Comscore Tracker

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21

Bikin foto dari HP setajam foto kamera DSLR  

Smartphone photography belakangan ini menjadi salah satu seni yang diminati berbagai kalangan. Berbekal kamera HP, kamu bisa mendapatkan hasil foto setara dengan kamera profesional. Fenomena ini membuat perusahaan HP gencar meluncurkan produk dengan inovasi kamera canggih, salah satunya vivo, yang belum lama ini merilis vivo V21 ke pasar HP tanah air.

Dari segi fotografi, HP seharga Rp4,4 juta ini memang gak kalah dari kamera profesional. Kecanggihan fitur yang dimilikinya memungkinkan pengguna menghasilkan foto yang jernih dan tajam seperti kamera DSLR. Dengan catatan, kamu harus tahu bagaimana memanfaatkan kecanggihan ini agar kinerjanya maksimal. Berikut ini sembilan trik yang dapat kamu praktikkan!  

1. Memilih kamera sesuai kebutuhan  

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21kamera belakang vivo V21 (vivo.com)

Smartphone vivo V21 dilengkapi empat kamera yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Pertama, kamera depan dengan resolusi 44 MP yang menghasilkan hasil swafoto dan swavideo berkualitas Ultra HD. Selanjutnya, tiga lensa kamera belakang dengan fitur yang gak kalah canggih, yaitu kamera utama 64 MP, kamera superlebar 8 MP, dan kamera supermakro 2 MP. 

Untuk menangkap momen sehari-hari di siang maupun malam, gunakan kamera utama beresolusi 64 MP. Eksposur foto ditampilkan sangat baik hingga warna yang dihasilkan tetap alami.

Sementara, jika kamu ingin memotret pemandangan atau lanskap lebar, kamu dapat menggunakan kamera Super Wide-Angle dengan sudut pandang 120 derajat. Terakhir, kamera supermakro yang dapat digunakan untuk memotret benda dari jarak yang sangat dekat hingga 4cm. Hasilnya akan tetap terlihat jelas tanpa blur. 

2. Menghasilkan efek bokeh tanpa depth camera

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21hasil foto menggunakan kamera vivo V21 (@kinghafizm via instagram.com/vivoclub.id)

Umumnya,efek bokeh atau blur di latar belakang foto didapat menggunakan depth camera. Smartphone vivo V21 memang tidak dilengkapi dengan lensa dalam, tetapi tenang saja karena ia tetap bisa menghasilkan efek bokehkok. 

Caranya dengan menggunakan kamera utama, klik ikon lens, lalu pilih bokeh. Kamu bisa mengatur aperture f/0.95 hingga f/16. Hasilnya, potretmu akan tampil dengan efek bokeh yang mengagumkan. Mudah banget, kan? 

3. Manfaatkan night mode agar foto tetap cerah  

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21mode malam di kamera vivo V21 (instagram.com/vivoclub.id)

Kamera utama vivo V21 juga dikenal 64 MP Night Camera. Ini dibuktikan dengan kemampuannya menangkap objek dengan maksimal di malam hari walaupun di kondisi gelap. 

Fitur AI Super Night Mode membuat keindahan malam dapat kamu simpan dalam bentuk foto dengan suguhan visual yang indah. Bahkan, fitur canggih ini juga bisa diaplikasikan di kamera Super Wide-Angle 8 MP. 

4. Tambahkan night filter agar foto kian dramatis  

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21night filters vivo V21 (vivo.com)

Ingin pemandangan malam yang lebih memukau? Foto-foto malam hari yang dipotret oleh kamera vivo V21 bisa kamu perindah lagi dengan Stytlish Night Filters yang tersedia. 

Ada empat filter yang bisa kamu pilih untuk mendefinisikan keindahan malam. Keempatnya adalah Stylish Night Filters Cyberpunk, Black Gold, Blue Ice dan Green Lime.

Baca Juga: Punya Kamera Ultra HD, 6 Alasan vivo V21 Cocok untuk Pekerja Kreatif

5. Gunakan Motion Autofocus untuk melacak dan mengunci gerak objek   

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21Motion Autofocus vivo V21 (vivo.com)

Rasanya pasti menyebalkan bila kamu gagal mengabadikan momen terbaik karena objek terus bergerak. Nah, vivo V21 menawarkan solusi dengan menghadirkan fitur Motion Autofocus di kameranya.

Cukup mengetuk dua kali pada layar, Motion Autofocus akan otomatis mengunci fokus pada objek fotomu.  Fokus kamera akan terus mengikuti gerak objek dalam foto atau videomu sehingga kamu akan mendapat hasil bidikan yang maksimal. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk memotret atau mengambil video anak saat bermain, berolahraga, atau berlomba.

6. Gunakan Eye Autofocus di kamera depan untuk melacak dan mengunci mata objek foto

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21Seorang perempuan berswafoto menggunakan kamera depan vivo V21. (instagram.com/vivoclub.id)

Kamera depan vivo V21 juga mempunyai kemampuan fokus yang sama dengan kamera belakangnya. Itu sebabnya, ia dikenal sebagai 44 MP Eye Autofocus Front Camera.

Ultra HD Selfies yang disandingkan dengan Eye Autofocus ini menangkap momen dengan sempurna. Cara kerjanya adalah dengan melacak dan mengunci gerakan matamu. Hasil swafotomu akan terlihat tajam dan jernih saat diambil dari jarak 15cm hingga tak terbatas.  

7. Manfaatkan Photo Editor untuk mengoreksi dan memperindah foto

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21hasil foto menggunakan kamera vivo V21 (@wahego via instagram.com/vivo_indonesia)

Setelah mendapatkan foto berkualitas HD yang diambil langsung dari kamera HP, kamu dapat mengoreksinya menggunakan fitur editor yang sudah tersedia. Ada berbagai tools yang tersedia, seperti crop, rotate, mengatur kecerahan, dan sebagainya.

Selain koreksi, kamu juga dapat memperindah tampilan visual foto dengan efek, mulai dari efek pencahayaan hingga mengubah foto menjadi hitam putih tersedia di sini.

8. Gunakan fitur Dual-View agar video kian menarik

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21Dual-View Video vivo V21 (vivo.com)

Bosan dengan pengambilan video yang monoton? Nah, satu lagi trik yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan kerja kamera vivo V21, yaitu fitur Dual-View Video.

Dual-View Video memungkinkan kamu merekam momen seru dari dua sisi dalam satu frame. Kamu dapat mengombinasikan kamera depan dan kamera belakang untuk menangkap semua momen seru. Terlebih lagi, untuk kamu yang gemar vlogging, ini bisa dimanfaatkan agar konten kamu semakin menarik.

9. Bergabung di vivo CLUB Indonesia untuk memperkaya pengetahuan smartphone photography

Hasil Foto Profesional, 9 Trik Memaksimalkan Kamera HP vivo V21gathering vivo CLUB Indonesia (vivoclub.id)

Satu lagi trik yang gak boleh kamu lewatkan adalah bergabung menjadi anggota vivo CLUB Indonesia. Komunitas vivo CLUB adalah komunitas pencinta Android yang dinaungi oleh vivo Indonesia. Community Manager vivo Indonesia, Bernadus Agung, di acara Indonesia Writers Festival 2021 mengatakan bahwa ada banyak pengetahuan mengenai teknologi, HP, dan smartphone photography yang bisa didapatkan di perkumpulan ini.

Ribuan anggota dengan senang hati berbagi pengetahuannya mengenai teknologi. Tentunya, ini bisa kamu manfaatkan sebagai sumber informasi untuk memaksimalkan kerja HP Android yang kamu gunakan.

Komunitas vivo CLUB juga rutin mengadakan acara-acara seru, seperti gathering yang dapat membantu kamu memperluas jaringan pertemanan di seluruh Indonesia. Belum lagi terdapat berbagai perlombaan berhadiah yang terbuka untuk seluruh anggotanya. Menambah ilmu, mendapat teman baru, dan berkesempatan memenangkan hadiah, vivo CLUB seru banget, kan?

Kecanggihan fitur kamera HP vivo V21 kamu rasanya akan sayang sekali jika gak kamu gunakan dengan maksimal. Untuk itu, terapkan delapan trik di atas dan bergabung di vivo CLUB Indonesia untuk mempelajari seluk-beluk smartphone photography, ya!

Baca Juga: 5 Fitur Terbaik vivo V21! Tampil Menawan dengan Kamera Selfie Canggih

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya