Comscore Tracker

7 Bahaya Menggunakan VPN untuk Internetan, Ngeri Banget

Hati-hati data kamu bakal diretas

Pemerintah melakukan pembatasan media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran berita hoax yang sedang panas. Namun, justru masyarakat pada beralih ke VPN agar dapat mengakses internet melalui server negara lain.

Tapi tahukah kamu, ternyata penggunaan VPN ini dapat merugikan, lho. Apa saja? Berikut ini 7 dampak berbahaya dari VPN yang wajib kamu ketahui.

1. Pencurian data

7 Bahaya Menggunakan VPN untuk Internetan, Ngeri Bangetzonaloe.com

Ketika terhubung dengan VPN, maka setiap kegiatan lalu lintas dan data kamu akan direkam oleh penyedia jasa VPN tersebut. Data-data itu nantinya akan dimanfaatkan untuk dijual, dibajak, dan melakukan hal-hal jahat lainnya.

2. Penipuan

7 Bahaya Menggunakan VPN untuk Internetan, Ngeri Bangetpandasecurity.com

Apakah kamu pernah dapat SMS dari orang yang tak dikenal yang menawarkan hadiah atau uang? Kira-kira dari mana mereka mempunyai nomor kamu? Yup, itu karena identitas kamu sudah dicuri dari data VPN.

Baca Juga: 5 Smartphone 4G dengan Harga Murah Ini Cocok Buat Kado Lebaran

3. Rawan terkena pembajakan

7 Bahaya Menggunakan VPN untuk Internetan, Ngeri Bangetcsoonline.com

Saat menggunakan VPN gratis, maka jalur lalu lintas internet kamu akan kurang diketahui keamanannya. Akibatnya, kamu sangat mudah diserang oleh para hacker jahat yang ingin mengambil data penting. Bahkan ketika kamu melakukan transaksi mobile atau bermain game, maka hacker akan mengetahui password dan akun kamu.

4. Bikin perangkat lemot

7 Bahaya Menggunakan VPN untuk Internetan, Ngeri Bangettelkopedia.co.id

Keamanan jaringan VPN ini tergolong kurang baik. Oleh sebab itu, perangkat komputer atau smartphone kamu akan mudah disusupi dengan aplikasi dan program yang aneh. Karena itulah, kinerja smartphone atau laptop kamu akan menjadi lemot.

5. Rentan terkena virus

7 Bahaya Menggunakan VPN untuk Internetan, Ngeri Bangetextremetech.com

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, keamanan VPN ini terbilang sangat lemah. Karena keamanannya lemah inilah perangkat kamu akan mudah disusupi virus dan malware.

6. Koneksi internet menjadi lambat

7 Bahaya Menggunakan VPN untuk Internetan, Ngeri Bangetunbox.id

Menggunakan VPN artinya menambah jalur lalu lintas internet baru untuk mengakses situs. Semakin banyak jalur lalu lintas baru, maka semakin lambat juga koneksi kamu untuk mengakses internet atau situs yang ingin dituju.

7. Pencurian bandwidth

7 Bahaya Menggunakan VPN untuk Internetan, Ngeri Bangeteconomictimes.com

Sejumlah bisnis ilegal menggunakan aplikasi VPN gratis untuk mencuri bandwidth dan dijual kepada pihak ketiga. Salah satu contoh terkenalnya adalah Hola VPN. Dalam kebijaksanaannya, Hola VPN mengaku akan mengambil data bandwidth penggunanya dan membagikan ke pihak ketiga.

Itulah ketujuh dampak berbahaya dari penggunaan VPN untuk internetan. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan karena data pribadi kamu akan mudah dicuri atau direntas.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Kanz_ Photo Community Writer Kanz_

Anak muda yang memiliki ketertarikan terhadap gadget dan Momoland...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You