Comscore Tracker

Segera Atasi, Ini 8 Tanda Bahwa Androidmu Sudah Terserang Virus

Awas, jangan sampai melakukan aktivitas online berisiko

Smartphone sudah menjadi kebutuhan orang sehari-hari dimana hampir setiap orang membawa satu benda ini kemana-mana ini. Sayangnya, dengan peningkatan penggunaan smartphone, terjadi juga peningkatan yang konsisten dalam jumlah serangan malware terhadap ponsel pintar itu tanpa diketahui penggunanya.

Serangan malware bisa sangat ganas meninggalkanmu dengan serangkaian masalah dimana data pribadi bahkan bisa dicuri. Waspadai 8 gejala ini yang muncul di smartphone Androidmu kalau sudah telanjur terserang virus.

1. Sering muncul pop-ups

Segera Atasi, Ini 8 Tanda Bahwa Androidmu Sudah Terserang Virusmalwaretips.com

Kalau kamu melihat banyak iklan yang bermunculan secara tiba-tiba di Androidmu apalagi padahal kamu sedang tidak menggunakannya, itu adalah tanda bahwa ponselmu telah terinfeksi malware atau adware. Iklan pop-up yang muncul entah dari mana lalu mengarahkanmu ke situs web yang meragukan berarti kamu tanpa sadar telah menginstal aplikasi dengan adware di perangkatmu.

Jangan sekali-sekali meng-klik iklannya ya. Cobalah untuk mengingat beberapa aplikasi terakhir yang baru kamu install dan lihat mana yang kira-kira membawa adware ke ponselmu. Segera uninstall kalau kamu sudah menemukannya.

2. Pemakaian data internet yang mendadak sangat tinggi

Segera Atasi, Ini 8 Tanda Bahwa Androidmu Sudah Terserang Virusandroidpit.com

Saat Androidmu terinfeksi oleh bug jahat, ia akan menggunakan sumber data internetmu untuk menampilkan iklan atau mengirim informasi keluar dari Androidmu diam-diam. Kalau kamu merasa kuotamu cepat habis, dan mendapati pemakaian yang begitu tinggi akhir-akhir ini tanpa mengetahui alasannya, bisa jadi Androidmu telah terinfeksi.

Cek di smartphone-mu untuk mengetahui aplikasi apa yang menggunakan kuota internet paling banyak. Merasa tidak normal? Jangan ragu untuk langsung menghapus aplikasi itu.

3. Pulsa berkurang padahal tidak dipakai

Segera Atasi, Ini 8 Tanda Bahwa Androidmu Sudah Terserang Viruspexels.com/Mohi Syed

Virus berbahaya di androidmu dapat menggunakan pulsamu untuk melakukan panggilan dan mengirim teks ke nomor premium. Kalau kamu melihat pulsamu berkurang dengan sangat cepat dan tidak bisa dijelaskan.

Coba cek bagian SMS untuk mencoba menemukan penyebabnya. Kamu juga bisa menghubungi operator teleponmu untuk mencari penyebabnya.

Baca Juga: Kenapa Virus Seolah Jauhi iPhone? Ternyata Ini yang Dilakukan Apple

4. Baterai cepat habis

Segera Atasi, Ini 8 Tanda Bahwa Androidmu Sudah Terserang Viruspexels.com/Pixabay

Salah satu tanda Androidmu terinfeksi virus adalah baterai yang terkuras dengan sangat cepat. Buka bagian Pengaturan dan buka bagian baterai di Androidmu untuk mengetahui aplikasi apa yang menggunakan paling banyak baterai. Kalau kamu merasa aplikasi ini tidak kamu gunakan tapi terus-terusan menyala dan menguras baterai, segera hapus aplikasi itu.

5. SMS dan telepon yang tidak bisa dijelaskan

Segera Atasi, Ini 8 Tanda Bahwa Androidmu Sudah Terserang Viruspexels.com/Pixabay

Salah satu gejala infeksi virus di Androidmu adalah adanya panggilan telepon dan sms yang aneh dan tidak bisa dijelaskan berasal dari ponselmu. Virus bereplikasi dengan menyebar dari satu perangkat ke perangkat lain melalui teks, email dan lain-lainnya.

Kalau ponselmu terinfeksi, ia bisa saja mengirim pesan aneh, biasanya berisi link yang dikirimkan ke semua kontakmu. Kalau temanmu menerima pesan spam dari nomormu, kemungkinan Androidmu sudah terinfeksi virus. Minta temanmu untuk tidak membuka pesan apapun atau mengklik tautan apapun.

6. Smartphone yang cepat panas dan menjadi lemot

Segera Atasi, Ini 8 Tanda Bahwa Androidmu Sudah Terserang Virussoftpedia.com

Saat smartphone-mu terinfeksi oleh malware seperti virus, worm, atau adware, mereka menggunakan smartphonemu untuk menyebarkan niat jahat mereka. Maka tidak heran kalau smartphone-mu akan mulai memanas padahal sedang tidak kamu gunakan. Cara terbaik untuk membersihkan ponselmu adalah menginstal program antivirus yang bagus untuk melakukan scanning secara keseluruhan sekaligus membersihkan.

7. Muncul aplikasi asing

Segera Atasi, Ini 8 Tanda Bahwa Androidmu Sudah Terserang Viruspexels.com/Alok Sharma

Ini adalah gejala virus Android yang sangat umum, tetapi sering diabaikan. Malware bisa masuk ke ponselmu dengan aplikasi yang kamu install. Saat virus ini sudah masuk ke Androidmu, mereka akan bisa dengan mudah memperbanyak diri. Salah satu tandanya adalah adanya aplikasi yang tidak kamu kenali dan tidak pernah kamu install sebelumnya.

Nah, kalau kamu merasa Androidmu mulai bertingkah aneh, jangan sepelekan gejalanya ya. Bisa jadi hal itu karena Androidmu terinfeksi virus dan tentu jauh lebih mudah membersihkannya saat ia masih sedikit dibanding setelah virus-virus itu memperbanyak diri.

Baca Juga: Sebenarnya Perlu Gak Menginstal Antivirus di Android? Ini Jawabannya!

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You