Comscore Tracker

5 Perbandingan Honor 9 Lite dengan Honor 7X yang Akan Dirilis!

#Gadget101 Buat yang bingung milih!

Honor merupakan nama baru di dunia perponselan tanah air, sebelumnya kita mengetahui Honor dari Huawei. Namun semenjak kemunculan Honor 9 Lite di Indonesia beberapa waktu lalu, Honor resmi berpisah dengan Huawei.

Honor nampaknya memberikan pilihan ponsel kelas mid-range bagi masyarakat Indonesia, setelah cukup sukses mendapatkan fans dengan peluncuran Honor 9 Lite, kini pihak Honor sedang bersiap meluncurkan varian ponsel terbarunya ke pasar Indonesia yaitu Honor 7X.

Buat kamu yang pengen ganti ponsel baru dan berniat mencoba merek Honor, kamu bisa membaca artikel perbandingan ini agar bisa menentukan seri mana yang cocok kamu miliki!

1. Desain

5 Perbandingan Honor 9 Lite dengan Honor 7X yang Akan Dirilis!androidcentral.com & expertreviews.co.uk

Honor 9 Lite terkenal dengan desain cantiknya dengan balutan kaca mengkilap yang memberikan kesan premium. Sedangkan Honor 7X menggunakan bodi aluminum yang memberikan kesan lebih kokoh.

Dari segi desain, kamu bisa memilih lebih suka desain yang terlihat premium namun mudah mengundang bekas sidik jari pada bodi dan harus ekstra hati-hati dengan bodi kaca yang rentan pecah. Atau kamu lebih suka bodi aluminum yang tidak semewah kaca namun lebih kokoh dan nyaman di genggam.

Sedangkan dari sisi layar, kamu juga bisa tentukan lebih suka ponsel dengan layar lebar seperti Honor 7X yang memiliki ukuran 5.93 inci atau layar yang lebih kecil 5.65 inci pada Honor 9 Lite. Kedua ponsel ini sudah mendukung rasio layar kekinian 18:9 dan resolusi layar 1080 x 2160 piksel namun yang menjadi pembeda adalah kaca yang digunakan untuk melindungi layar.

Honor 7X menggunakan Corning Gorilla Glass yang serinya tidak disebutkan oleh Honor sedangkan Honor 9 Lite tidak menggunakan perlindungan kaca Gorilla Glass. Namun pihak Honor menyatakan bahwa layar Honor 9 Lite menggunakan bahan aluminum silicate yang juga kuat dan tahan goresan.

Kedua ponsel ini juga sudah menggunakan desain kaca lengkung 2.5D yang menjadikan tampilan lebih cantik dan membuat jari-jemari lebih nyaman saat mengusap layar.

2. Kamera

5 Perbandingan Honor 9 Lite dengan Honor 7X yang Akan Dirilis!techadvisor.co.uk & techstunt.com

Perbedaan yang cukup terllihat dari kedua ponsel yang warna unggulannya adalah biru ini berada di sektor kamera. Honor 7X total memiliki tiga kamera sedangkan Honor 9 Lite memiliki empat kamera.

Honor 7X memiliki dual kamera belakang yang lebih tinggi resolusinya yaitu 16MP yang ditemani kamera kedua beresolusi 2MP guna memaksimalkan fitur wide aperture (bokeh). Sedangkan jika membeli Honor 9 Lite kamu harus puas dengan resolusi dual kamera belakang 13MP yang ditemani 2MP untuk fitur wide aperture.

Namun Honor 9 Lite menang disektor kamera depan karena Honor 9 Lite dibekali dengan dual kamera dengan resolusi sama dengan yang belakang yaitu 13MP + 2MP. Sedangkan Honor 7X hanya dibekali satu kamera dengan resolusi 8MP saja.

Kedua kamera depan ponsel ini tetap bisa menggunakan fitur wide aperture untuk mengambil gambar bokeh. Namun hasil foto bokehnya akan lebih rapi Honor 9 Lite karena bantuan kamera keduanya yang membantu dalam menyeleksi objek gambar.

3. Memilki prosesor yang sama

5 Perbandingan Honor 9 Lite dengan Honor 7X yang Akan Dirilis!thetrendyblog.net & 01net.com

Kedua ponsel ini memiliki prosesor yang sama yaitu Hisilicon Kirin 659 yang performanya lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan prosesor Snapdragon 625 milik Qualcomm. Selain itu, kedua ponsel ini juga menggunakan GPU Mali-T830 untuk urusan grafisnya.

Sedangkan urusan RAM dan memori internal, Honor 9 Lite yang dijual resmi di Indonesia memiliki RAM 3GB dengan memori internal 32GB. Sedangkan untuk Honor 7X sampai saat ini belum ketahuan versi RAM dan internal memori berapa yang akan dilepas di pasar Indonesia.

Namun jika melihat info dari website resmi hihonor.com, Honor 7X yang dipromosikan adalah versi RAM 4GB dengan memori internal 64GB. Honor 9 Lite sudah menggunakan EMUI 8.0 dengan Andorid Oreo 8.0 saat baru dibeli, sedangkan Honor 7X diketahui sampai saat ini masih mengusung user interface EMUI 5.1 dengan Android Nougat 7.0.

Namun tidak menutup kemungkinan pihak Honor akan memberikan update EMUI dan Android versi terbaru agar Honor 7X bisa bersaing dengan ponsel merek lainnya yang keluar tahun 2018.

4. Baterai

5 Perbandingan Honor 9 Lite dengan Honor 7X yang Akan Dirilis!talkandroid.com & androidauthority.com

Kedua ponsel ini lebih ditujukan buat pengguna yang ingin menggunakan ponsel sebagai teman untuk mengusung produktivitas sehari-hari. Sehingga, baterai yang ditanamkan tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil untuk kelas ponsel mid-range.

Honor 9 Lite dibekali dengan baterai berjenis Li-Po kapasitas 3000 mAh sedangkan Honor 7X dibekali dengan baterai Li-Ion kapasitas 3340 mAh.

5. Harga dan penjualan

5 Perbandingan Honor 9 Lite dengan Honor 7X yang Akan Dirilis!gadgetpilipinas.net

Honor 9 Lite sudah lebih dulu dijual secara online melalui Shopee dengan harga flash sale Rp 2.299.000 dan harga normal Rp 2.499.000. Honor 9 Lite juga dikabarkan akan segera hadir di toko-toko offline resmi namun sampai saat ini masih belum ada tanggal pasti kapan pendistribusian Honor 9 Lite ke toko-toko resmi Honor.

Sedangkan untuk Honor 7X saat ini masih belum ada info tanggal berapa akan dijual di pasaran dan akan dijual online melalui Shopee seperti Honor 9 Lite atau tidak. Namun akun instagram dan twitter resmi @honor_indonesia sudah mulai memposting konten tentang Honor 7X, para fans Honor juga makin dibuat tidak sabar dengan kehdiran ponsel ini. Harga Honor 7X diperkirakan sekitar 3 jutaan.

Untuk urusan layanan purna jual seperti service centre, Honor per bulan Mei ini sudah menjalin kerjasama dengan Unicom Care sebagai service centre resmi satu-satunya Honor. Unicom Care sendiri sudah terkenal sebagai service centre berbagai merek ponsel seperti Nokia, Asus, Xiaomi, Motorola dll sehingga terjamin kualitasnya.

6. Jadi pilih Honor 9 Lite atau Honor 7X?

5 Perbandingan Honor 9 Lite dengan Honor 7X yang Akan Dirilis!techradar.com

Kesimpulannya adalah jika kamu mencari ponsel yang mengedepankan tentang tampilan ponsel yang kece ditambah kamu orangnya lebih suka memakai ponsel untuk kebutuhan ringan dan lebih suka berfoto selfie maka Honor 9 Lite adalah pilihannya. Karena bodi kaca premium dengan ukuran lebih kecil dan kemampuan kamera depan yang lebih baik menjadi andalan ponsel ini.

Sedangkan jika kamu punya budget hingga 3 jutaan, lebih memilih spesifikasi yang baik, bodi kokoh dan lebih sering mengambil foto dengan kamera belakang maka Honor 7X adalah pilihan yang tepat. Selain bodi metal, RAM dan memori internal lebih tinggi, kamera belakang Honor 7X juga lebih bagus dengan resolusi yang tinggi.

Jadi kamu lebih suka yang mana nih? Honor 9 Lite atau Honor 7X? Tulis di kolom komentar ya!

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You