Comscore Tracker

Sangat Berguna! Ini 7 Fitur Unik Google Files Go yang Perlu Kamu Tahu

Fungsi utamanya adalah membebaskan ruang di ponsel kita

Apa yang kamu lakukan ketika ruang penyimpanan di handphone mulai penuh? Menghapus satu demi satu file? Atau mengunduh aplikasi yang bisa membersihkan ruang di hape? Rata-rata orang memilih opsi kedua, meski tak jarang aplikasi semacam itu rawan disisipkan virus di dalamnya.

Daripada mengunduh aplikasi yang tak jelas, lebih baik kamu download Google Files Go! Cara kerjanya dinilai lebih efektif dibanding dengan aplikasi sejenis. Simak fitur-fiturnya di sini!

1. Mari mengenal Google Files Go terlebih dahulu

Sangat Berguna! Ini 7 Fitur Unik Google Files Go yang Perlu Kamu Tahuodishasuntimes.com

Sebelum dirilis resmi pada Desember 2018, Google Files Go diluncurkan versi beta pada bulan November di tahun yang sama. Aplikasi ini bekerja pada perangkat Android minimal versi Lollipop atau lebih tinggi. Google mengatakan, kita bisa menghemat hingga 1 GB ruang penyimpanan dengan aplikasi satu ini, kutip laman The Verge.

Google Files Go dirancang untuk memudahkan pengguna untuk mengosongkan ruang pada perangkat mereka, menemukan file dan membaginya dengan rapi berdasarkan kategori. Per Juni 2019, aplikasi ini telah diunduh hingga 100 juta kali.

2. Fungsi utamanya adalah menyingkirkan file yang menghabiskan banyak memori

Sangat Berguna! Ini 7 Fitur Unik Google Files Go yang Perlu Kamu Tahuyoutube.com

Pertama dan terpenting, Google Files Go dirancang untuk menyingkirkan file yang terlalu banyak menghabiskan ruang di handphone. Segera setelah aplikasi di-install, ia akan menganalisis ruang penyimpanan hape serta memberi rekomendasi tentang file dan aplikasi apa saja yang bisa dihapus, terang laman Android Central.

Aplikasi Google Files Go tampil dengan desain yang minimalis dan mudah untuk dioperasikan. Sekilas, desainnya mirip dengan aplikasi Google News dan Google Fit. Ini sengaja dilakukan untuk menghindari distraksi yang tak diperlukan dan membuat pengguna lebih fokus.

3. Bisa dipakai untuk mentransfer file secara offline

Sangat Berguna! Ini 7 Fitur Unik Google Files Go yang Perlu Kamu Tahuventurebeat.com

Tak hanya itu, Google Files Go juga memiliki layanan transfer file bawaan yang bisa bekerja dengan baik, bahkan tanpa perlu terhubung atau terkoneksi dengan internet. Google Files Go memiliki hotspot yang dihubungkan oleh dua perangkat dan memungkinan file untuk ditransfer ke handphone lain.

Jadi, jika kamu ingin mengirim file, yang harus dilakukan adalah menekan tombol 'Bagikan' lalu pilih, apakah kamu menjadi pengirim atau penerima file tersebut. Kita bisa mengirim berbagai file, mulai dari foto, video, aplikasi dan lainnya dengan aman. Asyiknya, tanpa perlu koneksi internet!

4. Bisa bekerja sebagai file manager

Sangat Berguna! Ini 7 Fitur Unik Google Files Go yang Perlu Kamu Tahuthecustomdroid.com

Selain itu, Google Files Go juga bisa bekerja untuk mengatur file dalam hape kita. Dengan fitur browser file yang terintegrasi, kita bisa melakukan pencarian mulai dari dokumen, foto, video, audio dan lain sebagainya. As always, fitur ini bisa bekerja dalam keadaan offline atau tanpa terkoneksi dengan internet.

Lebih lanjut, kita bisa menyortir file tersebut sesuai keinginan. Apakah diurutkan berdasarkan abjad, tanggal atau ukuran, semuanya bisa dilakukan. Kita juga bisa menampilkan thumbnail dari ukuran kecil hingga besar serta bisa melihat ukuran file tersebut secara langsung.

Baca Juga: 7 Fitur Unik ala Google Assistant Ini Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!

5. Bisa menampilkan berapa ruang yang tersisa di ponsel kita

Sangat Berguna! Ini 7 Fitur Unik Google Files Go yang Perlu Kamu Tahukoalakontent.com

Sama halnya dengan file manager, Google Files Go juga bisa menampilkan berapa ruang yang tersisa di handphone kita. Di halaman utamanya, kita langsung tahu berapa total ruang penyimpanan, berapa ruang yang terpakai dan berapa ruang yang tersisa.

Ini memudahkan kita untuk mengetahui sisa ruang di handphone dengan mudah. Jika merasa ruangan penyimpanan sudah penuh, tak ada salahnya untuk mengosongkannya. Google Files Go akan menjadi asisten terbaikmu!

6. Memberi tahu file berukuran besar dan merekomendasikan untuk menghapusnya

Sangat Berguna! Ini 7 Fitur Unik Google Files Go yang Perlu Kamu Tahufossbytes.com

Tak hanya itu, Google Files Go juga akan memberi tahu adanya file berukuran besar di handphone. Kita bisa mengurutkannya dari ukuran terbesar atau terkecil, sebelum mempertimbangkan untuk menghapus atau menyimpannya.

Jika kamu merasa file itu penting, jangan lupa untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum menghapusnya. Tetapi, jika tidak, cukup pilih file dan tekan tombol hapus. Semudah dan sesimpel itu!

7. Menunjukkan ada atau tidaknya file yang terduplikat

Sangat Berguna! Ini 7 Fitur Unik Google Files Go yang Perlu Kamu Tahu9to5google.com

Terakhir, Google Files Go bisa memberitahu jika ada file yang terduplikasi atau file berjumlah ganda di handphone kita. Adanya file ganda ini tidak efisien dan disarankan untuk menghapus salah satunya untuk menghemat ruang. Kamu bisa langsung memilih file tersebut dan menghapus salah satu di antaranya. It's really easy!

Nah, itulah fitur-fitur di aplikasi Google Files Go yang perlu kamu tahu. Tak usah basa-basi, langsung unduh sekarang juga!

Baca Juga: Google+ Resmi Ditutup Setelah 7 Tahun karena Beberapa Alasan Utama Ini

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You