Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Aplikasi Data Plan Terbaik, Gak Boros Paket Internet deh

Install dulu, rasakan manfaatnya nanti!

Berapa paket data yang kamu habiskan dalam waktu satu bulan? Pernah gak paket datamu yang direncanakan habis dalam 30 hari, ternyata kuotanya sudah habis dalam waktu 2 minggu saja? Pasti menyebalkan harus membeli paket data baru akibat terlalu boros berselancar di internet!

Ingin menghemat paket data, tapi selalu gagal? Tenang, kamu bisa mengunduh aplikasi data plan untuk menghemat paket data! Aplikasi mana saja yang direkomendasikan?

1. My Data Manager

Rekomendasi 7 Aplikasi Data Plan Terbaik, Gak Boros Paket Internet dehimore.com

Ingin melacak ke mana kuota internetmu pergi? Kamu bisa memantaunya dengan aplikasi My Data Manager! Aplikasi ini simpel, mudah digunakan dan mudah dipahami. Kamu bisa melacak penggunaan internet, baik dari data seluler, WiFi maupun saat roaming. Aplikasi ini juga menunjukkan berapa banyak data yang digunakan dalam setiap aplikasi.

Kamu bisa mengatur berapa batas pemakaian data internet per hari. Aplikasi ini akan memberi peringatan apabila kita terlalu boros. Cukup aktifkan alarm dan aplikasi My Data Manager akan mengingatkan apabila kita sudah mencapai 90 persen dari batas paket internet yang telah kita tentukan, ungkap laman iMore.

2. Datally by Google

Rekomendasi 7 Aplikasi Data Plan Terbaik, Gak Boros Paket Internet dehtheverge.com

Kalau kamu ingin yang lebih terpercaya, coba install Datally! Ini adalah aplikasi data plan  yang dibuat oleh Google. Dengan Datally, kamu bisa melacak ke mana paket internetmu pergi dan mengurangi intensitas pemakaian internet. Datally akan menampilkan aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi data dan kapan data itu digunakan.

Lebih lanjut, Datally akan merekomendasikan cara untuk mengurangi pemakaian paket data serta menyarankan untuk terkoneksi dengan jaringan WiFi terdekat, ungkap laman The Verge. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Datally juga bisa membatasi pemakaian paket data harian serta menghentikan penggunaan data saat kita tidur di malam hari.

3. GlassWire

Rekomendasi 7 Aplikasi Data Plan Terbaik, Gak Boros Paket Internet dehtwitter.com/glasswire

Kamu juga bisa mencoba aplikasi GlassWire. Selain tersedia dalam versi mobile, GlassWire juga ada dalam versi PC. Aplikasi ini menyediakan versi gratis dan berbayar. Fitur terbaik GlassWire adalah akan mengirimkan peringatan setiap kali aplikasi menggunakan data, sehingga kamu bisa menutup aplikasi agar tidak boros.

Aplikasi GlassWire akan menunjukkan pemakaian data setiap jam! Sehingga, kamu bisa melacak pada jam berapakah kamu paling banyak memakai data internet. Aplikasi ini juga akan menunjukkan kecepatan internet, memblokir akses internet pada aplikasi tertentu serta memantau penggunaan data harian, mingguan dan bulanan. All in one!

4. DataMan Next

Rekomendasi 7 Aplikasi Data Plan Terbaik, Gak Boros Paket Internet dehbgr.com

Mari beranjak ke aplikasi DataMan Next. Perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Apple saja dan tersedia di AppStore. DataMan Next akan menampilkan penggunaan internet, baik dalam mode selular atau WiFi. Aplikasi ini bisa dikustom sesuai keinginan, mulai dari warna, font pada teks hingga peringatan penggunaan data.

Untuk versi berbayar, fitur tambahan akan disertakan. Seperti bisa melihat konsumsi data internet per jam serta kemampuan untuk mengimpor dan mengekspor statistik penggunaan data kita. DataMan Next juga akan memberitahu apabila kita telah melampaui batas pemakaian internet, jelas laman iPhoneByte.

Baca Juga: Google Luncurkan Aplikasi Datally untuk Menghemat Kuota Internet

5. MobiStat

Rekomendasi 7 Aplikasi Data Plan Terbaik, Gak Boros Paket Internet dehimore.com

Selain itu, kamu juga bisa mencoba aplikasi MobiStat. Sama seperti DataMan Next, MobiStat hanya tersedia untuk pengguna Apple saja. Aplikasi ini bisa mengawasi dengan cermat berapa konsumsi paket data harian dan bisa memprediksi penggunaan data internet dalam satu bulan, jelas laman iMore.

Kita bisa memantau penggunaan data internet, baik dalam mode seluler, WiFi atau roaming. Kita juga bisa melacak riwayat statistik pemakaian internet per hari, bulan atau sepanjang waktu. MobiStat akan memantau penggunaan data secara real time. Tentu saja kamu bisa menghemat paket data seluler dengan aplikasi ini!

6. Smartapp

Rekomendasi 7 Aplikasi Data Plan Terbaik, Gak Boros Paket Internet dehimore.com

Mari berlanjut ke aplikasi Smartapp. Jika kita berlebihan dalam menggunakan paket internet, aplikasi ini akan menyarankan agar kita mengurangi pemakaian paket data dengan jumlah tertentu per hari. Sama seperti aplikasi sejenis, kita bisa mengetahui pemakaian paket data dengan mode seluler atau WiFi.

Pelacakan pun tersedia dalam hari, minggu dan bulan. Kita juga bisa memasang timer sebelum menggunakan paket data dan menghentikannya ketika kita sudah selesai untuk melihat seberapa banyak data yang telah kita konsumsi. Fitur terbaik lainnya adalah Speed Tester, di mana kamu bisa mengetahui kecepatan unggah dan unduh saat ini. Cool!

7. DataFlow

Rekomendasi 7 Aplikasi Data Plan Terbaik, Gak Boros Paket Internet dehiphonebyte.com

Terakhir, ada aplikasi DataFlow yang bisa kamu coba. Seperti beberapa aplikasi lain, DataFlow hanya bisa diakses oleh pengguna Apple. Fiturnya pun sama dengan aplikasi data tracker lain, seperti mencatat pemakaian data seluler atau WiFi. Menariknya, DataFlow terkoneksi dengan Apple Watch, jelas laman iPhoneByte.

Kita bisa melacak pemakaian data per jam, hari, minggu dan bulan. Untuk memperoleh hasil yang akurat dan maksimal, tambahkan widget aplikasi AirLaunch ke pusat notifikasi. Hindari menutup aplikasi DataFlow secara paksa (force close) karena akan mengurangi akurasi pada aplikasi.

Nah, itulah 7 aplikasi data plan yang bisa kamu unduh untuk memantau penggunaan paket data internet. Setelah dicoba, kamu paling suka aplikasi yang mana?

Baca Juga: Super Gampang! Paket Data Lebih Hemat dengan Mobile Data Plan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You