Comscore Tracker

5 Tips Memotret Sunset Layaknya Fotografer Profesional

Jangan sampai terlewat moment satu ini

Indonesia merupakan negara yang sangat indah dengan alam-alamnya. Bahkan keindahan alamnya nggak cuma di satu pulau atau satu provinsi aja. Tapi bisa jadi di tempat tinggalmu juga bisa menikmati keindahan alam yang sangat menyegarkan mata. Tak lepas dari keindahan alam, moment matahari terbenam merupakan salah satu momen yang amat sangat menarik dan bahkan sangat-sangat spesial bagi beberapa orang. Tapi, nggak lucu juga kan kalo misalnya kita ingin mengabadikan momen matahari terbenam tapi kurang persiapan dan lebih parah lagi kita bingung seperti apa mengabadikannya ?

1. Lokasi Sunset

5 Tips Memotret Sunset Layaknya Fotografer Profesionalbalipermatatour.com

Ini yang paling utama, pastikan terlebih dahulu dimana lokasi yang kamu inginkan untuk menangkap momen sunset ini. Zaman sekarang sudah canggih, bila kamu kurang tau lokasi sunset yang ada ditempatmu bisa cari melalui internet. Lebih bagus bila kamu menemukan spot dengan sunset bagus tapi belum banyak diketahui orang karena bisa dengan bebas kamu eksporasi spot tersebut.

2. Waktu

5 Tips Memotret Sunset Layaknya Fotografer ProfesionalBeres.id

Sunset juga dapat diistilahkan dengan momen Golden Time atau momen keemasan karena dapat kita lihat langit tampak kuning keemasan pada sunset. Ini juga salah satu hal yang terpenting dalam memperoleh gambar sunset. Karena momen ini berlangsung cepat, kita harus bisa mengatur strategi agar tidak melewatkannya. Kita harus tau pukul berapa sunset yang ada dilokasi kita karena disetiap lokasi berbeda-beda.

Setelah itu, kita harus tau jarak tempuh lokasi kita berada sebelum mengunjungi lokasi yang ingin kita tuju untuk mengabadikan momen matahari terbenam ini. Paling lambat 30 menit sebelum matahari terbenam karena untuk jaga-jaga kalo misalnya ada kejadian yang tak terduga seperti macet ditengah jalan, nyasar dan sebagainya. Who knows ? 

3. Media Fotografi

5 Tips Memotret Sunset Layaknya Fotografer Profesionalhttp://surabayaonline.co/2016/03/18/inilah-lima-jurus-dasar-untuk-anda-yang-ingin-belajar-fotojurnalistik/

Begitu banyak pilihan menggunakan media apa untuk mengabadikan momen sunset. Berbagai macam kamera DSLR dan kamera digital yang sudah bagus sekali kualitasnya. Bahkan untuk kamera HP sekarang juga sudah bagus sehingga lebih memudahkan kita dalam memotret. Jangan lupa sebelum pergi kelokasi pastikan dahulu persiapan media yang kita gunakan, baterainya dalam keadaan full dan apa saja alat-alat tambahan yang akan dibawa seperti lensa tambahan, filter, ataupun tripod.

4. Sudut Pengambilan Yang Menarik

5 Tips Memotret Sunset Layaknya Fotografer ProfesionalDoc. Pribadi

Pastikan untuk pengambilan dari sunset jangan terlalu kaku atau monoton. Kalau bisa ada cerita dari gambar yang kita ambil seperti aktivitas yang ada disekitar yang bisa kita tangkap dan kita masukkan dalam gambar sunset kita.

5. Foto Bersama Siapa ?

5 Tips Memotret Sunset Layaknya Fotografer ProfesionalShutterstock

Nah, jangan salah sangka dulu. Terkadang memang seru apabila mengejar sunset sendirian sekaligus terlepas dari rutinitas yang membosankan. Tapi terkadang menentukan petualangan kita untuk mengabadikan sunset dengan siapa, bisa jadi cerita tersendiri. Nggak harus pacar, bisa jadi sahabat ataupun keluarga kita karena kadang selain mengabadikan momen ini saja. Menghabiskan waktu seru-seruan di momen keemasan juga menjadi kisah yang bagus. Apalagi pada saat momen "keemasan" tersebut bersama dengan orang yang spesial bagi kamu.

Junaidi Abdillah Photo Community Writer Junaidi Abdillah

Photographer, Traveller, Chocolate Lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You