Comscore Tracker

Acer Rilis Chromebook Tab 10, Tablet Berbasis Chrome OS Pertama di Dunia

#Gadget101 Gak hanya di laptop, kini ada tablet berbasis Chrome OS

Chrome OS telah berjalan di laptop, desktop, konvertibel, dan ketiganya, tetapi belum ada Chrome OS yang berjalan di tablet. Hingga akhirnya Acer merilis Chromebook Tab 10, tablet pertama yang menjalankan Chrome OS.

Chromebook Tab 10 Acer disebut-sebut akan menyaingi iPad. Karena model tersebut diumumkan Acer tepat satu hari sebelum Apple mengumumkan model low-cost terbarunya.

Bagaimana spesifikasi Chromebook Tab 10 ini?

1. Dengan spesifikasi mirip iPad, Tab 10 dilengkapi dengan stylus

Acer Rilis Chromebook Tab 10, Tablet Berbasis Chrome OS Pertama di Duniaacer.com

Tab 10 memiliki layar 9,7 inci dan layar 2048 x 1536 layaknya iPad. Dengan baterai yang diperkirakan mampu bertahan 9 jam masa pakai, tablet ini juga didukung dengan prosesor OP1, kamera depan dan belakang, RAM 4GB, penyimpanan 32GB, dan Port USB-C. Ada juga slot kartu microSD dan headphone jack.

Tetapi yang sangat penting adalah Tab 10 juga memiliki dukungan stylus kecil yang terpasang di dalamnya seperti seri Samsung Galaxy Note. Stylus bermerek Wacom itu tidak memerlukan baterai atau pengisian daya tambahan apa pun.

2. Menargetkan sekolah-sekolah sebagai pilihan classroom computer

Acer Rilis Chromebook Tab 10, Tablet Berbasis Chrome OS Pertama di Duniaacer.com

Selain Chrome OS, Tab 10 juga dapat menjalankan aplikasi Android. Acer dan Google mencoba untuk  menyaingi Apple dengan tablet yang fokus untuk meningkatkan Chrome OS di pasar edukasi seperti sekolah-sekolah.

Sekolah juga sudah dapat menggunakan Chrome OS, karena sistem operasi Google saat ini mendominasi penjualan komputer ruang kelas (classroom computer) karena biaya rendah dan alat pemeliharaan cloud yang ekstensif.

3. Dijual seharga Rp 4,5 jutaan dan rilis di seluruh dunia pada bulan Mei mendatang

Acer Rilis Chromebook Tab 10, Tablet Berbasis Chrome OS Pertama di Duniaacer.com

Tablet ini akan dijual seharga $ 329 atau Rp 4,5 jutaan. Harga yang sama dengan iPad entry-level Apple saat ini.

Untuk harga Rp 4,5 jutaan, Tab 10 agak lebih mahal daripada Chromebook lainnya, yang dijual di bawah $ 300 atau Rp 4,1 jutaan. Tetapi jika sekolah mencari tablet seperti iPad, Acer baru saja memberi pilihan baru.

Tablet ini mulai dijual di Amerika Utara bulan April 2018, kemudian meluas di seluruh dunia pada bulan Mei mendatang.

jcnd Photo Verified Writer jcnd

thalitajacinda.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya