Comscore Tracker

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauh

Kamu pernah punya yang seri apa nih?

Tak bisa dimungkiri, Samsung Galaxy adalah seri smartphone yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, kini seri terbaru dari Samsung Galaxy adalah tipe S10, yang dirilis pada 8 Maret 2019 silam.

Mau tahu seperti apa evolusi Samsung Galaxy series dari waktu ke waktu? Yuk intip perubahannya dari seri paling jadul hingga paling canggih! Check this out!

1. Samsung Galaxy S

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhpocket-lint.com

Pertama kali diluncurkan pada 4 Juni 2010, Samsung Galaxy S bisa dibilang hanya memiliki fitur seadanya. Samsung Galaxy S memiliki OS Android 2.1 dan ukuran layar 800 x 480 Super AMOLED display.

Dilengkapi pula dengan single-core 1 GHz prosesor dan 500 MB RAM. Kamera belakang hanya memiliki resolusi 5 megapiksel, sementara kamera depan memiliki resolusi 0.3 megapiksel.

2. Samsung Galaxy S2

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhphyelectronics.com

Menyusul kesuksesan pendahulunya, Samsung Galaxy S2 dirilis pada 2 Mei 2011. Tak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S, seri ini juga memiliki ukuran layar 800 x 480. Prosesor diperkuat dengan dual-core 1.2 GHz dan RAM berukuran 750 MB. Kamera belakang memiliki resolusi 8 megapiksel dengan kamera depan berukuran 2 megapiksel.

3. Samsung Galaxy S3

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhgadgets.ndtv.com

Setahun kemudian, giliran Samsung Galaxy S3 yang dirilis ke pasaran. Tepatnya pada tanggal 29 Mei 2012. Perbedaan tampak nyata di ukuran layar yang menjadi lebih besar dengan resolusi 1280 x 720. Tak hanya itu, Samsung Galaxy S3 juga diperkuat dengan OS Android 4.0. Hp ini juga memiliki quad-core prosesor 1.4 GHz dengan RAM berukuran 1 GB.

4. Samsung Galaxy S4

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhzdnet.com

Berselang setahun kemudian, kini giliran Samsung Galaxy S4 yang unjuk diri. Dirilis pada 27 April 2013, hp ini memiliki ukuran layar 5 inci full HD. Tak hanya itu, Samsung Galaxy S4 diperkuat dengan prosesor quad-core 1.9 GHz dengan RAM 2 GB. Perubahan drastis terjadi di kamera belakang, menjadi 13 megapiksel! Suatu kemajuan, ya?

5. Samsung Galaxy S5

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhuciphones.co.nz

Beranjak ke Samsung Galaxy S5, apa hal baru yang ingin ditawarkan? Hp yang dirilis pada 11 April 2014 ini memiliki layar 5.1 inci dengan quad-core processor 2.5 GHz dan RAM 2 GB. Ukuran kameranya pun semakin memuaskan, yakni berubah menjadi 16 megapiksel. Samsung Galaxy S5 memiliki baterai 2.800 mAh dan OS Android 4.4.2.

Baca Juga: 5 Spesifikasi Samsung Galaxy A20, Performanya Gahar!

6. Samsung Galaxy S6 & S6 Edge

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhwired.com

Pada tanggal 10 April 2015, secara bersamaan Samsung merilis dua tipe hp sekaligus. Yaitu Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge. Samsung Galaxy S6 memiliki resolusi layar 2560 x 1440 Quad HD Super AMOLED display, octa-core processor dan RAM 3 GB.

Kamera belakang berukuran 16 megapiksel dan kamera depan berukuran 5 megapiksel. Samsung Galaxy S6 Edge memiliki fitur yang sama, perbedaan hanya pada tampilan layar yang bertipe bezel-less.

7. Samsung Galaxy S7 & S7 Edge

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhandroidpit.com

Beralih ke Samsung Galaxy S7, hp ini dirilis pada 11 Maret 2016, bebarengan dengan S7 Edge sekaligus. Ukuran layarnya tak jauh beda dengan Samsung Galaxy S6, namun dengan perbedaan prosesor yang lebih cepat dengan RAM 4 GB. Baterai yang ditanamkan di dalamnya cukup besar, yaitu berukuran 3000 mAh.

8. Samsung Galaxy S8

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhpocket-lint.com

Beranjak ke Samsung Galaxy S8, hp ini dirilis pada 29 Maret 2017 silam. Untuk pertama kalinya, Samsung mengenalkan pada Infinity Display, di mana layar handphone terlihat penuh dan tanpa tepi (bezel-less). Dipersenjatai dengan RAM 4 GB, memiliki memori internal 64 GB yang dapat diperluas hingga 256 GB dengan microSD.

9. Samsung Galaxy S9

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhpocket-lint.com

Dari segi tampilan, Samsung Galaxy 9 terasa tak jauh beda dari Samsung Galaxy S8. Seri S9 ini dirilis pada 16 Maret 2018 dan memiliki beberapa fitur unggulan. Di antaranya adalah kamera dengan resolusi 12 megapiksel, namun dengan diafragma yang bisa diatur, bisa dipilih antara f/1.5 atau f/2.4.

Perubahan ini membuat hasil gambar lebih tajam dan jernih. Selain itu, fitur iris scanning dan facial recognition-nya juga tak kalah canggih.

10. Samsung Galaxy S10

Perkembangan Samsung Galaxy Series dari Awal hingga Kini, Berubah Jauhtrustedreviews.com

Terakhir, kita punya Samsung Galaxy S10! Baru saja dirilis pada 8 Maret 2019, handphone ini memiliki segudang kecanggihan yang membuatmu tergiur. Di antaranya adalah memiliki memori internal 256 GB, baterai 4500 mAh, Android 9.0 dan RAM 8 GB. Kameranya pun tak kalah canggih, karena memiliki 3 kamera belakang plus 1 kamera depan.

Nah, itulah perubahan Samsung Galaxy series dari waktu ke waktu. Apakah nantinya ada Samsung Galaxy S11? We will see!

Baca Juga: 5 Anak Perusahan Samsung Ini Jarang Orang Tahu

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You