Comscore Tracker

Ingin Rakit PC Idaman? Awas, 7 Komponen Ini Tidak Boleh Bekas!

Biar nggak nyesel nantinya

Siapa yang punya mimpi memiliki PC gaming? Atau pernah terlintas untuk merakit PC sendiri sesuai kebutuhan? Dalam mewujudkan hal itu diperlukan ketelitian dalam merakit PC yang kalian inginkan dan tentunya tidak boleh asal-asalan.

Oleh karena itu, ada beberapa komponen PC yang tidak boleh bekas saat dirakit. Hal itu tentunya bakal berpengaruh terhadap performa PC kalian nantinya. Yuk, simak 7 komponen PC rakitan yang tidak boleh bekas.

1. Prosesor

Ingin Rakit PC Idaman? Awas, 7 Komponen Ini Tidak Boleh Bekas!engadget.com

Bahasa awamnya, prosesor adalah otak atau inti dari komputer. Untuk itu, komponen ini bakal menentukan bagaimana kinerja dan performa PC kalian nantinya.

Usahakan tidak membeli prosesor bekas karena jika kondisinya kurang bagus bisa memperlambat kinerja komputer. Hal yang paling parah adalah komputer tidak akan menyala atau terjadi black screen.

2. VGA

Ingin Rakit PC Idaman? Awas, 7 Komponen Ini Tidak Boleh Bekas!nvidia.com

VGA adalah kependekan dari Video Graphic Adapter. Komponen ini berfungsi mengolah data grafis agar bisa ditampilkan di layar monitor.

Biasanya, VGA berguna untuk memainkan game atau memproses desain grafis. Jika membeli komponen ini dalam keadaan bekas, bisa berakibat muncul artefak saat membuka beberapa program, bahkan buruknya lagi no display alias tidak bisa menampilkan gambar sama sekali.

3. Motherboard

Ingin Rakit PC Idaman? Awas, 7 Komponen Ini Tidak Boleh Bekas!lazada.co.id

Motherboard atau mainboard adalah tempat berupa papan yang di atasnya terdapat komponen-komponen dan chip controller yang berfungsi sebagai penghubung antarkomponen hardware. Semua hardware seperti prosesor, VGA, RAM, dan sebagainya akan dihubungkan melalui motherboard. Jika kondisi motherboard yang dibeli kurang baik, dapat menyebabkan kerusakan seperti not responding sampai tidak bisa menyalanya komputer.

Baca Juga: 10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Sistem Pendinginan Air di Komputer

4. RAM

Ingin Rakit PC Idaman? Awas, 7 Komponen Ini Tidak Boleh Bekas!amazon.com

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras yang bertugas untuk menyimpan memori dalam jangka waktu sementara. Jika komputer dimatikan, maka data akan hilang karena RAM tidak menyimpan data secara permanen.

Komponen ini sebenarnya boleh saja dibeli bekas, namun tentu performanya tidak sebaik kondisi baru. Efek dari RAM yang buruk adalah komputer menjadi lemot dalam menjalankan program, bahkan bisa terjadi blue screen.

5. Harddisk

Ingin Rakit PC Idaman? Awas, 7 Komponen Ini Tidak Boleh Bekas!partitionwizard.com

Perangkat ini memiliki fungsi untuk menyimpan data seperti file dan program secara permanen. Data tersebut tidak bakal hilang meskipun komputer dimatikan, kecuali harddisk terserang virus yang mematikan.

Jika sedang merakit PC, usahakan membeli harddisk dalam kondisi baru. Hal itu dikarenakan harddisk dengan kondisi buruk bisa menimbulkan masalah seperti rusaknya file, lambatnya komputer, hingga terjadinya blue screen.

6. Power Supply

Ingin Rakit PC Idaman? Awas, 7 Komponen Ini Tidak Boleh Bekas!aliexpress.com

Jika prosesor diibaratkan otaknya komputer, maka power supply adalah jantungnya komputer. Perangkat berbentuk kotak yang ada di chasing ini memiliki tugas mengalirkan suplai daya untuk menggerakkan komponen-komponen lainnya. Power supply yang bobrok dapat mengakibatkan stuck pada BIOS hingga komputer yang sama sekali tidak bisa menyala.

7. Monitor

Ingin Rakit PC Idaman? Awas, 7 Komponen Ini Tidak Boleh Bekas!harveynorman.com.au

Monitor juga berperan penting terhadap komputer. Tugasnya adalah menampilkan output gambar yang telah diolah oleh CPU. Sebenarnya tidak apa-apa jika monitor dibeli dalam keadaan bekas, namun kalian harus siap menerima risiko, seperti: layar yang buram, gambar rada bergoyang, bahkan parahnya layar tidak bisa menyala.

Itu adalah beberapa komponen yang sebaiknya dibeli dalam keadaan baru. Jangan sampai mengorbankan performa komputer ke depannya hanya karena ingin menghemat. Tabunglah dulu uang kalian dan tidak perlu buru-buru merakit jika keadaan tak terlalu mendesak.

Baca Juga: Selain Windows, Kamu Bisa Mencoba 10 Sistem Operasi Ini untuk Komputer

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You