Comscore Tracker

7 Prediksi tentang Kamera Smartphone di Tahun 2020, Akan Sebagus Apa? 

Ada kejutan apa di tahun 2020 ini?

Dari tahun ke tahun, teknologi kamera di smartphone semakin membaik dan berkualitas. Tahun lalu, kita dikejutkan dengan munculnya quad camera alias smartphone dengan empat kamera sekaligus. Biasanya, ini adalah kombinasi kamera ultra wide angle, telephoto, normal dan macro lens sekaligus.

Lantas, kejutan apa yang akan muncul pada kamera smartphone di tahun 2020 ini? Inovasi apa lagi yang akan hadir? Let's get closer!

1. 'Perang' resolusi kamera akan terus terjadi

7 Prediksi tentang Kamera Smartphone di Tahun 2020, Akan Sebagus Apa? techjaja.com

Seperti yang kita ketahui, resolusi kamera semakin meningkat dari tahun ke tahun. Misalnya, Huawei P20 Pro yang memiliki kamera 40 megapiksel dengan kamera depan berukuran 24 megapiksel. Atau Xiaomi Mi Note 10 yang memiliki kamera utama berukuran 108 megapiksel. Yep, 108 megapiksel, kamu tak salah baca!

Semakin besar resolusi kamera, semakin banyak piksel yang ada dalam foto. Dengan kamera bermegapiksel besar, kita bisa mencetak foto berukuran besar. Bahkan, Xiaomi Mi Note 10 diklaim bisa mencetak foto seukuran banner! Diperkirakan, di tahun 2020, kamera smartphone akan hadir dengan resolusi yang lebih besar lagi.

2. Bahkan, Samsung akan membuat kamera dengan resolusi 144 megapiksel!

7 Prediksi tentang Kamera Smartphone di Tahun 2020, Akan Sebagus Apa? 90mobiles.com

Masih membahas soal resolusi kamera, tak usah terkejut dengan kemunculan banyak kamera yang memiliki 108 megapiksel. Hal ini akan dianggap lumrah di tahun 2020. Yang lebih mengejutkan, Samsung berencana mengeluarkan kamera dengan resolusi 144 megapiksel dengan ukuran piksel 0,7um, terang laman Android Authority.

Tak kalah mengejutkan, Qualcomm berencana membuat prosesor yang mendukung kamera bermegapiksel besar. Prosesor yang dimaksud adalah Snapdragon 865, yang bisa membuat kamera beresolusi besar bekerja dengan baik di smartphone, ungkap laman CNet. Sudah siap menyongsong perubahan ini?

3. Sensor kamera akan dibuat lebih besar

7 Prediksi tentang Kamera Smartphone di Tahun 2020, Akan Sebagus Apa? sonyreconsidered.com

Tidak hanya 'perang' di resolusi, para brand smartphone juga akan bertempur di sensor kamera. Diperkirakan, di tahun 2020, sensor kamera akan diperbesar. Sensor yang lebih besar akan menangkap lebih banyak cahaya, bahkan di kondisi minim cahaya sekalipun, ungkap laman Android Authority.

Sensor yang lebih besar akan menangkap lebih banyak detail sehingga hasil foto akan lebih tajam dan jernih. Salah satu sensor unggulan yang berukuran besar adalah Sony IMX586. Sensor ini menghasilkan foto dengan resolusi 48 megapiksel. Sensor Sony IMX586 dipakai oleh  Honor View 20 yang menghasilkan foto tajam, detail dan terang.

4. Auto fokus kamera akan bekerja lebih cepat

7 Prediksi tentang Kamera Smartphone di Tahun 2020, Akan Sebagus Apa? 3g.co.uk

Kemampuan mengunci titik fokus objek menjadi pertimbangan di tahun 2020. That's why, tahun ini auto fokus akan bekerja lebih cepat, ujar laman Android Authority memberi bocoran. Dengan auto fokus yang lebih cepat, kamu bisa menangkap objek yang bergerak tanpa blurHasil foto akan menjadi lebih tajam dan jernih.

Selain itu, auto fokus juga bekerja baik di video. Cukup dengan mengetuk layar di bagian yang kita inginkan, auto fokus akan mengunci objek dengan cepat. Sony pun membuat 2x2 On-Chip Lens (OCL) yang menjanjikan high speed focus, high resolution, high sensitivity dan high dynamic range, ungkap Sony di website resminya.

Baca Juga: Ini 5 Desain Kamera Smartphone Masa Kini, Kamu Paling Suka yang Mana?

5. Bisa merekam video dengan format 8K!

7 Prediksi tentang Kamera Smartphone di Tahun 2020, Akan Sebagus Apa? socialapemarketing.com

Video dengan format 4K (3840×2160) membuat gambar terlihat lebih jelas dan realistis. Video 4K memiliki resolusi lebih besar dari Full HD (1920×1080). Sebagai pengguna smartphone, video 4K sudah cukup bagus untuk kita. Namun, kamu akan terkejut, sebab video di smartphone akan dibuat dalam format 8K!

Video 8K ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 865 yang akan diadaptasi oleh banyak smartphone di tahun 2020. Salah satu brand yang akan merilis smartphone dengan video 8K adalah Samsung. Rencananya, Samsung Galaxy S11 akan diluncurkan tahun ini dengan video 8K dengan frame rate 30 fps, ujar XDA Developers.

6. Video super slow motion akan trending tahun ini

7 Prediksi tentang Kamera Smartphone di Tahun 2020, Akan Sebagus Apa? gadgetstouse.com

Dalam beberapa situasi, kita perlu merekam video dengan mode slow motion. Bagi kamu yang suka merekam video slow motion, berbahagialah. Karena tahun ini video super slow motion akan jadi populer! Di tahun 2020, diprediksi akan ada banyak smartphone yang mendukung video dengan gerakan 4 kali lebih lambat.

That's why, akan ada banyak smartphone yang mendukung video 4K dengan frame rate 120 fps. Bahkan, prosesor Snapdragon 865 mendukung video slow motion dengan format HD 960 fps! Dengan prosesor khusus, kita bisa merekam video beresolusi tinggi dengan gerakan lambat tanpa batas waktu, jelas laman Android Authority.

7. Kamera zoom akan jadi populer!

7 Prediksi tentang Kamera Smartphone di Tahun 2020, Akan Sebagus Apa? theverge.com

Terakhir, tahun 2020 akan diwarnai dengan kamera smartphone yang dilengkapi dengan zoom optik. Xiaomi Mi Note 10 sudah memulai dengan dua kamera telefoto untuk zoom jarak jauh dan jarak dekat, jelas laman Android Authority. Lalu, teknologi ini diikuti oleh Vivo dengan X30 Pro 5G, yang memiliki fitur 2x dan 5x zoom.

Nah, itulah 7 prediksi tentang kamera smartphone di tahun 2020. Apakah kamu antusias dan tidak sabar menyambut hal ini datang?

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Kamera Terbanyak, Ada yang Punya 5 Kamera!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya