Comscore Tracker

HP Luncurkan Chromebook X2, Tablet Berbasis Chrome OS

#Gadget101 Saingan berat iPad Pro nih!

Beberapa waktu yang lalu, Acer mengumumkan tablet pertama yang menjalankan Chrome OS. Nah, 9 April kemarin giliran pabrikan teknologi HP yang mengumumkan peluncuran tablet kedua dengan versi high-end.

Tablet satu ini disebut Chromebook x2. Konon, kabarnya tablet ini dirancang dengan kegunaan mirip dengan iPad Pro. Berapa harganya dan apa saja spesifikasi yang diusungnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Chromebook X2 memiliki spesifikasi yang mumpuni, gak kalah dari iPad Pro terbaru keluaran Apple

HP Luncurkan Chromebook X2, Tablet Berbasis Chrome OSnews.softpedia.com

Chromebook x2 memiliki layar 12,3 inci, sementara iPad Pro memiliki layar sedikit lebih besar yakni 12,9 inci. Selain itu Chromebook x2 dilengkapi dengan penutup keyboard, dan mendukung input stylus.

Chromebook x2 memiliki prosesor Core m3 dari generasi sebelumnya yakni chip Kaby Lake. Selain itu, tablet ini juga dilengkapi RAM 4GB (dapat dikonfigurasi dengan 8GB), penyimpanan 32GB, resolusi layar 2400 x 1600, speaker stereo, kamera depan 5MP, kamera belakang 13MP, dua port USB-C, slot kartu microSD, headphone jack, dan perkiraan masa pakai baterai 10,5 jam.

Wah, sepertinya menarik juga ya spesifikasi yang diusung tablet 'kembaran' iPad Pro ini!

2. Dilengkapi dengan penutup keyboard dan stylus, tablet ini dibanderol Rp 8,2 jutaan

HP Luncurkan Chromebook X2, Tablet Berbasis Chrome OSengadget.com

Beratnya sedikit lebih dari iPad Pro dan juga sedikit lebih tebal dari iPad Pro, tapi gak terlalu banyak kok. Keunggulan utama dari tablet ini adalah adanya paket lengkap yang tersedia dan jauh lebih murah: Chromebook x2 biaya 599 dollar AS atau sekitar Rp 8,2 jutaan untuk konfigurasi dasar yang dilengkapi dengan penutup keyboard dan stylus.

3. Bakal dirilis pada bulan Juni mendatang

HP Luncurkan Chromebook X2, Tablet Berbasis Chrome OSxda-developers.com

Sementara itu, iPad dibanderol mulai dari 649 dollar AS atau sekitar Rp 8,9 jutaan untuk tablet (yang lebih kecil), dan kamu perlu mengeluarkan 1.067 dollar AS atau sekitar Rp 14,6 jutaan jika menginginkan model 12,9 inci dengan keyboard dan pena.

Jadi, jika kamu berpikir untuk menggunakan tablet dengan sistem operasi modern sebagai komputer portabel, HP tentu jadi pilihan yang lebih murah. HP berencana meluncurkan Chromebook x2 sekitar bulan Juni mendatang. Minat nih?

jcnd Photo Verified Writer jcnd

thalitajacinda.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya