Comscore Tracker

7 Tips Penting dalam Membeli iPhone Bekas Berkualitas, Wajib Teliti!

Membeli iPhone bekas yang berkualitas itu mudah

Siapa yang tak kenal dengan iPhone? Dengan sejumlah keunggulannya, tidak mengejutkan jika harga yang dibanderol juga relatif mahal.

Bagi sebagian orang yang terpincut dengan smartphone berlogo apel tergigit ini namun ingin mendapatkannya dengan harga lebih murah, membeli iPhone bekas adalah solusi terbaik.

Eits, jangan salah! Meskipun bekas pakai, kualitasnya masih setara dengan unit barunya, lho. Untuk mendapatkan iPhone bekas yang berkualitas, tentunya kamu harus lebih teliti.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan? Well, berikut tujuh hal penting dalam membeli iPhone bekas berkualitas.

1. Periksa kesehatan baterai

7 Tips Penting dalam Membeli iPhone Bekas Berkualitas, Wajib Teliti!Unsplash.com/davidgrdm

Kesehatan baterai adalah hal yang krusial. Baterai yang sehat menandakan bahwa penggunaan iPhone juga akan menjadi lebih optimal. Alangkah baiknya baterai iPhone bekas yang kamu pilih masih berada pada kisaran 90% ke atas. 

Mengapa demikian? Karena pada persentase tersebut, performa iPhone bekas pakai dapat dikatakan masih baik, sehingga dapat berfungsi dengan sangat optimal layaknya unit baru. Jadi, meskipun iPhone bekas, performanya tidak kalah jauh dengan iPhone baru.

2. Cek fungsi speaker

7 Tips Penting dalam Membeli iPhone Bekas Berkualitas, Wajib Teliti!Pexels.com/Torsten Dettlaff

Fungsi speaker juga tidak kalah penting. Pastikan kamu mencoba memutar audio maupun video pada iPhone bekas pilihanmu, dan cek apakah speaker dapat berfungsi dengan normal atau tidak. Jika tidak, segera pilih yang lain. 

Tentu kamu tidak ingin iPhone-mu tidak bisa mengeluarkan suara saat memutar audio, video, atau saat melakukan panggilan telepon, bukan?

3. Pastikan kamera berfungsi dengan baik

7 Tips Penting dalam Membeli iPhone Bekas Berkualitas, Wajib Teliti!Pexels.com/Oleg Magni

Kamera iPhone adalah salah satu aset penting yang harus diperhatikan. Ibaratnya, iPhone tanpa kamera yang berfungsi optimal, bagaikan sayur tanpa garam.

Kamera iPhone menjadi idaman penggunanya karena beragam setting-nya yang menyerupai kamera profesional. Jadi, jangan lupa untuk mencoba seluruh fitur kamera untuk memastikan semuanya berfungsi dengan normal, ya!

Baca Juga: 7 Pertimbangan Sebelum Beli iPhone Bekas daripada Nyesal

4. Charger dan earphone dapat terhubung ke iPhone

7 Tips Penting dalam Membeli iPhone Bekas Berkualitas, Wajib Teliti!Pexels.com/Karolina Grabowska

Pastikan unit yang kamu pilih tidak ada gangguan dalam mengisi daya serta dapat terhubung earphone dengan normal. Kalau unit yang kamu pilih memunculkan indikasi yang kurang baik ketika disambungkan dengan charger dan earphone, segera ganti. 

Bagaimana mungkin iPhone-mu dapat berfungsi dengan baik, kalau bahkan tidak bisa tersambung charger dan earphone?

5. Periksa layar dan home button

7 Tips Penting dalam Membeli iPhone Bekas Berkualitas, Wajib Teliti!Pexels.com/Artem Beliaikin

Layar dan home button juga tidak kalah penting, lho. iPhone bekas pakai biasanya memiliki sedikit masalah dengan fungsi layarnya. Terkadang, layar iPhone bekas tiba-tiba redup atau menampilkan garis-garis yang mengindikasikan error.

Di sisi lain, home button juga merupakan hal yang riskan rusak. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh penggunaan yang kurang baik oleh pemilik sebelumnya.

Pastinya kamu tidak ingin iPhone yang kamu pilih bermasalah, bukan? Jadi, jangan lewatkan untuk benar-benar memeriksa layar dan home button-nya.

6. Perhatikan kondisi bodi

7 Tips Penting dalam Membeli iPhone Bekas Berkualitas, Wajib Teliti!Pexels.com/Jess Bailey Designs

Setelah semua fitur di atas terpenuhi dengan baik, hal selanjutnya adalah perhatikan kondisi bodi iPhone yang kamu pilih. Kejelian sangat diperlukan agar mendapat bodi iPhone bekas yang mulus layaknya unit baru. 

Namun, goresan kecil yang tidak terlalu kelihatan sebenarnya juga tidak masalah. Hal ini tidak lain karena iPhone ini adalah barang bekas pakai, tentu ada bagian kecil dari bodinya yang tidak terlalu mulus. Hanya saja, pastikan barang yang kamu pilih masih tergolong sangat baik. It’s totally fine! 

7. Cek nomor IMEI

7 Tips Penting dalam Membeli iPhone Bekas Berkualitas, Wajib Teliti!Pexels.com/Brett Jordan

Last but not least, IMEI. Sebelum deal dengan pilihan iPhone yang kamu mau, pastikan kamu mengecek IMEI-nya. Selanjutnya, cocokkan IMEI pada smartphone sama dengan yang tertera pada kotak kardus bawaannya. 

Jika sudah sesuai, berarti iPhone yang kamu pilih adalah barang resmi, terdaftar, dan bukan refurbish apalagi palsu.

 

Itulah tujuh hal penting dalam membeli iPhone bekas berkualitas. Jika semua sudah kamu lakukan, kamu bisa deal dengan yakin, deh. Jadi, tidak akan ada yang namanya penyesalan setelah membeli. Nah, sudah siap berburu iPhone bekas? Jangan sampai salah pilih, ya!

Baca Juga: 7 Cara Cek IMEI iPhone untuk Tahu Asli Atau Palsu

Maesa Dwipayana Photo Writer Maesa Dwipayana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya