Comscore Tracker

7 Aplikasi Buatan Indonesia Ini Mendukung Kesejahteraan Petani Lokal

Kesejahteraan petani lokal kini ada di tanganmu!

Sedari kecil, kita diberi tahu jika Indonesia adalah negeri agraris. Meski produksi pertanian dan perkebunan melimpah, gak jarang ada petani yang hidup di bawah garis kemiskinan. What can we do to solve that problem?

Untungnya, di era sekarang kita bisa dengan mudah terkoneksi dengan internet. Kini, petani lokal terfasilitasi dengan teknologi. Mari kita dukung petani lokal dengan cara mengunduh aplikasi berikut!

1. Tanihub

7 Aplikasi Buatan Indonesia Ini Mendukung Kesejahteraan Petani Lokaltanihub.com

Yang pertama, ada TaniHub. Aplikasi satu ini telah mencapai 50 ribu unduh di Google Playstore dengan rating 4,2. TaniHub sendiri adalah startup yang didirikan pada tahun 2015 dengan visi misi memberdayakan petani lokal dengan menyediakan akses pasar dan akses keuangan, ungkap laman resmi TaniHub.

TaniHub sendiri memiliki berbagai macam produk, mulai dari buah-buahan, sayuran, unggas dan telur yang semuanya didapat dari hasil kerja keras petani lokal kita. FYI, layanan TaniHub baru tersedia di wilayah Jadetabek, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya saja saat ini. Mari kita doakan agar jangkauan TaniHub menjadi lebih luas, ya!

2. Tukangsayur.co

7 Aplikasi Buatan Indonesia Ini Mendukung Kesejahteraan Petani Lokaldailysocial.id

Sama seperti TaniHub, Tukangsayur.co juga sudah mencapai lebih dari 50 ribu unduh di Google Playstore dan mendapatkan rating 4,4. Sejarah dibuatnya aplikasi Tukangsayur.co adalah dari pengalaman pribadi founder-nya, Chelly Triwibowo yang kesulitan membeli keperluan rumah tangga. Akhirnya, bersama dua rekannya, Endang Achmad dan Miftah Sanaji, mereka pun membuat Tukangsayur.co untuk menjembatani tukang sayur ke pangsa pasar yang lebih luas dengan pendekatan digital.

Mengoperasikan aplikasi ini pun mudah. Kita bisa melakukan pemesanan mulai dari jam 09.00 hingga 21.00, lalu mitra Tukangsayur.co dengan radius terdekat akan memproses pesanan yang masuk.

Pesanan diantar keesokan harinya dengan pilihan pembayaran transfer bank atau COD. FYI, layanan ini baru bisa diterapkan di beberapa kota saja, seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok, Bandung, Cileunyi, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Bali.

3. Pak Tani Digital

7 Aplikasi Buatan Indonesia Ini Mendukung Kesejahteraan Petani Lokalruangmahasiswa.com

Meski baru mencapai 10.000 unduh di Google Playstore dan rating 4,3, namun aplikasi Pak Tani Digital ini gak boleh kamu sepelekan! Pak Tani Digital hadir sebagai aplikasi marketplace di bidang pertanian dan baru saja dirilis pada November 2018 lalu. Meski begitu, produk di dalamnya sudah cukup lengkap, lho.

Uniknya, di sini gak hanya menjual produk pertanian seperti sayuran dan buah, tetapi juga berbagai kebutuhan petani seperti pupuk, bibit, insektisida, mesin pertanian, traktor dan lain sebagainya. Ada pula jasa transporter untuk mengangkut hasil pertanian dan akan mempermudah petani. Selain itu, harga tiap produk juga sudah tertera jelas, sehingga kamu gak perlu mengira-ngira akan habis biaya berapa.

4. Sayurbox

7 Aplikasi Buatan Indonesia Ini Mendukung Kesejahteraan Petani Lokalmyfave.com

Aplikasi dengan slogan 'Klik, Panen, Kirim' ini telah mencapai rekor unduh yang fantastis, yakni 100 ribu download di Google Playstore dan rating 4,5. Ada lebih dari 600 jenis produk segar dari petani lokal yang bisa kamu pilih dan bisa langsung dikirimkan ke rumah kamu. Mulai dari sayur, buah, beras, daging, ikan sampai bumbu dapur. Lengkap!

Ada juga produk siap saji, seperti salad, buah potong, rujak buah, rice box sehat, dressing sauce untuk salad sampai jus buah. Gak hanya itu, harganya pun cukup terjangkau!

Ada pula promo gratis ongkir dengan minimal pembelian Rp100 ribu dan berbagai promo menarik lainnya. Selain dari aplikasi, kamu juga bisa menjangkau via website Sayurbox. Tertarik untuk membeli dan bantu petani lokal?

Baca Juga: 5 Fakta tentang TaniHub, Aplikasi E-Commerce untuk Petani

5. Simbah

7 Aplikasi Buatan Indonesia Ini Mendukung Kesejahteraan Petani Lokalplay.google.com

Meski baru mencapai 1.000 unduhan di Google Playstore dan rating 4,7, Simbah merupakan aplikasi yang sangat membantu petani di era digital seperti sekarang. Selayaknya marketplace, berbagai produk pertanian dijual di sini, seperti beras, sayur, bumbu dapur, sampai benih, pupuk dan mesin pertanian. 

Uniknya, aplikasi Simbah memiliki sistem artificial intelligence yang bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan secara otomatis dari petani. Misalnya, kita bisa bertanya tentang mengatasi hama pada tanaman, sistem AI di aplikasi ini akan menjawabnya dengan solusi yang bisa kamu coba.

6. Agripedia

7 Aplikasi Buatan Indonesia Ini Mendukung Kesejahteraan Petani Lokalyoutube.com

Sama halnya dengan Simbah, aplikasi Agripedia juga baru mencapai 1.000 kali unduhan. Visi misinya juga tak jauh berbeda, yaitu sebagai penghubung langsung antara petani dan konsumen. Produk yang dijual pun beragam, mulai dari daging sapi, ayam, buah, sayur, beras dan bumbu dapur.

Keunggulan lainnya adalah harga yang kompetitif beserta promo gratis ongkir untuk pembelian dengan minimal tertentu. Kalau kesulitan mengoperasikan aplikasi ini, kamu bisa melakukan chat dengan customer service untuk meminta bantuan. Pilot project aplikasi Agripedia ini dimulai dari Bogor dan akan menyebar ke kota-kota lainnya di Indonesia.

7. RegoPantes

7 Aplikasi Buatan Indonesia Ini Mendukung Kesejahteraan Petani Lokalid.techinasia.com

Terakhir, kita punya aplikasi RegoPantes. Aplikasi tersebut dibuat oleh startup bernama 8Villages. Aplikasi ini diluncurkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada 23 September 2017 silam. Seperti namanya, RegoPantes diharapkan dapat memberi harga yang pantas atau layak pada petani lokal.

Di sini, kita bisa memesan berbagai kebutuhan dapur, seperti beras, buah, sayur, bumbu dapur sampai produk praktis seperti kopi, teh dan madu. Di sini, petani yang paling berkontribusi, profilnya akan dipajang di website resmi RegoPantes sebagai bentuk penghargaan. Hingga kini, aplikasi RegoPantes telah berhasil mendapat 5 ribu unduhan dengan rating 4,3 di Google Playstore.

Nah, itulah 7 aplikasi yang bisa kamu unduh untuk membantu para petani lokal. Yuk dukung mereka agar semakin sejahtera!

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Menghargai Jasa Petani: Tanpa Mereka, Perut Kita Tidak Ada Isinya

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya