Trevor merupakan nama para protagonis game terbaru keluaran Rockstar ini. Ketiga tokoh utama ini akan memiliki misi khusus untuk mereka sendiri namun seiring cerita akan juga kerap bekerja sama.

Para protagonis ini pun memiliki aset mereka sendiri seperti rumah dan kendaraan yang bisa diakses oleh para player. Bukan cuma itu mereka juga memiliki kemampuan unik yang berbeda-beda seperti Michael yang bisa melambatkan waktu sembari membidik dengan senjata atau Trevor yang bisa masuk ke dalam berserk mode atau Franklin yang juga bisa melambatkan waktu saat mengemudi. Para player pun bisa dengan bebas memilih siapa yang akan mereka kendalikan sewaktu free roam di gamenya.

5. Devil May Cry 5

5 Game yang Memiliki Protagonis Lebih dari Satu!tiga protagonis badass DMC V (.dok Capcom/Devil May Cry V)

Masih seperti DMC 4 yang berfokus pada protagonis yang lebih dari satu Devil May Cry 5 juga akan mengajak kita membantai para iblis dengan 3 protagonis berbeda yaitu Dante, Nero, dan karakter baru bernama V. Menceritakan ketiga tokoh utama yang memiliki tujuan yang sama yaitu mengalahkan raja iblis bernama Urizen yang memiliki tujuan untuk memusnahkan dunia manusia.

Setiap Protagonis juga memiliki play style bertarung dan kemampuan yang berbeda-beda seperti Nero yang memiliki tangan mekanik dengan bermacam-macam kemampuan , Dante dengan ciri khasnya yang memiliki berbagai senjata, hingga V yang bisa mengendalikan iblis seperti seorang summoner. Penggunaan RE Engine pada game ini juga mengubah total visual DMC yang dulunya terkesan kartunis menjadi terlihat lebih nyata hal ini juga berpengaruh ke model para protagonisnya sehingga mereka terlihat lebih hidup.

 

Nah, Bagaimana teman-teman rekomendasi game dengan tokoh utama yang lebih dari satu di atas? Tertarik untuk memainkannya?

Baca Juga: 7 Seri Game Bertema J-RPG Paling Laris Sepanjang Masa

Izzan Adialami Photo Writer Izzan Adialami

Trying to typing something entertaining

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya