Comscore Tracker

Gak Usah Ribet, Ini 7 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Berkas Pentingmu

Cukup download lalu gunakan!

Segalanya jadi serba mudah di zaman sekarang. Smartphone dan segala kecanggihannya bisa mempermudah hidup manusia. Contoh nyatanya, kini kamu tak perlu repot-repot pergi ke warnet untuk melakukan scan berkas penting. Kamu cukup mengunduh aplikasi scanner di smartphone dan gunakan sesuai kebutuhanmu. Simpel kan?

Belum punya aplikasi scanner? Tenang, kami sudah menyediakan 7 rekomendasi aplikasi yang bisa kamu unduh. Geser layar ke bawah dan selamat membaca!

1. CamScanner

Gak Usah Ribet, Ini 7 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Berkas Pentingmu play.google.com

Berbicara soal aplikasi mobile scanner pasti tak terlepas dari aplikasi ini: CamScanner. Aplikasi ini pertama diluncurkan pada 30 Oktober 2010 dan berhasil memperoleh lebih dari 100 juta unduhan di Google Playstore! CamScanner mengklaim aplikasi buatannya telah diunduh pada lebih dari 360 juta gadget di 200 negara di seluruh dunia. Fantastis!

Dengan CamScanner, cukup gunakan kamera smartphone untuk melakukan scanning pada semua jenis dokumen. Berkas yang sudah di-scan bisa disimpan dalam format JPEG maupun PDF. Jika ingin mengakses fitur lebih, lakukan pembayaran dan upgrade ke versi premium, ya!

2. Adobe Scan

Gak Usah Ribet, Ini 7 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Berkas Pentingmu lowyat.net

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu coba adalah Adobe Scan. Diluncurkan pada 31 Mei 2017, Adobe Scan berhasil memperoleh lebih dari 10 juta unduhan. Dengan Adobe Scan, kamu bisa melakukan scanning pada semua dokumen, lalu simpan ke gadget dalam format PDF. Berkas pun siap untuk dibagikan!

Hal lain yang membuat Adobe Scan spesial adalah kemampuannya untuk memilih teks. Dengan teknologi Adobe Sensei, fitur ini tidak hanya dipakai untuk memindai dokumen, tetapi juga menafsirkan informasi dan menggunakannya untuk membuat kontak baru, ungkap laman Lowyat.net. Canggih, ya!

3. Microsoft Office Lens

Gak Usah Ribet, Ini 7 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Berkas Pentingmu techpluto.com

Selanjutnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Microsoft Office Lens. Dengan Office Lens, kamu bisa mengonversi gambar menjadi file PDF, Word dan PowerPoint! Bahkan, kamu bisa menyimpan hasilnya ke OneNote atau OneDrive. Microsoft sengaja mengintegrasikan fiturnya untuk membuat pengguna merasa nyaman.

Selain itu, teks yang sudah dipindai akan dikenali secara otomatis dengan teknologi OCR. Dengan ini, kita bisa mencari kata dalam gambar lalu menyalin atau mengeditnya. Tak heran jika Office Lens menyabet penghargaan sebagai Best Apps of 2015 oleh Google Play di area Amerika Serikat dan Puerto Rico, ungkap laman Tech Pluto.

4. Notebloc PDF

Gak Usah Ribet, Ini 7 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Berkas Pentingmu apkmagic.com

Tak jauh berbeda dengan aplikasi lain, Notebloc PDF juga bisa digunakan untuk memindai berkas atau dokumen penting milikmu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memindai dokumen, catatan, bahkan sketsa dan gambar sekalipun. Hasil akhirnya bisa disimpan dalam format PDF atau JPEG.

Melakukan scanning dengan Notebloc cukup memuaskan. Kamu bisa memotong gambar (cropping) dengan presisi. Selain itu, bayangan yang muncul saat memotret dokumen akan hilang. Bukan hanya itu, gambar yang tadinya gelap dan miring pun akan menjadi terang dan lurus dengan aplikasi Notebloc PDF.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Data Plan Terbaik, Gak Boros Paket Internet deh

5. Clear Scan

Gak Usah Ribet, Ini 7 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Berkas Pentingmu apkmagic.com

Selanjutnya, ada aplikasi Clear Scan yang bisa kamu unduh. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada 15 Juni 2016 oleh Indy Mobile App. Hingga kini, Clear Scan telah mencatatkan hingga lebih dari 5 juta unduhan di Google Playstore. Clear Scan menjanjikan hasil scan terbaik tanpa watermark yang mengganggu, jelas laman APK Magic.

Selain itu, Clear Scan memiliki ukuran aplikasi yang kecil sehingga tidak terlalu menyita ruang penyimpanan. Aplikasi ini secara otomatis mendeteksi sudut file yang ingin dipindai dan memotongnya dengan rapi. Ada banyak fitur lainnya, seperti mengatur kecerahan, menghilangkan bayangan dan meluruskan gambar.

6. Scanbot

Gak Usah Ribet, Ini 7 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Berkas Pentingmu pspdfkit.com

Bagi para pengguna iOS, tak perlu risau! Kamu bisa mengunduh aplikasi Scanbot di AppStore. Scanbot menjanjikan kualitas pemindaian yang sangat baik, mampu mengenali teks, antarmuka yang elegan namun sederhana serta opsi berbagi yang beragam, ungkap laman Make Tech Easier.

Dengan Scanbot, kamu bisa memotong hasil scanning dengan akurat, bisa mengedit dokumen, memutar dan menamai file. Hasilnya dapat disimpan dalam format PDF, JPEG atau TXT. Ada pula fitur pengenalan teks otomatis dalam 60 bahasa. Tanpa basa-basi, langsung aja download aplikasi ini, ya!

7. Evernote Scannable

Gak Usah Ribet, Ini 7 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Berkas Pentingmu engadget.com

Terakhir, ada aplikasi Evernote Scannable yang bisa kamu coba. Aplikasi yang disediakan untuk iOS ini akan membantu memindai dokumen menjadi file digital dengan praktis. Hasil pemindaian berkualitas tinggi yang dapat disimpan dan dibagikan dengan mudah. Nantinya, file bisa disimpan dalam format JPG dan PDF, ungkap laman Make Tech Easier.

Yang membuatnya menarik, Evernote Scannable terhubung pada LinkedIn. Kartu nama dari rekan bisnis bisa disimpan menjadi kontak dan tersambung dengan LinkedIn. Hasilnya bisa kamu unggah ke iCloud, AirDrop atau akun Evernote pribadimu.

Nah, itulah 7 aplikasi scanner yang bisa kamu unduh untuk memindai dokumen. Menurutmu, mana aplikasi yang paling bagus?

Baca Juga: 7 Aplikasi Streaming Musik Alternatif Spotify Terbaik untuk Android

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You