Comscore Tracker

5 Fitur Utama yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Membeli Laptop Gaming

Biar laptopmu gak asal mahal aja

Dengan harga premium, desain yang keren dan komponen yang kuat, laptop gaming adalah jenis yang sama sekali berbeda dari laptop serba guna standar lainnya. Ada banyak gamer yang mencari laptop sempurna yang bisa mendukung dan memenuhi semua kebutuhan mereka akan grafik, dimensi, memori, dan portabilitas.

Laptop gaming memang unik dalam hal desain. Dengan keyboard yang memiliki backlit dan tikungan tebal, mereka pasti langsung menarik mata saat kamu melihatnya di toko. Keputusan laptop gaming mana yang akan dibeli akan tergantung pada jenis permainan yang mau kamu mainkan, gaya hidup permainanmu, dan tentunya anggaran yang bersedia kamu keluarkan.

Jadi, kalau kamu seorang gamer profesional atau kamu ingin menjadi salah satu dari mereka, maka perhatikan fitur-fitur ini yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop gamingmu. Dengan cara ini kamu bisa yakin bahwa kamu akan membuat keputusan pembelian terbaik.

1. Portabilitas

5 Fitur Utama yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Membeli Laptop Gamingdigitalcare.org

Ada berbagai tingkat portabilitas ketika berbicara tentang laptop gaming. Ada yang sedikit lebih berat dari laptop biasa hingga yang terlalu berat untuk dibawa di punggungmu. Laptop gaming pasti kurang portabel dan akan memiliki lebih banyak fungsi daripada laptop rata-rata. Kalau kamu berencana menggunakannya hanya di rumah atau memindahkannya di antara kamar di gedung yang sama, laptop yang memiliki lebar 17 "-18", seperti Alienware 17, akan menjadi pilihan yang bagus.

Di sisi lain, laptop dengan lebar 13 "-14" menawarkan portabilitas terbaik, karena beratnya kurang dari 2,5 kg. dan memiliki ketahanan baterai hingga 7,5 jam. Beberapa contoh bagus dikategori ini termasuk Alienware 13, Blade Razer, dan Aorus X3 Plus V3.

2. GPU (Kartu Grafis)

5 Fitur Utama yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Membeli Laptop Gamingpexels.com

Kartu grafis atau Graphics Card atau yang biasa disebut GPU adalah dasar dari semua laptop gaming karena proses dan mengirimkan data ke tampilanmu adalah dalam bentuk gambar. Proses ini bisa lebih ribet saat bermain game, dan karena itu, GPU dengan memori khusus, atau dikenal sebagai VRAM, sangat penting untuk laptop game.

Kamu harus mempertimbangkan untuk membeli laptop dengan setidaknya 4GB VRAM. Mayoritas biasanya laptop gaming diisi dengan GPU Nvidia. Namun, beberapa merek memungkinkan gamer yang menyukai AMD untuk mengkonfigurasi sistem sesuai keinginan mereka.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop Gaming Intel Core Generasi-8 dengan Harga Murah

3. Display

5 Fitur Utama yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Membeli Laptop Gamingduojs.com

Tidak ada gunanya memiliki grafik yang indah dan frame rate yang mulus kalau laptop gamingmu tidak memiliki layar yang dapat mengeluarkan warna-warna cerah dan pemandangan yang indah itu. Sebagai permulaan, resolusi laptop game harus setidaknya 1920 x 1080. Lebih rendah dari itu, maka pengalaman bermainmu akan sangat terganggu karena layar yang kurang mumpuni.

4. Hard Drives

5 Fitur Utama yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Membeli Laptop Gamingitmarketingbootcamp.com

Kalau berhubungan dengan bermain, kecepatan sangatlah penting, dan ini akan menjelaskan mengapa sebagian besar gamer lebih memilih SSD Hard Drive. SSD Hard Drive menawarkan waktu loading game yang lebih rendah dan lebih cepat, yang akhirnya mengarah pada pengalaman bermain yang lebih maksimal.

Pertimbangkan membeli laptop dengan setidaknya 1TB hard drive dengan kecepatan 7200 rpm. Kalau kamu bisa menemukan konfigurasi antara HDD dan SSD, lakukanlah, karena ini memungkinkan ruang untuk file permainanmu serta semua hal lain yang mungkin ingin kamu masukan ke dalam laptop.

5. Keyboards

5 Fitur Utama yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Membeli Laptop Gamingpexels.com

Sementara komponen di atas sangat penting, kamu juga tidak boleh lupa tentang keyboard, karena ini yang sebenarnya akan benar-benar kamu pakai dengan kedua tanganmu saat bermain. Kamu harus memastikan kalau keyboardmu selain terlihat bagus, juga terasa nyaman saat digunakan.

Keyboard laptop game yang baik harus memiliki lampu latar yang dapat disesuaikan dan harus memberikan respon yang cepat. Software Synapse 2.0 Razer memungkinkanmu untuk mendapatkan keyboard yang sempurna kalau dikombinasikan dengan perangkat keras Razer. The SteelSeries Engine dan software FX Alienware juga membantu membuat keyboardmu lebih mantap.

Terakhir, dibanding semua kriteria diatas, salah satu kriteria lain yang juga amat penting adalah anggaranmu. Banyak rekomendasi laptop dan komponen yang disebutkan di atas tapi sesuaikan lagi dengan bujetmu. Tetapi ingatlah bahwa kadang-kadang ada baiknya menghabiskan sedikit lebih banyak uang kalau kamu benar-benar ingin puas dengan produk berkualitas.

Baca Juga: Khusus Gamers, 5 Laptop Gaming Acer dengan Spesifikasi Maha Dahsyat

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You